lonelylontongAvatar border
TS
lonelylontong
Apa Itu "Cloud Computing", Apa Bedanya Dengan Web Hosting dan Internet?
[#Seri_Belajar_AWS_1] 


Prakata (monggo di-skip)

TS lagi dapat tugas untuk mempelajari AWS. Namanya belajar, selain membaca bisa lebih "nancep" ke otak kalau ditulis ulang.

Namanya juga sedang belajar, jadi kalau TS ada salah memahami bacaan yang link-nya TS sertakan di bagian bawah tulisan ini, monggo mohon dikoreksi, dikritik dan diberi masukan.

AWS adalah singkatan sebuah jasa milik Amazon, yaitu, Amazon Web Services.

AWS adalah salah satu penyedia jasa cloud terbesar saat ini, bersaing dengan beberapa perusahaan besar lainnya.

Teknologi semakin maju, jika kita tidak mau belajar untuk memahami dan memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut, maka ada resiko kita akan tertinggal dan kemudian menjadi konsumen yang hanya "diperah" oleh mereka yang paham teknologi.

Namun, sebaliknya, jika kita mampu mengikuti kemajuan teknologi, maka kesempatan-kesempatan untuk berkarya pun jadi terbuka luas.

Sekian dekade yang lalu, internet booming dan meluas ke seluruh dunia, mengawali lahirnya berbagai karier baru seperti blogger, vlogger, content creator, dst.

Beberapa tahun belakangan ini, dari perkembangan internet itu, muncul istilah baru yaitu "cloud computing".

(TS sebenarnya sudah sangat terlambat belajar, tentang "cloud" .)

[url=https://www.supraits.com/infrastructure/managed-cloud/hybrid-cloud-3/cloudS E N S O Rputing/]Gbr diambil dr : www.supraITs.com[/url]

Apa itu Cloud Computing?

Salah satu kebingungan TS ketika berusaha memahami istilah cloud computingini, adalah,

Quote:

Jadi kalau internet, itu networking-nya, bagaimana bisa tersedia jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain. Kemudian ada komputer-komputer super yang menyediakan jasa tertentu bagi komputer lain, kita beri nama dia server.

Salah satu jasa yang disediakan oleh server-server itu adalah web hosting, di mana orang bisa membayar si penyedia jasa untuk menyimpan data-data website mereka di sana.

Cloud computingdari sudut pandang ini,  bisa dilihat sebagai pengembangan atau perluasan dari jasa web hosting.

Tidak melulu web service saja, tapi aplikasi-aplikasi pun bisa di-install dan dijalankan di komputer milik penyedia jasa. Sehingga penggunaan cloud computing , bukan hanya terbatas pada web service saja, kita bisa mengembangkan dan menjalankan sebuah sistem IT, mengembangkan aplikasi, dst.

Dalam cloud computing, maka seakan-akan, gawai yang kita miliki hanya berfungsi sebagai User Interface, sementara penyimpanan data, pengolahan dan keamanan-nya, semua diserahkan ke server. Penyediaan perangkat komputer di sisi kita sebagai pengguna layanan ini pun bisa ditekan ke spesifikasi seminim mungkin, yang diutamakan adalah kecepatan komunikasinya dengan server.

Salah satu contoh yang TS temukan adalah shadow.tech (gbr laman shadow.tech di bawah ini), sebuah penyedia jasa cloud computing untuk gamer.

Gbr hasil screenshot : shadow.tech

Sehingga salah satu keuntungan bagi pengguna jasa cloud computingada pada penghematan pengadaan hardware.

Selain hemat, juga mudah untuk upgrade atau downgrade spesifikasi hardware, karena upgrade dan downgrade cukup dengan melakukan setting pada sebanyak apa recource yang akan kita sewa dari penyedia jasa cloud computing.

Misal sebuah contoh yang sangat disederhanakan,
Quote:

Jadi dalam cloud computing, seakan-akan agan-agan menyewa sebuah komputer yang bisa agan akses lewat internet.

Teorinya agan bisa melakukan apa saja dengan komputer yang sudah agan sewa itu (install aplikasi, mengembangkan program, menyimpan data, dst).

Dalam kenyataannya, ada beberapa macam jasa cloud computing yang tersedia saat ini.

Macam-macam Jasa Cloud Computing (IaaS, PaaS, serverless, and SaaS)

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, dalam prakteknya, apa yang disediakan penyedia jasa cloud computing tentu ada batasan-batasannya, yang terkait dengan kebutuhan konsumen itu sendiri.

Setidaknya ada 4 macam jenis cloud computing,
- IaaS, Infratructure as a service.
- PaaS, Platform as a a service.
- Serverless.
- SaaS, Software as a service.

Ke-empat jenis layanan ini, akan lebih mudah dipahami jika kita melihat bahwa sebuah sistem yang kompleks itu terdiri dari beberapa lapis level kebutuhan/aktivitas/kegiatan/fungsi.

Quote:

Demikian juga pemahaman tentang jasa-jasa yang disediakan oleh cloud computing.


IaaS, Infratructure as a service
Menyediakan infrastrukturnya, mulai dari hardware (Processor, RAM, Perangkat Penyimpanan Data, dsb), VM (Virtual Machine), dan Networking.

PaaS, Platform as a servicedan Serverless
Adalah IaaS + layanan server database, operating system, aplikasi pengembangan program, dsb. Bedanya PaaS dan Serverless adalah, kalau di PaaS, di pengguna jasa masih harus melakukan pemeliharaan dan setting database, operating system, dst.

Kalau di Serverless, pengguna tinggal pakai saja, sementara masalah bagaimana supaya database engine dan operating system bekerja optimal, itu adalah bagian dari tanggung jawab penyedia jasa.

SaaS, Software as a service
Di sini, user benar-benar tinggal memakai sebuah aplikasi yang sudah jadi dan mungkin jenis ini yang paling sering kita temui dalam kegiatan kita sehari-hari sebagai pengguna teknologi.

Misalnya aplikasi Office (Words, Excell, dll), tidak perlu lagi kita install di komputer kita untuk menggunakan. Aplikasinya terinstall di sebuah server dan kita cukup "memanggil" aplikasi tersebut dari komputer kita untuk menggunakannya.

------------------

Demikian kira-kira apa yang TS pahami tentang cloud computing.

Jika ada salah dan kurang, mohon dikoreksi dan diinfokan di kolom komentar.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat.

Jika masih tertarik, bisa lanjut ke trit berikutnya
[#Seri_Belajar_AWS_2] : 5 Prinsip Utama Dalam Cloud Computing


Sumber referensi:

[url]https://azure.microsoft.com/en-us/overview/what-is-cloudS E N S O Rputing/#cloud-deployment-type[/url]
Diubah oleh lonelylontong 18-03-2021 23:33
Endzoom
romitan5268
nandaarif
nandaarif dan 44 lainnya memberi reputasi
45
6.9K
123
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.