Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
178
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6057f0130ad8e8141a21833e/aturan-cerai-pns-separuh-gaji-suami-menjadi-hak-mantan-istri
Salah satu jabatan atau pekerjaan yang banyak diincar oleh warga Indonesia adalah PNS alias Pegawai Negeri Sipil. Bahkan banyak orang yang rela melakukan beragam cara agar bisa mendapat predikat PNS. Jaminan gaji seumur hidup, siapa yang tidak tergiur. Bukan hanya pegawainya saja yang bangga akan jabatannya, tapi pendamping hidup yang akan mengarungi bahtera rumah tangga bersamanya pun pas
Lapor Hansip
22-03-2021 08:17

Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
sumber
Salah satu jabatan atau pekerjaan yang banyak diincar oleh warga Indonesia adalah PNS alias Pegawai Negeri Sipil. Bahkan banyak orang yang rela melakukan beragam cara agar bisa mendapat predikat PNS. Jaminan gaji seumur hidup, siapa yang tidak tergiur. Bukan hanya pegawainya saja yang bangga akan jabatannya, tapi pendamping hidup yang akan mengarungi bahtera rumah tangga bersamanya pun pasti merasakan hal yang sama.

Setiap pasangan pastinya ingin rumah tangganya baik-baik saja hingga akhir hayat, tapi rencana tak semulus realita, ada saja cobaan dan godaan yang menerpa biduk rumah tangga. Hal ini juga telah diatur oleh pemerintah, loh, GanSist. Pemerintah sudah menetapkan regulasi bahwa mantan istri bisa menuntut setengah dari gaji suaminya.
Quote:Aturan tuntutan hak setengah gaji suami berstatus PNS itu diatur dalam PP Nomor 10 Tahun 1983 tentang Izin Perkimpoian dan Perceraian Bagi Pegawai Negeri Sipil.  Regulasi ini kemudian mengalami perbaruan setelah keluarnya PP Nomor 45 Tahun 1990. Dalam pasal 8 ayat (1) PP 10/1983 menyatakan "Apabila perceraian terjadi atas kehendak Pegawai Negeri Sipil pria maka ia wajib menyerahkan sebagian gajinya untuk penghidupan bekas isteri dan anak-anaknya”. 

Lebih lanjut, pasal tersebut mengatur prosedur cerai suami istri PNS. Dalam pasal 8 ayat 5 berbunyi, “Apabila perceraian terjadi atas kehendak isteri, maka ia tidak berhak atas bagian penghasilan dari bekas suaminya”

Meskipun mantan istri juga berstatus PNS, tuntutan setengah gaji suami bisa dilakukan, ya, GanSist. Semua ada prosedurnya, ketentuan ini tidak berlaku jika yang istri yang melakukan zina, melakukan KDRT terhadap suami, dan istri meninggalkan suami selama dua tahun berturut-turut.

Hak mendapatkan setengah gaji ini berlaku jika pasangan yang bercerai belum mendapatkan keturunan, ya, GanSist. Jika memiliki anak, maka gaji dibagi tiga, sepertiga buat anak, sepertiga buat istri, dan sepertiga buat suami. Ini berlaku jika yang mengajukan cerai dari pihak suami. Hak ini juga akan hilang jika di kemudian hari, sang istri menikah lagi.

Jadi gak ada istilah enak dong bagi wanita yang bersuamikan PNS, bisa kimpoi cerai, lalu nikah lagi dengan PNS lain, cerai lagi, gitu aja terus. Ya, nggak bisa juga, GanSist, semua udah ada aturannya, kalo si istri yang menggugat cerai aturan tersebut tidak berlaku. Begitu pun jika jika perceraian didasari kesalahan pada sang istri, istri tidak bisa menuntut apa-apa.
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
sumber
Terkadang seorang wanita harus bertahan di tengah kerapuhan dan rasa sakit pernikahannya dengan alasan ekonomi. Klasik memang, apalagi juga sudah memiliki keturunan, kebahagiaan sang wanita mau gak mau digadai untuk masa depan anak-anak, tanpa memikirkan diri sendiri.

Entah kenapa kebanyakan cobaan pernikahan jika karir sang suami mapan dan dompet tebal adalah kehadiran orang ketiga, keempat, kelima, dan seterusnya. Alih-alih hanya fokus membahagiakan anak istri, malah semakin sulit untuk menahan nafsu syahwat. Teruntuk para wanita di luaran sana yang sedang berjuang untuk lepas dari toxic marriage, semangat, ane hanya bisa mendoakan yang terbaik buat kalian.

Referensi

Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
Diubah oleh iissuwandi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galigulagalu dan 33 lainnya memberi reputasi
32
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
23-03-2021 09:38
yang PNS PNS PNS, mantunya bu yang PNS emoticon-Imlek
0 0
0
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
23-03-2021 09:39
Nah loh, ga bole main2/ aneh2 tuh, hehehe
0 0
0
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
23-03-2021 09:40
misal 1 wanita kimpoi cerai 6x dengan PNS, dpt gaji 3x pns dong?
wah wah
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
23-03-2021 09:50
Aturan lama kan ini..
Klo ada yg nanya misal cerai krn istri zina, ya istrinya ga dapat hak separuh gaji suami.
Ada kok di pp nya itu.
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
23-03-2021 09:50
Sebelum cerai resign dulu dari PNS
0 0
0
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
23-03-2021 10:02
tidak berlaku untuk muslim ya guys.
0 0
0
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
23-03-2021 10:13
makanya, urusan slank (slankangan) jangan sampe liar/ nakal kalo jadi PNS
emoticon-Wow emoticon-Ngakak

Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
Diubah oleh proficiat
0 0
0
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
23-03-2021 10:17
Emg gitu aturannya, baguslah.
Bonyok ane adem ayem aja
0 0
0
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
23-03-2021 10:22
Mending kga usah ceraiii
0 0
0
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
23-03-2021 10:39
nikah lagi, tanpa ijin istri, auto pecat atau dimutasikan di pucuk jurang.
0 0
0
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
23-03-2021 10:43
Kalo yg PNS yg cewek, yang ngajukan cerai yang cewek

Berarti suami seharusnya juga dapat hak separo gaji mantan istrinya donk emoticon-Ngakak

Ada emansipasi wanita, masak gak ada emansipasi pria emoticon-Ngakak
0 0
0
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
23-03-2021 10:44
PNS mantu idaman mertua gan emoticon-Leh Uga
0 0
0
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
23-03-2021 10:46
Kalo yg PNS istrinya suaminya swasta gaji yg istri 1/2 buat suami juga?
0 0
0
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
23-03-2021 10:49
ngapain juga cerai... klo gak ada kendala apa apa.. secara PNS terpenuhi hidupnya.
0 0
0
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
23-03-2021 10:54
pns cowo yg nikah blom punya keturunan dilarang cerai klo gitu, bakal suram separo penghasilannya buat biayain mantan emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
23-03-2021 11:01
Bapak PNS siap2 ya, banyak yg incer + awas kalau selingkuh emoticon-Leh Uga
0 0
0
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
23-03-2021 11:05
Kayaknya gini bakalan langgeng deh, hehe. tapi klo gak bisa dipaksaiin, susah juga ya gaji bagi dua
0 0
0
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
23-03-2021 11:10
Agar fair, berarti kalau istri pns suaminya bukan, maka separuh gaji istri jadi buat mantan suami?
0 0
0
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
23-03-2021 11:32
Buset jd ribet ya
0 0
0
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
23-03-2021 12:19
Makin menjadi jadi kalo menantu pns jadi kebanggaan nih wkwkwk
0 0
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia