Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
88
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbe9228a72768558e564239/hal-hal-yang-bisa-bikin-ibu-bekerja-perang-batin-antara-resign-atau-tetap-bekerja
Khusus untuk ibu bekerja setelah ada anak kehidupan kita akan sangat berubah dan pasti kita akan mempertanyakan bakal kemana hidup kita selanjutnya setelah ada bayi mungil tak berdaya yang menganggap kitalah dunia nya.. Tetap bekerja kah?
Lapor Hansip
03-11-2019 15:39

Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Kerja

Intro
Semua ibu (yang normal tentu ya bukan yang jual anak, nyiksa anak, nyuekin anak, bodo amat sama tumbang anak, anak dijadiin investasi, menuntut anak, dll) itu HEBAT, mau WM, WAHM, SAHM semuanya dilakukan untuk keluarga jadi ngebanding2in mana yang lebih baik, lebih capek, lebih susah,, sampe jadi mom war tuh ga penting ya,, karena kondisi tiap orang berbeda.. Apapun posisinya pasti ibu selalu menomorsatukan anak dan perhatian pada tumbang anaknya

Dan setiap ibu punya tantangan tersendiri maupun keuntungan tersendiri.. Khusus untuk ibu bekerja setelah ada anak kehidupan kita akan sangat berubah dan pasti kita akan mempertanyakan bakal kemana hidup kita selanjutnya setelah ada bayi mungil tak berdaya yang menganggap kitalah dunia nya.. Tetap bekerja kah? Nanti anak gimana? Resign kah? Nanti keuangan bagaimana? Siap gak ya jadi IRT.. Nah perang batin ini ane sendiri rasakan terutama setahun pertama saat anak lahir.. Ane mau coba share momen2/hal2 yang membuat ibu bekerja perang batin antara terus kerja atau resign, sebagai berikut ini:

Oiya perlu digaris bawahi bahwa posisi ane adalah pencari nafkah utama jd menentukan resign itu sangat2 harus dipikirkan ribuan jutaan kali dan hal2 ini berdasarkan PoV TS


1. Saat hamil
TS sih ga ngalamin perang batin resign saat hamil krn TS mikirin lahiran kan ditanggung kantor gausah ribet ngurus.. Tapi mungkin ada ibu2 lain yang ngerasa pengen resign ya saat hamil mungkin ingin menikmati masa kehamilan semaksimal mungkin atau kehamilannya berisiko yang memang mengharuskan ia resign

Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja

2. Saat cuti lahiran habis
Saat pertama melihat bayi mungil hadir dari dalam tubuh kita perasaan haru dan bahagia muncul, bagi ane seminggu pertama sangat2 bahagiaa sekali krn anaknya masih banyakan tidur.. Mulai minggu kedua berbagai tantangan muncul.. Yg bikin banyak ibu2 baby blues, kehidupan yang tiba2 berubah, kewalahan, kelelahan, kurang tidur, tidak ada me time, belum kalo bayi kolik, tp tetap saja setelah 2-3 bulan masa cuti habis hari pertama masuk kantor pasti dirasa sangat sedih campur aduk perasaan ga tega, tp masih butuh bekerja, mau gak mau badan harus diseret, kaki harus dilangkahkan untuk ngantor lagi di hari pertama setelah cuti lahiran.. Seharian tdk tenang rasanya mauu resign aja huhuhuhu ya gak buibu bekerja???

Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja

3. Saat drama baby sitter
Ibu pun mulai terbiasa ninggalin baby utk krja krn tujuan mantap ibu harus kerja juga untuk keluarga nah,, ibu bekerja juga tentu harus mendelegasikan pengasuhan anak saat ditinggal kepada pihak lainnya yang berbeda2 bagi tiap ibu,, bisa keluarga, daycare maupun baby sitter, ane tidak bisa minta tolong keluarga karena tidak sekota, daycare anak ane ga cocok karena high needs baby perlu pengasuh yg bs full fokus perhatiin dia, tp BS ini penuh drama lah.. Ada yg gajinya sangat tinggi bagi ane tp kok cara ngasuh anaknya bikin deg2an, liat dia mandiin hampir terpeleset, liat dia kasih susu bayi 2 bulan kok kepala anaknya ga dtaruh lebih tinggi, ga paham seputar ASIP, kirain gaji segitu sudah pro, akhirnya ga jadi.. Terus kedua lumayan cocok tapi eh sakit jd minta dipulangkan, yang ketiga cocok tp cuman sebulan berenti, ya di antara itu penuh jungkir balik dan drama bgt , anak smpat ke daycare lah, pakai pengasuh harian lah, nitip ke tetangga (bayar gaji juga tentu) lah, dll rasanya bersalah bgt ke anak kok kayak lantang luntung, gonta ganti pengasuh gini ngaruh ke psikis nya gak ya, pengenn resign, tiap mau ke kantor pengen nangis krn ya bingun n merasa bersalah tp gimanaa yaaa, Alhamdulillah kemudahan pun datang akhirnya dapat juga pengasuh yg cocokkk bgt dan awet jasanya sangat besar bagi pertumbuhan anak ane yg kondisi medisnya khusus, ane jadi bs tenang kerja, bisa dpt gaji bulanan krn jasa beliau..

Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja

4. Saat anak sakit
Di setahun pertama rasanya banyak kali masalahnya anak sering sakit dan itu tuh buat khawatir bgt krn ya beratnya turun padahal 1000 hari pertama itu berharga bgt, rewel, rasanya ya ga tegaa gitu ninggalinnya, sempet pasang NGT jg anak ane.. bbrp kali cuti dadakan kirim kabar ke atasan "maaf Pak, Bu saya ijin cuti anak saya sakit" Kl udh gt rasanya campur aduk.. Di kantor ga maksimal kalo sering ijin nyusahin tim, di rumah jg ga maksimal.. Ah rasanya ingin resign saja drpd semua serba setengah2 gini..

Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja

5. Saat ada masalah dalam tumbuh kembang anak
1000 hari pertama sangat penting sekali bagi kehidupan seorang anak sejak dalam kandungan sampai sekitar usia 2 tahun.. kalo ada masalah tumbang anak dalam periode misal berat ga naik2 padahal makan minum banyak bingungg banget nyari penyebabnya atau ada keterlambatan dalam pencapaian milestone anak rasanya pengen resignnn pengen fokus ngejar berat anak secara langsung,, pengen fokuss stimulasi anak untuk ngejar milestone duuh merasa bersalah lagi tapii ya gimana dong,, alhamdulillah semua bisa tertasi tanpa perlu resign bener2 krn dimudahkan Yang Kuasa

Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja

6. Saat bonding dengan anak dirasa kurang malah lebih dekat sama pengasuhnya
Liat anak bisa nangis kenceng padahal si mba cuma mau keluar sebentar sedangkan di rumah tuh sebenernya lagi ada kita tuh rasanya ya nano nano ya sedih kok anak lebih deket dengan mba berasa ga laku.. Di sisi lain ya tenang karena artinya si anak memang nyaman dan dekat sama si mba, dan semacemnya

Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja

Pesan
Bagi ibu2 bekerja disaat rasa ingin resign melanda mungkin bisa dipikirkan matang2 dg pertimbangan2 sbb:

- seberapa besar efek resignnya kita thd keuangan keluarga? Krn kondisi tiap keluarga beda kalo istri gaji lebih gede suami UMR ya sayang bgt ya kalo istri resign.. Realistis aja punya anak tuh prlu biaya lebih banget2.. Apakah yakin bisa kehilangan gaji bulanan dan hidup dg gaji suami saja? Siap harus menurunkan gaya hidup yang sebelumnya dan target hidup yg direncanakan sebelumnya ? Dan ada byk jg kan istri yang kerja gajinya buat bantu keluarganya, ortunya, adeknya
- jika resignnya mom semua akan berpengaruh signifikan thd keuangan.. kalo ada masalah spt hal2 di atas apakah ada solusi lain yang bisa dilakukan selain resign? Misal saat bonding dirasa kurang ya maksimalkan quality time dan kl ada kita di rumah biasakan anak full sama kita lama2 juga anak akan lebih deket sama kita lg, kl masalah lain emg solusinya harus ada support system yang andal dan terpercaya serta mumpuni sih memang biar bisa tenang di kantor, kl lg drama BS apa mgkin minta tlg keluarga dl/pakai pengasuh harian,, aku nyoba BS dari aplikasi H******U bagus2 sih
- Yakin bisa jalanin rutinitas jadi IRT?
- Kalo ada apa2 dengan suami sehingga dia tidak bisa memberi nafkah lagi baik untuk sementara maupun selamanya apakah kira2 bisa bekerja lagi untuk menghasilkan uang? Punya skill apa? (prepare for the worst itu bagus)?
- dll pokoknya coba tulis plus minusnya dan pertimbangkan matang2
- kelola rasa bersalah selama kita ninggalin anak dg support system yg andal dan terpercaya gausah merasa bersalah mom,
- yg nyinyir2 n ngasi tau tanpa diminta hempaskan aja mom macam "kalo saya jadi kamu sih sy resign ga tega ninggalin anak sama pembantu apalagi punya kondisi khusus, perhiasan aja ga rela dititip pembantu apalagi anak" Hush hush wkwk kl udah ada yg ngmg "kalo saya.. kalo saya..." tanpa diminta n bikin kita merasa brsalah dan down bodo amat - in aja mereka tdk tahu detail hidup kita
- TS pernah ngalamin semuanya Alhamdulillah bisa solved semua tanpa TS harus resign krn solusi dr bbrp masalah di atas jg ada yang berupa rupiah, mana bisa TS beli susu khusus, bisa ke dokter subspesialis yg dibutuhkan anak kl TS gak kerja
- Di kantor jadilah karyawan yang berguna jangan sampe udh ninggalin anak sama orang lain eh di kantor juga kurang atau bahkan gak berguna

Sekian dulu, mungkin ibu2 kaskuser bekerja punya pengalaman lain?

POKOKNYA SEMANGAT TERUS BUAT SEMUANYA!!!!


Sumber : pengalaman
Gambar : bikin sendiri dengan beberapa referensi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja
23-03-2021 09:33
Ibu2 jaman sekarang sebaiknya bekerja/berpenghasilan.

Karena pelakor dimana2, akibat pandemi corona, banyak alumni alexis yg perlu sugardaddy.

untung gw sugar om kalo kata ponakan gw si Juzie mah...hahahahaha
Kalo kata Sen-sen gw sugarkaka ahahahahah...

kalian tuh lucu deh...

kalo kata bebeb...gak udah sugar coating lah..aku tau maksudmu apa ??? anjay ahahaha...jleb banget gak bisa ngeles lagi.
0 0
0
Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja
23-03-2021 12:41
Hai Gaes.. Mau sharing nihh..
Tanggal 22 sampai 26 Maret 2021 bakal jadi tanggal PEDAS!!! Kenapa tuh? Selain karna pedes bgt tanggal tua, ternyata Bu Eva ngulek lagi! Bakal ada 3 varian baru dari BEKAL SAMBEL BU EVA!!! Ada Sambel Matah, Sambal Bawang Mateng, sama katanya paling nikmat Sambal Tempong. Bukan hanya itu saking pedasnyaaa BEKAL SAMBEL BU EVA Sampe PROMO 50%!!! Cepetan buruan ajak teman temen biar makin banyak makin seru !!! Liat lokasi resto2nya di link bionya @buevaspesialsambal, bisa juga pesen lewat shopee and ojol juga loh gampang kan, yang penting JANGAN SAMPE KEHABISAN!!! #PedesnyaNoTipu
profile-picture
blueseno memberi reputasi
0 1
-1
Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja
23-03-2021 13:01
Ayo bapak2 jgn cuma kerja cari duit aja.. tapi ngurus anak juga di share.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja
23-03-2021 13:07
Tugas IRT kerjaannya multitasking
- jadi PRT
- jadi chef
- jadi manajer keuangan
- jadi baby sister
- jadi guru les
- jadi teman tidur 😄😄😄😄😄
Jam kerja subuh sampai malam 😂
Diubah oleh meimeiput
0 0
0
Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja
23-03-2021 13:15
Semua dibebankan ke ibu ya, kalau mengasuh sama sama dengan suami kan bisa
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja
23-03-2021 13:22
Memang top markotop seorang Ibu, baik yang memutuskan jadi ibu rumah tangga atau ibu berkarier emoticon-Matabelo
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja
23-03-2021 13:38
Pernah ngalamin dilema ini waktu masih kerja. Tapi akhirnya resign juga karena bocah lbh sering sakit daripada sehatnya waktu itu.
Kerja juga ga tenang ditelpon mulu anak masuk IGD. Dua duanya kerja juga uangnya habis terus . Alhamdulillah sih berhenti kebutuhan masih tercukupi cm ngasih ke ortu yg agak berkurang memang.
Tapi kalo ga terlalu bermasalah sih wanita lbh baik bekerja karena kita kan ga tau kedepannya gimana.
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja
23-03-2021 13:46
Ibu itu di rumah, asuh anak.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja
23-03-2021 14:12
Dulu waktu ane masih kuliah, harus tinggal bareng kakak ane di jakarta. Melihat dan merasakan yang ts tulis. Mulai pengasuh yang harus di ganti2, kadang gak masuk, akhirnya harus ane yang jagain tuh bayi. Syukurnya masih ada ane yang pulang kuliah bisa bantu jagain, tapi klu pengasuh gak masuk otomatis ane yang jaga dan gak masuk kuliah, kakak ane maunya resign tapi waktunya blm pas, karena harus nyelesaikan cicilan rumah. Sekarang kakak ane sdh resign jadi dia yang ngasuh ketiga anaknya. Anak 1 dan 2 masih kerja, anak ketiga sdh resign. Ane sdh pisah dari rumah kakak sebelum anak kedua lahiran.
0 0
0
Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja
23-03-2021 14:12
Ibuku pahlawanku lah pokoknya, I lop yu pul 😘
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja
23-03-2021 14:53
Dilema yang dialami oleh ibu yang bekerja, kalau ada orang tua dirumah sih masih bisa titip, meskipun itu suatu hal yang nggak boleh. Masalah lagi kalau tinggal di rumah sendiri, nyari IRT menjadi sebuah pilihan walaupun terkadang juga bikin was-was, ntar kalau ketemu yang cocok juga harus siap untuk ditinggalin.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja
23-03-2021 16:46
ini bener2 sudah ane pikirin dari sekarang, padahal belum nikah hehe
ane kerjaan sibuk, besok kalo udah punya anak, mau gak mau pakek pengasuh, nanti kalo anaknya lebih dekat sama embaaknya dari pada ibunya gimana yaa??
huaaa
0 0
0
Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja
23-03-2021 20:00
santai aja bu, wanita gak diwajibkan untuk bekerja ko, istri ane dulu pas hamil sampe lahiran gak kerja, skrg kerja nyari freelance aja... ane sendiri berdagang alhamdulillah.
0 0
0
Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja
23-03-2021 21:10
Salut ane buat ibu-ibu yang tetap memilih kerja. Tanpa mengesampingkan anak.

Totalitas yg luar biasa.
Mantab jiwa raga! Sabar dan semangat.

