• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pasca Ormas PP vs Kopassus Di Bandung, Perlukah Sebenarnya Ormas Di Indonesia?

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Pasca Ormas PP vs Kopassus Di Bandung, Perlukah Sebenarnya Ormas Di Indonesia?




Beberapa hari ini media heboh memberitakan tentang ormas Pemuda Pancasila yang markasnya diluluh lantakan sama rata dengan tanah di Bandung Barat, tak hanya markas PAC PP yang rata bahkan kendaraan berlambang PP pun hancur berantakan. Bagaimana tidak ketika TNI apalagi Kopassus sudah murka, preman di lapas cebongan pun bisa hilang nyawa.

Tentu saja, pertarungan loreng orange melawan loreng baret merah ini bukan tanpa sebab, adanya pemukulan salah satu perwira menengah Komando Pasukan Khusus (Kopassus) oleh oknum Pemuda Pancasila berbuntut panjang.

Berawal dari cek-cok penarikan kendaraan bermotor yang melukai anggota Kopassus berakhir dengan video provokasi dari oknum PP, "mereka jual kita borong". Endingnya pun kita sama-sama tahu, Denis Wara Ketua MPC Pemuda Pancasila Bandung Barat pun meminta maaf kepada Kopassus.





Oke, kita akhiri kronologi singkat kasus diatas yang jadi persoalan banyaknya ormas di Indonesia itu tugasnya apa?

Pada dasarnya ormas dibentuk oleh masyarakat dan itu harus berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuannya yang terpenting untuk berpartisipasi dalam pembangunan masyarakat baik moral,mental, dan juga menjadi masyarakat yang mandiri demi tercapainya tujuan Negara sebagai Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila.

Tentunya ormas dilarang berkegiatan yang menganggu kestabilan keamanan dan kenyamanan bernegara, apalagi mengganggu ketenteraman dan ketertiban umum, atau merusak fasilitas umum dan fasilitas sosial.

Maka tak salah bila banyak ormas yang di bredel di zaman sekarang karena mulai terlihat banyak tingkah, bukan untuk membangun bangsa namun malah menjadi preman terkuat dibumi yang mempunyai basis massa yang besar.





Perlengkapan ormas bukan seperti organisasi masyarakat namun sudah mirip organisasi militer, lihat sekarang ormas-ormas besar banyak dibekali ilmu kanuragan, ilmu bela diri, pakaian loreng, sepatu khas militer, pakai baret seperti TNI. Loh, jadi stratanya ormas ini dimana? Dan mereka sekarang apa fungsinya buat rakyat?

Apakah ormas ada dibawah naungan TNI dan Polisi? Atau dibawah naungan satpol PP? Atau berdiri sendiri dan bekerja sebagai centeng, preman, masyarakat yang punya hobi bikin struktur kerajaan seperti sunda empire?

Karena melirik sedikit pada ormas yang sudah punah dan dianggap beban negara, ketua umum mereka dianggap sebagai raja yang haram bila ditangkap karena menghasut perpecahan. Baik ormas yang mengkaitkan dengan agama atau nasionalisme, sama saja ujungnya perebutan lahan kekuasaan.



Dibulan Februari 2021, kita saksikan bentrokan antara ormas PP dan FBR tepatnya di Lenteng Agung, apa permasalahannya "Jatah Preman Lapak Tukang Buah" jelas pekerjaan ormas besar yang bentrok itu hanyalah sebagai beking, centeng, preman atau kamu punya sebutan lain untuk mereka?

Jadi apakah negara sebenarnya paham dengan tingkah laku ormas ini, namun suaranya dibutuhkan pejabat untuk melangkahkan kaki ketika pesta pora para politik tiba!!

Karena bagi kamu yang paham sejarah pasti tahu bagaimana ormas ini bisa hadir di Indonesia, contohnya kita kulik sedikit tentang sejarah ormas Pemuda Pancasila Organisasi ini dideklarasikan pada 28 Oktober l959 di Jakarta.





Tokoh-tokoh pendirinya sendiri adalah Jendral aktif di masa itu adalah A.Yani, A.H.Nasution, Gatot Subroto dan masih banyak lagi. Karena tak bisa masuk ke dalam ranah politik, maka mereka mendirikan ormas, disebut Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI).

Tujuannya jelas untuk melindungi NKRI dari rongrongan bahaya latenĀ perpecahan di masyarakat, dan memang tujuannya sebagai tangan untuk merambah ke dalam dunia politik.

Namun disaat Mubes VII tahun 2001 di Wisma Kinasih Bogor, organisasi Pemuda Pancasila ini berubah menjadi Ormas yang bebas dari segala bentuk permainan politik. Tujuannya bergerak di sektor kegiatan sosial kemasyarakatan.





Namun seperti layaknya parpol, yang bergerak demi yang katanya rakyat tapi malah sibuk korupsi uang negara. Apa bedanya dengan ormas yang tujuannya baik namun pelaksanaanya menjadi meresahkan masyarakat!!

Melihat itu semua perlukah sebenarnya ormas di Indonesia?

Silahkan adakah yang ingin mengomentari tentang hal ini, dipersilahkan di kolom komentar šŸ™



Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, semoga bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star







Diubah oleh c4punk1950... 25-03-2021 12:13
Daniswara92
m4ntanqv
huddin
huddin dan 47 lainnya memberi reputasi
48
13.5K
218
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThreadā€¢81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.