• Beranda
  • ...
  • Education
  • 3 JURUSAN INI SEPI BANGET PEMINATNYA, PADAHAL PUNYA PROSPEK KERJA YANG TINGGI LHO!

deaprillaAvatar border
TS
deaprilla
3 JURUSAN INI SEPI BANGET PEMINATNYA, PADAHAL PUNYA PROSPEK KERJA YANG TINGGI LHO!

Jurusan kuliah emang selalu jadi instrument yang cukup penting ya, soalnya dengan menentukan jurusan kuliah yang tepat nantinya juga akan berdampak pada karir kita dimasa depan. Namun, kadang ada aja nih kondisi dimana jurusan yang kita impikan gak sejalan dengan kemampuan kita buat meraihnya. Misal, karena banyaknya pesaing yang ingin juga masuk dijurusan tersebut yang memiliki kemampuan atau skill lebih tinggi daripada kita. Sampe akhirnya kepikiran untuk memilih jurusan yang sepi peminat agar mudah diterima dikampus favorit kita. Biar begitu, walaupun jurusan sepi peminat bukan berarti jurusan-jurusan ini tidak memiliki prospek kerja yang baik dimasa depan. Jadi, inilah rangkumannya..

1. Ilmu perpustakaan
Di jurusan ini kalian akan belajar tentang Tata Kelola Perpustakaan, Statistika, hingga Ilmu Komputer. Jurusan ilmu perpustakan ini melibatkan banyak keahlian dibidang Informasi Teknologi, Manajemen dan Pendidikan untuk mengumpulkan, merapihkan dan menyimpan data. Jadi ketika lulus nanti kalian akan memiliki keahlian cukup banyak dan memiliki kesempatan berkarir yang cukup luas. Para lulusan ini bisa bekerja sebagai pustakawan di perpustakaan swasta, negeri, maupun institusi. Selain menjadi pustakan kalian juga bisa menjadi Arsiparis, Sekretaris, redaksi penerbit, dan masih banyak lagi. Untuk fresh graduate, gaji yang ditawarkan adalah Rp5–7 jt/bulan.
2. Ilmu filsafat

Ilmu filsafat dikenal sebagai induk semua ilmu. Berbeda dengan program studi pada umumnya ilmu ini lebih mempelajari tentang permasalahan mendasar manusia dan hubungannya dengan realita. Ilmu ini lebih bersifat abstrak dan memerlukan pemahaman yang mendasar. Di jurusan ini kalian akan mempelajari pemikiran-pemikiran dari jaman kuno seperti Thales, Socrates, Pythagoras dan masih banyak lagi. Filsafat membantu kamu untuk berfikir secara terstruktur dan mampu memproses segala informasi secara jernih. Ketika lulus nanti, kalian bisa bekerja sebagai dosen ilmu filsafat, pejabat pemerintah daerah, pengamat politik, konselor bahkan jurnalis. Rata-rata gajinya berkisar Rp 10-15 jt/bulan.
3. Teknik Biomedis

Teknik Biomedis ini bisa dibilang masih sangat sepi peminatnya, namun prospek dan peluang kerjanya sangat menjanjikan. Teknik biomedis merupakan jurusan yang menggabungkan prinsip-prinsip teknik dalam bidang medis atau kedokteran. Jurusan ini tidak kalah penting dengan jurusan kedokteran, keperawatan atau kebidanan. Lulusan Teknik Biomedis tidak hanya bisa bekerja sebagai dosen atau peneliti aja, lulusan ini membolehkan kalian untuk mengembangkan produk peralatan medis. Selain itu kamu juga bisa membantu mengenai pemilihan alat kesehatan dan menguji performa peralatan kesehatan tersebut. Rata-rata gaji untuk lulusan ini adalah $65.700 atau Rp 886jt/tahun. Gede banget ya..


Link Referensi:
https://rencanamu.id/cari-jurusan/pendidikan/ilmu-perpustakaan
https://rencanamu.id/cari-jurusan/humaniora/filsafat
https://rencanamu.id/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/kenalan-lebih-dekat-dengan-jurusan-teknik-biomedik
danQe
richardus96
tien212700
tien212700 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
9.3K
113
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
Education
icon
22.4KThread13.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.