RyoEdogawa
TS
RyoEdogawa
Dewa Kipas Dadang Subur Usai Kalah dari Irene Sukandar: Saya Sangat Menerima...


Dewa Kipas atau Dadang Subur mengaku menerima hasil pertandingan catur persahabatan melawan WGM Irene Kharisma Sukandar.

Pertandingan catur persahabatan Dewa Kipas vs WGM Irene Kharisma Sukandar berlangsung di studio podcast Deddy Corbuzier pada Senin (22/3/2021) sore WIB.

Irene Kharisma Sukandar sukses mengalahkan Dadang Subur dengan skor telak 3-0 pada pertandingan yang menggunakan format empat babak tersebut.

Dadang Subur memutuskan tidak memainkan babak keempat karena sudah mengakui kekalahan.

Seusai pertandingan, Dadang Subur mengaku kewalahan dan tidak terbiasa dengan sistem pertandingan catur cepat.

Meski demikian, Dadang Subur atau Dewa Kipas mengakui dirinya kalah secara kualitas dari Irene Kharisma Sukandar.

Dadang Subur juga memuji Irene Kharisma Sukandar sebagai pemain catur yang komplet.

"Saya sangat menerima kekalahan ini," kata Dadang Subur.

"Saya sudah kalah 0-3. Irene Kharisma Sukandar memiliki pertahanan yang sangat kokoh. Tidak bisa ditembus," ujar Dadang Subur.

"Saya mengakui saya melakukan banyak blunder pada pertandingan ini. Pada awalnya, saya berpikir hanya satu pertandingan. Kalau laga dengan waktu berpikir 10 menit, saya kurang menguasai," ucap Dadang Subur.

"Saya menilai Irene Kharisma Sukandar adalah pecatur komplet. Saya menerima kekalahan ini. Semoaga Irene Kharisma Sukandar lebih sukses ke depannya," ujar Dadang Subur menambahkan.

Meski kalah dari Irene Sukandar, Dadang Subur berhak membawa pulang hadiah Rp 100 juta yang disediakan Deddy Corbuzier selaku inisiator pertandingan.

Di sisi lain, Irene Sukandar sebagai pemenang berhasil mendapatkan uang sebesar Rp 200 juta.

Duel Dewa Kipas atau Dadang Subur vs WGM Irene Sukandar bisa terjadi karena polemik catur online yang ramai dibicarakan publik dalam tiga pekan terakhir.

Polemik yang dimaksud adalah penutupan akun Dewa Kipas di aplikasi atau situs penyedia permainan catur online, Chess.com, pada awal Maret lalu.

Akun Dewa Kipas diblokir oleh Chess.com tidak lama setelah Dadang Subur mengalahkan pecatur Amerika Serikat dengan gelar International Master (IM), Levy Rozman, alias GothamChess.

Cerita kemenangan Dadang Subur atas GothamChess dan penutupan akun Dewa Kipas oleh Chess.com itu kemudian viral di jagat maya hingga membuat publik terbelah.

Publik terbelah karena ada dugaan Dewa Kipas atau Dadang Subur curang selama bermain di Chess.com termasuk pada laga melawan GothamChess.

Puncaknya, Dadang Subur dan Irene Kharisma Sukandar diundang Deddy Corbuzier menjadi bintang tamu podcast untuk menjelaskan cerita masing-masing mengenai penutupan akun Dewa Kipas.

Dari situlah awal mula terjadinya duel Dadang Subur vs Irene Kharisma Sukandar bisa terjadi.

https://www.kompas.com/sports/read/2...page=all#page2

Menurut GM Susanto yg menjadi komentator, dari 3 pertandingan yg dilakukan, tingkat kemampuan Pak Dadang ratingnya sekitar 2100, hampir mendekati Master, karena Candidate Master sendiri ratingnya di 2200.

Sekedar informasi, Dewa Kipas sendiri, dari grafiknya di chesscom bisa dibilang kemampuannya dikatakan menyamai bahkan melebihi Juara Dunia Catur. Dan mengenai jenis permainan yg dilakukan Dewa Kipas sebelum kena banned, TS kutip dari https://inet.detik.com/games-news/d-...tma-kecurangan

Data yang dianalisa Heri terkait Dewa Kipas adalah 369 permainan dari 11 Februari - 2 Maret 2021. 333 Game adalah permainan catur cepat 10 menit, sisanya game 5 menit atau 15 menit.

Mayoritas permainan yg dilakukan Dewa Kipas adalah catur 10 menit..

Dengan berakhirnya pertandingan persahabatan ini, maka keinginan publik yg mengharapkan Calon Juara Dunia selanjutnya akan berasal dari Indonesia, sementara blom bisa terwujud. emoticon-Big Grin

NB: Analisa akurasi langkah semoga ada media yg membahas dengan resmi, soalnya td TS ga mencatat langkah2 yg terjadi emoticon-Peace
Diubah oleh RyoEdogawa 22-03-2021 15:01
viniesttien212700zenzeiokta
zenzeiokta dan 27 lainnya memberi reputasi
26
10.6K
266
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.