emoticon-Toast
0 0
0
Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja
23-03-2021 21:20
ini pilihan yang sulit pastinya
kebetulan ane juga sama2 kerja dengan istri
ada sedikit untungnya, karna orang tua masih ada, jadi masih ada yang bantuin jaga anak kalo kami kerja
masalahnya sampai kapan ortu bisa bantuin?
masa anak2 adalah masa yang paling indah
kalo saya pribadi lebih baik hanya 1 yang kerja, yang 1 lagi bisa berbisnis untuk menambah penghasilan
sekarang sih sudah banyak bisnis2 yang bisa dikerjakan tanpa harus meninggalkan rumah
MLM, bisnis online, agen asuransi dll masih bisa dijalankan tanpa harus keluar rumah
tergantung mana yang paling cocok dijalankan

jadi masa dengan anak betul2 dinikmati
kebetulan saya lagi mencoba bisnis juga dan niat nya salah 1 dari kami harus resign tahun ini biar bisa lebih fokus dengan anak
semoga Tuhan merestui 😇
0 0
0
Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja
23-03-2021 21:43
Iyaaa yaaa.. pasti dilemma yaaa
0 0
0
Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja
24-03-2021 00:08
Mulai kehamilan jadi saat-saat galau buat ibu-ibu nih emoticon-Matabelo
0 0
0
Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja
24-03-2021 08:25
semuanya dimulai sejak hamil ya. istri ane sejak hamil 4 bulan udah ga kerja, gampang cape. mau ga mau berjuang sendiri ane
0 0
0
Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja
24-03-2021 09:46

PERTIMBANGAN UNTUK RESIGN ATAU LANJUT

Beberapa pengalaman yang terjadi di kantor ane juga seperti itu ada kebingungan ketika para ibu di satu sisi bergelut dengan pekerjaan yang harus diselesaikan tetapi juga sisi lainnya ada anak yang harus di ayomi dan akan kepikiran ketika anaknya sakit...

mungkin beberapa pertimbangan yang bisa dijadikan acuan :
1. RESIGN

Untuk yang satu ini sering menjadi kendala utama karena situasi keuangan keluarga yang tidak kondusif dimana kepala keluarga tidak bisa support dengan memadai. Maka yang perlu diperhatikan bagaimana gaya hidup kita dan kebutuhan kita diatur seekonomis mungkin agar bisa mengimbangi keuangan suami...

Hal ini tidak mudah karena kita terbiasa memiliki istilahnya "PENDAPATAN MANDIRI" untuk menyokong keluarga maupun kebutuhan pribadi, namun jika dirasa di kerja tidak memungkinkan untuk dilanjutkan, maka dirembug dulu dengan keluarga besar baik dari pihak suami dan istri untuk mengambil pertimbangan seperti ada sokongan tambahan untuk membantu sementara keuangan kita ( BERAT tapi KELUARGA seperti itu )

Dan beberapa alternatif lain setelah RESIGN adalah mulai mencari bisnis yang bisa menyesuaikan keadaan seperti ( Online System ) yang semakin marak akibat pandemi ini.

2. LANJUT

Kesigapan seorang ibu dipertaruhkan disini dimana dia harus memilah dengan cermat mana kebutuhan keluarga dan mana pekerjaan yang harus diselesaikan dengan optimal. kelemahan dalam posisi ini mungkin dalam urusan pengasuhan anak yang lumayan berkurang karena harus melakukan kegiatan luar demi memenuhi keuangan keluarga yang dalam hal ini adalah bekerja

Dan seringkali ada ijin2 khusus yang diterapkan ke para ibu yang berada di lingkungan ini sehingga ada perhatian lebih secara humanis dari organisasi untuk memberikan fleksibilitas aturan yang ada.

Namun memang fleksibilitas ini ditakutkan menimbulkan ketidaksetaraan antar gender antara pria dan wanita yang dimana sejumlah cuti lebih banyak dimiliki wanita daripada pria. Oleh karena itu kinerja yang dihasilkan harus jauh lebih cemerlang untuk mengurangi anggapan tersebut dan dalam situasi tersebut ada yang bisa melampauinya, tetapi juga ada yang "memanfaatkan" untuk kebiasaan absentnya
0 0
0
Hal-hal yang Bisa Bikin Ibu Bekerja Perang Batin Antara Resign atau Tetap Bekerja
24-03-2021 19:08
Emang dilema sih tp apapun keputusan ibu pasti udah dipikirin baik2, suami2 yuk didukung istrinya, kalau mau kerja jg gpp deh, pikirin solusi bersama ya
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia