agungdar2494Avatar border
TS
agungdar2494
Untuk Keperluan Mahar, Bolehkah Uang Palsu Diperjualbelikan Di Online Shop?




Hallo Agan Sista, Pernahkah GanSist mengalami kesialan, tanpa sadar mendapat uang palsu? Well, kemarin kami baru mengalamin. Dan kami baru ngeh bahwa tuh uang adalah palsu waktu lagi di bank!




Spoiler for uang palsu yang kami temui:




Kasus uang palsu merupakan kasus lama yang tak berkunjung bersudah. Ironisnya, pengedar uang palsu menjadi semakin berani! Tak lagi diam-diam, kini mereka terang-terangan melakukan perdagangan uang palsu, dan lebih gilanya lagi ada loh yang membeli!



Spoiler for penjual upal di IG, membeli = melakukan kejahatan:




Seperti yang dituliskan pada kolom deskripsi "Harga Menentukan Kualitas Bahan" pada postingan akun tersebut, uang palsu yang disebarluaskan di dunia maya betul-betul sangat mirip dengan uang asli yang dicetak oleh PERUM PERURI.

Misalnya saja yang kemarin ane dapati, uang tersebut awalnya merupakan uang hasil penjualan produk perusahaan tempat ane bekerja. Meski telah melalui  pengecekan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) perusahaan, termasuk diperiksa dengan mesin hitung uang yang telah dilengkapi Sinar Ultra Violet, uang tersebut masih bisa lolos dan tidak terdeteksi kepalsuannya! Untungnya, mesin hitung di bank yang memang jauh lebih mahal daripada yang kami miliki, mampu mendeteksi uang palsu tersebut.

Spoiler for dalam seminggu mendapatkan 207 tayangan:



Meninjau dan mempertimbangkan akun instagram pengedar uang palsu yang ane jadikan contoh di thread ini. Akun tersebut merupakan akun yang baru saja dibuat. Postingan pertamanya bahkan baru berusia satu minggu!

Kendati, pengikutnya sudah mencapai 1,891 followers, dengan jumlah followingyang hanya 2. Perbandingan angka ini tentunya menunjukkan, bahwa jumlah followers tidak dipengaruhi faktor #FollowForFollowBack, yang ane ingin sampaikan adalah ada kemungkinan bahwa follower tersebut merupakan orang-orang yang dengan sengaja mem-follow demi kepentingan tertentu.

Dapat kita lihat dalam screenshoot yang ane ambil, meski akun baru namun penayangan pada postingannya mencapai angka 201. Menurut ane jumlah tersebut merupakan jumlah yang menjanjikan bagi akun baru. Semoga saja dari 201 orang yang melihat, tak ada satupun yang tertarik untuk membeli.

Pertanyaan selanjutnya adalah, kenapa akun seperti ini bisa bertahan sampai dengan satu minggu? Apa sesusah itu bagi KOMINFO untuk menutup akun-akun seperti ini, atau memperketat regulasi penyalahgunaan medsos sebagai wadah transaksi jual beli uang palsu.

Spoiler for uang palsu dijual di OLSHOP dengan dalih untuk mahar:

Spoiler for Mahar dari Uang (Palsu atau Asli):


Tak hanya di medsos, peredaran uang palsu seolah juga dilegalkan di OLSHOP-OLSHOP dengan dalih untuk mahar, atau sekedar pajangan!

Secara pribadi, ane sangat tidak mendukung justifikasi satu ini. Bagaimanapun uang palsu tetaplah uang palsu, apapun tujuan diterbitkannya uang tersebut. Lagipula, apa sih urgensi menjadikan "uang" sebagai mahar dalam bentuk pajangan? Mending dipake jajan #eh. emoticon-Hammer2

Apa yang harus dilakukan ketika menerima uang yang diragukan keasliannya?

Spoiler for Berita acara laporan terima uang yang diragukan keasliannya:



Akan sangat baik apabila kita segera mengecek uang tersebut ke bank. Minta form Tanda Terima Uang Yang Diragukan Keasliannya kepada Teller/Customer Service di Bank.

Tak ada penggantian untuk uang yang dinyatakan palsu! Tapi paling tidak, peredaran uang palsu tersebut bisa dihentikan. Rugi memang bagi kita sebagai korban, kalau ane sih anggap aja sedekah daripada dijadikan stress atau bahkan ikut-ikutan menjadi pelaku pengedar uang tersebut, dengan dalih tak mau jadi korban terakhir!

Spoiler for prakata:


Referensi : Opini dan Pengalaman Pribadi

Gambar : Dokumentasi Pribadi, Google, dan Screenshoot

kimha420
Daniswara92
tien212700
tien212700 dan 36 lainnya memberi reputasi
37
8.8K
165
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
KOMPAK (Komunitas Penulis Aktif Kreatif)
KOMPAK (Komunitas Penulis Aktif Kreatif)
421Thread647Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.