manadimana13Avatar border
TS
manadimana13
Jauh Sebelum Jadi Penyanyi Besar, Ternyata Judika Pernah Jadi Tukang Semir Sepatu
Siapa yang tak kenal Judika? Seorang penyanyi bersuara unik, kelahiran Sidikalang pada 31 Agustus 1976 yang dikenal melalui ajang Indonesian Idol. Suara unik yang dimiliki Judika, menjadi salah satu daya tarik pria kelahiran Sumatera Utara yang satu ini. Sebelum memulai karir menjadi penyanyi solo, ia sempat memiliki grup vokal bersama 3 kawannya bernama Antero Boys yang berhasil membawanya memenangkan juara pertama di tingkat Sumatera Utara. 


Sumber Foto Google, kolase dengan photocollage.com

Seorang Judika tidak pernah berpikir bahwa dirinya akan seorang penyanyi solo. Hal tersebut dikarenakan perjalanannya bersama dengan Antero Boys yang sudah 8 tahun lamanya. Seiring berjalannya waktu, keadaan memaksa Judika untuk mengembangkan karirnya dengan bersolo karir. Terinspirasi dari Delon dan Joy Indonesian Idol 1, Judika memilih untuk mengikuti Indonesian Idol 2.



Indonesian Idol membawa Judika di posisi Runner-up bersama dengan Mike Mohede. Single pertamanya yang berjudul “Bukan Rayuan Gombal” tidak langsung membawa nama Judika di dunia musik Indonesia. Kondisi ini membuat Judika mengiyakan tawaran Ahmad Dhani untuk bergabung dengan grup Mahadewa. Sebelum bergabung dengan Mahadewa, Judika juga sempat nyaris bergabung dengan Band Kerispatih tetapi Judika memilih Mahadewa dikarenakan genre band tersebut.

Setelah 2 tahun bergabung dengan grup Mahadewa, akhirnya Judika memutuskan untuk meneruskan solo karirnya dan mengeluarkan album keduanya pada tahun 2010 yang berjudul Setengah Mati Merindu. Album ketiga yang berjudul Mencari Cinta dengan single yang berjudul Mama Papa Larang dirilis pada tahun 2013. Penulisan lagu Mama Papa Larang hanya memakan waktu sekitar 15 menit untuk Judika. 



Pada tahun 2017, Judika mengeluarkan album keempatnya yang berjudul “Judika”. Ia mengklaim bahwa album ini adalah salah satu one of the best album yang pernah dibuat.. Di tahun 2020, Judika mengeluarkan single terbarunya yang berjudul “Tak Mungkin Bersama”. Official video untuk lagu tersebut dirilis pada 12 Maret 2020 dan diputar lebih dari 3,7 juta kali. Jam kerjanya yang tinggi, membuat Judika sering lupa untuk menjaga kondisi kesehatannya. Pada bulan Februari 2020, Judika terkena infeksi pita suara yang membuat pita suara Judika berdarah setiap paginya. 



Selain pada dunia tarik suara, Judika juga terjun dalam dunia seni peran. Film pertama yang ia perankan berjudul Si Jago Merah dan The Tarix Jabrix. Dengan latar belakang penyanyi jebolan Indonesian Idol, Judika juga ditunjuk menjadi salah satu juri dari Indonesian Idol 2020. Judika disandingkan dengan 2 penyanyi kebanggaan Indonesia lainnya yaitu Rossa dan Maia Estianty. Tidak hanya menjadi Juri Indonesian Idol, bersama dengan Anang Hermansyah dan Ari Lasso, Judika membuat grup vokal yang bernama Trio Lanjud.


Keberhasilan Judika di dunia musik Indonesia tidak luput dari banyaknya kabar tidak benar mengenai dirinya. Judika mengklarifikasi bahwa sebenarnya dia tidak pernah menjadi tukang tambal ban seperti yang banyak diberitakan oleh media. Pengalaman menarik lainnya datang dari pengalaman Judika menjadi tukang semir sepatu. Ia mengatakan bahwa ia pernah menjadi tukang semir sepatu di Brastagi, Sumatera Utara untuk membeli sepeda. Hal tersebut dilakukan karena Judika ingin membeli sepeda dengan uang jerih payahnya sendiri.

Unik dan langka menjadi 2 kata yang tepat untuk mendeskripsikan suara Judika. Sudah lebih dari 1 dekade ia bermusik dan lebih dari 10 piala diraihnya. Di tengah pandemi covid 19, Judika juga tetap rajin untuk bermusik dan mengembangkan industri hiburan di Indonesia. Salah satu agenda terdekatnya, Judika dipastikan akan tampil menjadi salah satu Special Performer di  HobbyGround 2021. GanSis bisa sing a loud bareng Judika di HobbyGround pada 28 Maret 2021 mulai pukul 20.00 - 21.00 WIB.  Selain itu, dalam acara virtual inipun Judika juga akan ada interview. Kira-kira bakal ngobrolin apa yah? .. Hmmmm…, kita tunggu aja deh Gan! 






HobbyGround tahun ini digelar secara virtual dengan mengusung tema “Virtual World ” hadirkan tiga (3) ground, diantaranya Blibli Cycling, Blibli Pets & Plants, dan Hallyu. Untuk informasi lebih lanjut dan mengintip special performer lain di main stage, GanSis bisa meluncur ke laman www.hobbyground.id




Diubah oleh manadimana13 20-03-2021 08:59
aygilagility
b4perman
indramamoth
indramamoth dan 67 lainnya memberi reputasi
50
13.9K
272
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Musician Corner
Musician Corner
icon
3.5KThread1.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.