• Beranda
  • ...
  • Music
  • Tak Banyak Yang Tahu!! Tielman Brothers, Band Indo-Bule Yang Menghentak Eropa

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Tak Banyak Yang Tahu!! Tielman Brothers, Band Indo-Bule Yang Menghentak Eropa




Anak-anak sekarang kalau ditanya kamu tahu The Beatles mungkin akan garuk-garuk kepala tidak paham itu nama apa, makanan, minuman atau mie instant atau produk baju dari Amerika?

Jangankan The Beatles, Pancasila aja banyak yang gak hafal apalagi nama band yang namanya sudah mendunia di zamannya namun hilang di masa kini. Apalagi dengan nama Tielman Brothers, sebelum lahirnya Koes Ploes Bersaudara.

Band yang lahir di Indonesia itu memang tidak terkenal di Indonesia, namun di negara Belanda disebabkan kemarahan Sukarno yang marah karena Papua tidak diberikan oleh Belanda di tahun 1956.





Maka banyak orang-orang campuran bule yang di deportasi begitu juga keluarga Tielman yang hijrah tahun 1957 ke Belanda dan tinggal di Breeda.

Tak sia-sia mereka mengarungi lautan berhari-hari, di Belanda mereka membuat grup musik  yang awalnya bernama "The Timor Rhythm Brothers" kemudian berganti nama menjadi "Tielman Brothers".

Band ini selalu tampil atraktif dan liar, bahkan terkenal di eropa dengan lagu-lagu rock n roll dari Elvis Presley. Nama mereka memang tak terdengar di Indonesia tapi lagu "Rock Little Baby of Mine" mendapatkan pengakuan dari pemerintah Kerajaan Belanda, bahwa lagu rock & roll itu adalah yang pertama ada di Negeri Belanda.



Hindia Belanda memang sebelum menjadi Indonesia memang banyak bakat-bakat terpendam dan diakui dunia. Sayang, ketika berubah menjadi Indonesia bakat itu hilang dan sirna tanpa jejak.

Bayangkan dengan memakai nama Hindia Belanda, sepakbola pernah masuk ke kancah dunia. Tapi tentu saja, zaman itu kalau Indonesia tidak merdeka mungkin nasib pribumi seperti suku Aborigin dan Indian bisa saja terjadi.



Kembali lagi pada Tielman Brothers yang digawangi oleh,

Andy Tielman  (lead guitar, vokal)

Reggy Tielman (2nd lead guitar, bass 6 senar, vokal)

Hans Bax (rhythm gitar, vokal)

Rob Latuperisa (gitar bass, 6 senar bass)

Loulou Tielman  (drum, vokal)

Jane Tielman  (vokal)

Mereka semua tidak ada darah Belanda walau terkenal di Belanda, namun berasal dari darah Jerman dan Indonesia. Namun sudah menjadi warga Hindia-Belanda secara sah, dimana Herman Dirk Tielman ayah dari band Tielman Brother merupakan tentara KNIL (Tentara Hindia-Belanda) beliau asal Menado yang lahir pada tahun 1904. Sedangkan sang Ibunda Flora Lorine Hess yang melahirkan Tielman bersaudara merupakan wanita keturunan Jerman yang lahir di Madiun tahun 1901 dan sudah menjadi warga Hindia-Belanda.



Sebelum hijrah ke Belanda tepatnya di Desember tahun 1949. Mereka sempat tampil di hadapan Presiden Sukarno dengan nama The Timor Rhythm Brothers.

Lagu-lagu yang kerap dibawakan pada saat tour musik mereka adalah karya-karyanya Les Paul, Little Richard, Fats Domino, Elvis Presley, Chuck Berry, Bill Haley, dan Gene Vincent.

Bahkan Paul McCartney vocalis dan bassis Beatles, beliau sempat mengagumi aksi panggung Tielman Brother. Namun kini personil itu sudah tiada walau sudah memberikan karya yang indah untuk bumi pertiwi, karena mereka tetap menjadi bagian dari Indonesia.



Karena ibu Tielman sendiri wafat  di Purworejo, Jawa Tengah, pada tahun 1991. Kemudian Pemain bas Ponthon Tielman sendiri meninggal di Jember, Jawa Timur, pada  29 April 2000.

Lihatlah aksi panggung Tielman Brother di tahun 1960, begitu liar, enerjik, skill diatas rata-rata dan amazing.




Maka tak heran musik di Indonesia sangat beragam, bahkan seorang alip ba ta bisa menyihir netizen dunia.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, semoga bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star





Diubah oleh c4punk1950... 24-03-2021 05:08
richardus96
indramamoth
minhakim20
minhakim20 dan 38 lainnya memberi reputasi
39
5.2K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Music
Music
icon
19.7KThread8.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.