News
Batal
KATEGORI
link has been copied
42
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/605c1089946e5406ab36aa37/ahli-hukum-pidana-nilai-perkara-hrs-tak-boleh-diproses-lagi
Guru besar hukum pidana dari Universitas Islam Indonesia (UII) Mudzakir mengatakan, dakwaan atas pelanggaran kerumunan Habib Rizieq Shihab (HRS) di Petamburan dan Megamendung tidak bisa diproses kembali. Hal itu, menurut dia, karena melanggar ketentuan dari Pasal 76 KUHP. "Itu namanya ne bis in idem (pembelaan hukum yang melarang seseorang diadili dua kali). HRS tidak bisa diproses dua kali,&
Lapor Hansip
25-03-2021 11:24

Ahli Hukum Pidana Nilai Perkara HRS tak Boleh Diproses Lagi

Ahli Hukum Pidana Nilai Perkara HRS tak Boleh Diproses Lagi

Guru besar hukum pidana dari Universitas Islam Indonesia (UII) Mudzakir mengatakan, dakwaan atas pelanggaran kerumunan Habib Rizieq Shihab (HRS) di Petamburan dan Megamendung tidak bisa diproses kembali. Hal itu, menurut dia, karena melanggar ketentuan dari Pasal 76 KUHP.

"Itu namanya ne bis in idem (pembelaan hukum yang melarang seseorang diadili dua kali). HRS tidak bisa diproses dua kali," ujar dia kepada Republika.co.id, Rabu (24/3).

Mudzakir melanjutkan, karena tidak bisa diproses dua kali, pengadilan kemudian menggunakan Pasal 160 KUHP. Padahal, langkah tersebut dinilainya juga tidak bisa dilakukan. "Karena, perbuatan pokok itu sudah diselesaikan dengan peradilan denda," tuturnya.

Serupa dengan pelanggaran itu, kata Mudzakir, Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) seharusnya juga tidak bisa melakukan sidang terhadap Habib Rizieq Shihab. Menurut dia, hal itu melanggar kompetensi relatif pengadilan yang hanya memiliki wewenang mengadili suatu perkara sesuai wilayah hukumnya.

"Iya nggak bisa, itu locus delicti. Kalau perkara yang di Petamburan seharusnya sidang di PN Jakpus, kalau yang di Megamendung harusnya PN Bogor," ujar dia.

Dia melanjutkan, persidangan HRS di PN Jaktim menilik pada locus delicti, maka tidak sah karena tidak memiliki wewenang berdasarkan kompetensi relatif pengadilan itu.

"Dari dua hal itu sudah tidak bisa. Jadi, kalau sudah diselesaikan (denda), tidak boleh diadili untuk kedua kalinya," ungkap dia.

Sebelumnya, saat sidang eksepsi kemarin, Munarman juga menganggap bahwa PN Jaktim tidak berwenang dalam kasus di Megamendung. Karena, pelanggaran itu tidak terjadi di sekitar Jakarta Timur.

Keberatan lain yang disampaikannya dalam draf eksepsi adalah menyoal Pasal 160 KUHP. Pasal itu, kata Munarman, tidak bisa diterapkan pada pelanggaran protokol kesehatan. Terlebih, ketika perkara protokol kesehatan yang melibatkan HRS disebutnya juga telah membayar denda.

"Tidak pernah ada orang di Indonesia yang melanggar prokes lalu membayar denda sebesar Rp 50 juta. Jadi, kalau ini tetap diproses, ini ne bis in idem namanya," ujar Munarman menjelaskan.

Lebih jauh Munarman menyebut, Pasal 160 KUHP adalah pasal yang seharusnya diterapkan pada peristiwa kejahatan. Hal itu berbeda dengan pelanggar protokol kesehatan yang bernada pelanggaran. "Pelanggaran bukan kejahatan. Jadi, kita tolak," katanya menutup.

Sumber: https://m.republika.co.id/berita/qqg...-diproses-lagi
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan petani.syusyu memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Ahli Hukum Pidana Nilai Perkara HRS tak Boleh Diproses Lagi
25-03-2021 11:26
Sesama orang baik harus saling melindungi....

emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Somad.Monyong dan 11 lainnya memberi reputasi
11 1
10
Ahli Hukum Pidana Nilai Perkara HRS tak Boleh Diproses Lagi
25-03-2021 11:30
jadi gimana nih?
langsung gas ke kasus chat mesum aja?
emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gobanggobing dan 10 lainnya memberi reputasi
10 1
9
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ahli Hukum Pidana Nilai Perkara HRS tak Boleh Diproses Lagi
25-03-2021 11:31
Kok berasa balik lagi ke praperadilan.......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Ahli Hukum Pidana Nilai Perkara HRS tak Boleh Diproses Lagi
25-03-2021 11:31
Oke, jangan di proses yang ini, ganti ke yang lain, masih antri kok, santuy gaess...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gobanggobing dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ahli Hukum Pidana Nilai Perkara HRS tak Boleh Diproses Lagi
25-03-2021 11:44
Jadi kalo bunuh orang 2x di tempat berbeda cuman di hukum 1x ???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gobanggobing dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Ahli Hukum Pidana Nilai Perkara HRS tak Boleh Diproses Lagi
25-03-2021 11:45
bayar dendanya gimana dulu? itu transfer ke rekening resmi si pemdanya? bukti udah full bayar denda sesuai ketentuannya itu di mana dulu? ini mau nyamain tilang kendaraan bermotor sama pelanggaran prokes? yang bayar tilang itu emangnya ada ya ribut2 di depan umum pas bayar denda? emoticon-Cape d... emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
gobanggobing dan extreme78 memberi reputasi
1 1
0
Ahli Hukum Pidana Nilai Perkara HRS tak Boleh Diproses Lagi
25-03-2021 11:51
Silahkan berargumen di pengadilan. Simple
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan junaedi1982new memberi reputasi
2 0
2
Ahli Hukum Pidana Nilai Perkara HRS tak Boleh Diproses Lagi
25-03-2021 11:55
Apakah tidak merupakan kejahatan. Menimbulkan kerumuman dan ada Yg meninggal karena sakit sehabis hadir/yg hadir mengunjungi kerabat dan menularkan wabah
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Ahli Hukum Pidana Nilai Perkara HRS tak Boleh Diproses Lagi
25-03-2021 11:55
pasal 160 itu termasuk "hasutan utk tidak menuruti undang-undang"
dalam hal ini undang2 prokes, lah prokes nya sendiri juga ada pasal pidananya no 93

ini mah double2 ini emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
gobanggobing dan extreme78 memberi reputasi
1 1
0
Ahli Hukum Pidana Nilai Perkara HRS tak Boleh Diproses Lagi
25-03-2021 11:57
bikin rusuh atau keonaran juga bisa, jaksa bukan sekumpulan orang bodoh emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
bedilsakti dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Ahli Hukum Pidana Nilai Perkara HRS tak Boleh Diproses Lagi
25-03-2021 11:58
10 tahun ancaman hukuman

Jadi Tersangka, Habib Rizieq dan Menantu Terancam 10 Tahun Penjara

https://news.detik.com/berita/d-5329155/jadi-tersangka-habib-rizieq-dan-menantu-terancam-10-tahun-penjara
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Ahli Hukum Pidana Nilai Perkara HRS tak Boleh Diproses Lagi
25-03-2021 11:59
satu aja blm selesai sidang kok dua kali.. kapan pertamanya
profile-picture
profile-picture
I.Just.Run dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Ahli Hukum Pidana Nilai Perkara HRS tak Boleh Diproses Lagi
25-03-2021 12:03
Pengadilan masih berlangsung, hakim belum membacakan keputusan.
Silahkan hubungi tim pengacara rijik,
Minta anda dihadirkan sebagai saksi.

Tunjukkan kapasitas anda sebagai ahli hukum pidana di depan majelis.

Ya, segampang itu pak.

Kalo koar-koar di luar,
Masih kalah kenceng sama emak-emak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gobanggobing dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ahli Hukum Pidana Nilai Perkara HRS tak Boleh Diproses Lagi
25-03-2021 12:03
UU lebih tinggi dari pergub emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Somad.Monyong dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ahli Hukum Pidana Nilai Perkara HRS tak Boleh Diproses Lagi
25-03-2021 12:10
Peradilan sesat gua orang awam aja ngerti liatnya berbau politik
profile-picture
profile-picture
aaafff dan gobanggobing memberi reputasi
2 0
2
Ahli Hukum Pidana Nilai Perkara HRS tak Boleh Diproses Lagi
25-03-2021 12:31
Tajam ke bawah tumpul ke atas
profile-picture
profile-picture
aaafff dan gobanggobing memberi reputasi
2 0
2
Ahli Hukum Pidana Nilai Perkara HRS tak Boleh Diproses Lagi
25-03-2021 12:43
Pelanggaran bukan kejahatan katanya emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
gobanggobing memberi reputasi
0 1
-1
Ahli Hukum Pidana Nilai Perkara HRS tak Boleh Diproses Lagi
25-03-2021 12:58
kajian menarik.

yg pertama adalah pelanggaran UU Pergub mengenai prokes. sudah di denda. selesai.
yg kedua adalah pasal penghasutan yg menyuruh massa untuk ikut melanggar UU pergub mengenai prokes. dan ini dianggap masuk delik pidana. sidang.

tapi bila berbeda pendapat, silahkan mengajukan keberatan di pengadilan. kan bisa jadi saksi ahli terdakwa. mumpung sidang nya masih berlangsung.

tinggal kita lihat. apakah ALLAH men-takdir-kan HRS masuk penjara atau tidak.
profile-picture
profile-picture
LI0NmahoHeart dan aaafff memberi reputasi
2 0
2
Ahli Hukum Pidana Nilai Perkara HRS tak Boleh Diproses Lagi
25-03-2021 13:41
Ahli Hukum Pidana Nilai Perkara HRS tak Boleh Diproses Lagi


Ahli Hukum Pidana Nilai Perkara HRS tak Boleh Diproses Lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Donwori.69 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Ahli Hukum Pidana Nilai Perkara HRS tak Boleh Diproses Lagi
25-03-2021 14:22
Lebih jauh Munarman menyebut, Pasal 160 KUHP adalah pasal yang seharusnya diterapkan pada peristiwa kejahatan. Hal itu berbeda dengan pelanggar protokol kesehatan yang bernada pelanggaran. "Pelanggaran bukan kejahatan. Jadi, kita tolak," katanya menutup.


Yang nolak kan enta, hakim belum memutuskan setuju dgn pembelaanmu itu.

Pasal 160 KUHP jg bkn hanya menghasut melakukan perbuatan pidana, ttp jg menghasut untuk melawan atau tdk menuruti perintah sah pejabat ... jd jgn menghasut dgn mengutip rumusan delikmscr sepotong2
profile-picture
LI0NmahoHeart memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia