Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
308
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6052d20529557a4ebd249480/jangan-menikah-kalau-tinggalnya-sama-mertua
Lebih baik siapin dulu mental sama finansial ya Gan sebelum memutuskan menikah. Apalagi belajar dari kasus temen Ane si Jelita, sering cekcok sama mertua karena mereka tinggal satu atap.
Lapor Hansip
18-03-2021 11:07

Jangan Menikah Kalau Tinggalnya Sama Mertua!

Past Hot Thread
Jangan Menikah Kalau Tinggalnya Sama Mertua!
Pict: Pexels

Sebut saja namanya Jelita (bukan nama sesungguhnya), salah satu teman Sekolah Menengah Atas Ane dulu. Sebagai wanita yang karirnya lumayan (Gak wow banget tapi gak jelek juga), dirinya memiliki kehidupan yang aman-aman aja. 

Doi tinggal dan kerja di Ibukota, usia 28 tahun.  

Tapi si Jelita ini, selalu curhat sama Ane di usianya yang hampir kepala 3 belum juga menemukan jodohnya, alias belum juga nikah. Karena ini, sepanjang hari hidupnya diliputi rasa galau.

Banyak jalan yang udah dia lalui untuk mewujudkan keinginannya tersebut, dari bikin akun DatingApp sampai ikut biro jodoh!

Singkat cerita, setelah sekitar setahun melakukan hal tersebut, akhirnya doi menemukan pria yang diyakini bisa menjadi solusinya mengatasi hasratnya tersebut.
Akhirnya Jelita menikah di akhir 2020 lalu.

Padahal sebagai temen yang Ane liat, si Jelita ini terlalu maksa buat nikah. Belum terlalu kenal sama suaminya (boro-boro keluarganya), terkesan terburu-buru, apalagi kalau dilihat suaminya Jelita ini belum mapan secara finansial. Dan biaya nikahpun kebanyakan dari duit Jelita.

Bener aja dong, belum genap 2 bulan menikah, Jelita udah pisah ranjang karena ngerasa gak cocok sama suaminya, apalagi dengan mertuanya. FYI, Jelita memang terpaksa harus tinggal sama mertuanya karena beberapa alasan, salah satunya si suami Jelita yang belum sanggup beli rumah.

Terbaru, katanya doi udah ditalak sama suaminya karena dianggep gak hormat sama ibunya.

Seketika Ane mikir, kok banyak orang ya menyepelekan menikah? Pisah atau bercerai begitu mudahnya, bahkan terjadi gak sampai hitungan tahun!

Melansir Lokadata.id (08/12/2019), pertengkaran dan masalah ekonomi menjadi penyebab utama perceraian di Indonesia. Setidaknya dalam kurun waktu 2016-2018 terjadi 1.1 juta perceraian.

Itu angkanya jutaan Gan! Jutaan sudah tercetak janda baru di Indonesia!
Dalam jumlah tersebut, pertengkaran menyumbang persentase tertinggi yakni 46,6 persen lalu masalah ekonomi mengikuti di 28.2 persen.

Kalau pertengkaran itu sudah jelas karena menemukan banyak ketidakcocokan. Kalau masalah ekonomi, pasti Agan udah paham kenapa.

Menurut Psikolog Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi. M. Si seperti yang dilansir ruangmom (14/4/2020), ia menyarankan agar jangan terburu-buru menikah jika belum memenuhi syarat seperti kemampuan membangun relasi suami-istri yang sehat, persiapan memiliki anak, pengelolaan uang yang baik, serta pengetahuan hukum seputar keluarga dan perkimpoian yang cukup.

Sekarang udah sedikit paham?

Lebih baik siapin dulu mental sama finansial ya Gan sebelum memutuskan menikah. Apalagi belajar dari kasus temen Ane si Jelita, sering cekcok sama mertua karena mereka tinggal satu atap.

Usahain punya rumah dulu, lagian setahu Ane udah gak sulit kok punya rumah sejak ada Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Liat aja perumahan subsidi di kota penyangga Ibukota, cari yang deket stasiun kereta, angsurannya sejutaan dan flat sampai lunas, Ane pikir gak akan sulit, meski penghasilan Agan 4jutaan sebulannya. Salah satunya perumahan subsidi yang lagi viral di Tangerang, Daru Estate, jaraknya hanya 10 menit dari Stasiun Daru.

Karena kalau tinggal sama mertua akan menimbulkan banyak masalah, bahkan bisa menyasar ke kesehatan. Menurut penelitian yang dilakukan Dailymail, wanita bersuami yang tinggal bersama mertua atau bahkan orangtua sendiri memilki resiko terserang penyakit jantung 3 kali lipat! Gookilll.
emoticon-Wow

 

Diubah oleh starkbw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Oom Jayus dan 44 lainnya memberi reputasi
37
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 9
Jangan Menikah Kalau Tinggalnya Sama Mertua!
20-03-2021 17:23
Tergantung sih gan.. kalo bumernya baik pasti bisa akur..
profile-picture
wisudajuni memberi reputasi
1 0
1
Jangan Menikah Kalau Tinggalnya Sama Mertua!
20-03-2021 17:23
Ane ga se rumah aja

Bini sering ngomel

Gara-gara nyokap sering ikut campur

Soal cara mengasuh anak

Pening kepala ane emoticon-Hammer2
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jangan Menikah Kalau Tinggalnya Sama Mertua!
20-03-2021 17:32
Ane liat org yg perantauan tuh pade ngontrak gan, soalnya pendapatan kecil. kecuali kalo ente jadi boss muda, bisa kali sewa perumahan elit sekelas paramount. Kalo kita kita mah ngekos dah yg sebukan sejuta, 3 petak udah cukup menurut ane. Nanti setiap lebaran ya mudik ke mertua. Daripada nyusahin mertua di kampung. Kecuali kalo ente/istri itu anak terakhir, jadi mau jagain mertua yg udah tua bangka.
Sepenuhnya ane serahkan ke ente, silakan cari yg terbaik. Karena ente yg bakal ngejalanin kehidupan ente sendiri
emoticon-thumbsup
Diubah oleh arvinnoer
profile-picture
wisudajuni memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jangan Menikah Kalau Tinggalnya Sama Mertua!
20-03-2021 17:38
Betul ini.. klo bisa tinggal mandiri lebih baik. Tp klo memang belom bisa tinggal dgn mertua jg ga msalah..

Ane laki, skrg tinggal ama mertua alhamdulilah aman. Mertua baik bgt, malah ane dah kaya raja.

Klo mau aman lg segeralah punya anak..
0 0
0
Jangan Menikah Kalau Tinggalnya Sama Mertua!
20-03-2021 17:38
Ah itu bisa jadi karena si Jelitanya yg egonya masih tinggi & blm siap mental berumahtangga emoticon-Big Grin
profile-picture
wisudajuni memberi reputasi
1 0
1
Jangan Menikah Kalau Tinggalnya Sama Mertua!
20-03-2021 17:41
gag bisa dipukul rata lahh setiap orang,
casenya klo ortu atau mertua lu renta gmn??dapt pesan dari almarhum bokap/nyokap gmn??
maunya juga semua gituu..kluar dari rumah,punya kluarga sendiri, sbulan skali jenguk ortu,
profile-picture
viensi memberi reputasi
1 0
1
Jangan Menikah Kalau Tinggalnya Sama Mertua!
20-03-2021 17:42
ane belum ada pikiran sih gimana buat menikah nanti kedepannya, tapi ane mau punya uang yang banyak dulu, dan menikmati hidup sendiri dulu, abis itu baru nikah
0 0
0
Jangan Menikah Kalau Tinggalnya Sama Mertua!
20-03-2021 17:44
Kalo menikah memang harusnya sudah siap mental sikap mesti nya harus lebih dewasa, terus setelah nikah mau tinggal dimana coba dibicarakan baik", kalo tinggal dirumah orang tua dulu ya mau nggak mau ikut aturan yg punya rumah, mau bner bner bebas ya harusnya sih tinggal dirumah sendiri, mau ngangkang kgk pake apa apa juga bebas sambil salto, bner nggak nya ane juga nggak tau wong ane cerita ngasal aj emoticon-Ngakak
profile-picture
arvinnoer memberi reputasi
1 0
1
Jangan Menikah Kalau Tinggalnya Sama Mertua!
20-03-2021 17:49
Apapun akhirnya intinya harus kesepakatan kedua orang si biar gaada yg merasa tertekan
0 0
0
Jangan Menikah Kalau Tinggalnya Sama Mertua!
20-03-2021 17:54
Bini g yg ga mandiri..Salah pilih..Ternyata masih bocah dan nempel sama ortu meski udah beranak 2..Nasib oh nasip
profile-picture
profile-picture
SAP123 dan 77665.123456 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Jangan Menikah Kalau Tinggalnya Sama Mertua!
20-03-2021 17:57
Yang masih hangat kan di sumatera, ada menantu yg ngeracunin mertua nya.
profile-picture
77665.123456 memberi reputasi
1 0
1
Jangan Menikah Kalau Tinggalnya Sama Mertua!
20-03-2021 17:59
Saran gw nih untuk nikah muda , kalau belum punya uang banyak , lebih baik ngontrak aja daripada ambil KPR , sambil ikhtiar menabung. Banyak temen gw pusing bayar cicilan rumah wkwkwkwk
Diubah oleh fachrul999
profile-picture
profile-picture
wisudajuni dan felia17 memberi reputasi
2 0
2
Jangan Menikah Kalau Tinggalnya Sama Mertua!
20-03-2021 18:05
Kalo mertua ente kek bill gate ato jeff bezos ente masih gak mau?
profile-picture
wisudajuni memberi reputasi
1 0
1
Jangan Menikah Kalau Tinggalnya Sama Mertua!
20-03-2021 18:10
problemnya cuman satu kalau dari cerita TS

si perempuan kurang mengenal keluarga si Laki - Laki

0 0
0
Jangan Menikah Kalau Tinggalnya Sama Mertua!
20-03-2021 18:32
Dari cerita aja sih cweknya aja yang salah sudah berumur kepala 3 harusnya berpikir dengan matang, Nafsu sesaat akhirnya kandas ditengah jalan, kalau emang suami nya ngga sanggup memenuhi kebutuhan istrinya harusnya dari awal dia tahu finansial dan latar belakang suami nya sprti apa.. Kalau emang ngga mau hidup susah cari cwok mapan itu pun juga kalau ada yang mau.. Ya kalau cweknya ngga ada akhlak atau attitude nya bagus terhadap mertua nya ceraikan saja buang2 waktu dan uang punya istri macam tuh...
Saya kasih tahu sama TS ngga semua orang memiliki gaji/penghasilan 4 jt'n tergantung dr pendidikan nya... Jangan hanya melihat menengah atas melulu lihat menengah ke bawah...
profile-picture
wisudajuni memberi reputasi
1 0
1
Jangan Menikah Kalau Tinggalnya Sama Mertua!
20-03-2021 18:44
Disarankan beli rumah...

UMK Jogja menyimak emoticon-Belo
profile-picture
profile-picture
dadedarwanto dan wisudajuni memberi reputasi
2 0
2
Jangan Menikah Kalau Tinggalnya Sama Mertua!
20-03-2021 18:50
Bagus dong bisa kena serangan jntng... daripada cuma jd tumbuhan yg merambat di pagar
0 0
0
Jangan Menikah Kalau Tinggalnya Sama Mertua!
20-03-2021 19:02
Nah ini dia nih ! temen ane ada yg nikah sama org yg sama sekali gak dia kenal, katanya sih ta'aruf. Baru kenal 2 minggu langsung lamaran, gatau deh ntar gimana tuh jadinya ...

Bukannya ane menyudutkan ta'aruf atau gimana? cuma itu gak make sense kalo cuma kenal 2 minggu langsung nikah.
0 0
0
Jangan Menikah Kalau Tinggalnya Sama Mertua!
20-03-2021 19:07
Tergantung karakter mertuanya sih emoticon-Big Grin
Ada yang baek juga kok. Malah nyuruh seatap biar ada yang jagain.
profile-picture
wisudajuni memberi reputasi
1 0
1
Jangan Menikah Kalau Tinggalnya Sama Mertua!
20-03-2021 19:09
Kadang ada beberapa org yg mengharuskan tgl sama mertua gan. Sekalian ngurus. Tapi disatu sisi kadang mertua suka masuk ke ranah rmh tangga kita emoticon-Cape deeehhbingung
0 0
0
Halaman 5 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia