s3chamdaniAvatar border
TS
s3chamdani
Manusia Songong Abad Ini, Diapakan ya Manusia Macam itu?
Menghadapi Manusia Sombong


Hai ... Hai ... Reader Kaskus, Jumpa Kembali dengan thread ane. Gansist apa kabar? Semoga tetap sehat dan berbahagia.

Kali ini ane ingin bahas manusia songong yang semakin merajalela. Semakin tua bumi, semakin banyak manusia yang tidak tahu hakikat diri. Tidak sedikit manusia yang semakin membusungkan dada, mendongakkan kepala dan mengabaikan orang lain seenaknya.

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang itu semakin sombong. Bisa jadi karena lingkungan yang membentuknya, ada juga status sosial mengubahnya karena keadaan perekonomiannya semakin membaik, tetapi ada juga yang disebabkan merasa keilmuannya lebih, posisi atau kedudukannya yang semakin mentereng. Tidak jarang juga karena karena polah asuh ataupun bawaan orok.

Penyebab yang melatar belakangi kesongongan seseorang, jika didasari oleh bawaan orok dan pola asuh ini agak sulit merubahnya.

Mungkin bisa berubah jika Tuhan sendiri yang langsung menegurnya. Untuk yang berlatar belakang seperti dua hal terakhir itu cukup do'akan saja. Karena hanya Dialah yang sanggup mengubah manusia semacam itu.

Lalu, seperti apakah gambaran orang-orang songong itu?

1. Merasa Diri Paling Kaya


Biasanya, orang yang merasa dirinya paling kaya, ia akan mengukur segala sesuatu dengan harta dan kekayaan. Ia menyelesaikan masalah dengan uang, ia menghargai orang lain juga karena uang, bahkan bisa jadi keimanan pun akan dibeli dengan uang. Jika ada orang yang seperti itu, bisa dipastikan bahwa panutannya adalah qorun.

Lebih parahnya lagi ia akan berusaha mengundurkan atau mengulur kematiannya pun dengan harta yang dimiliki. Meski itu sebuah kemustahilan.


2. Merasa Diri Paling Terkenal


Umumnya orang yang merasa dirinya paling terkenal, maka dia tidak ingin mengenal. Baginya orang lain tidak terlalu penting. Yang penting ia sudah banyak dikenal oleh orang banyak.


3. Merasa Paling Pintar


Manusia-manusia yang merasa paling pintar, biasanya akan sulit menerima masukan dari orang lain. Selalu merendahkan orang lain dan tidak menganggap orang lain dengan baik. Orang semacam ini sering kali 'bak katak dalam tempurung. Dia tidak mau perubahan lebih besar, tidak mau menerima hal-hal baru.

Cepat atau lambat orang yang memiliki pemikiran sempit seperti ini, mau tidak mau pasti akan tergerus zaman yang selalu berkembang.


4. Merasa Paling Memiliki Kedudukan Tinggi


Orang yang merasa mulia saat ia memiliki kedudukan, patut dipertanyakan, siapa idolanya? Jikalau itu sebagai pola pikirnya, dapat dipastikan bahwa panutannya adalah fir'aun. Raja sombong nan bengis.


Semua manusia di dunia ini diciptakan sama, yang membedakan hanya ketakwaannya saja kepada yang maha kuasa.

Apabila ada orang-orang songong disekitar kita yang menjengkelkan, jika kita bisa merubahnya dengan menasehati, lakukan, tetapi jika tidak sanggup menasihati beri saja pelajaran. Tetapi jika tetap saja tidak sanggup, maka adukan saja kepada yang maha kuasa.

Okey gansis, ini dulu thread ane kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada tambahan, silahkan ditambahkan macam orang songong selain yang telah disebutkan.


Penulis : s3chamdani
Narasi : Oppri
Sumber gbr: google, pinterest, idntimes, dokpri
Diubah oleh s3chamdani 21-03-2021 04:23
Daniswara92
tien212700
nibrasulhaq
nibrasulhaq dan 24 lainnya memberi reputasi
21
8.1K
103
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.