News
Batal
KATEGORI
link has been copied
195
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6051ffa711319062c632ac9b/gaji-rp14-juta-bisa-beli-rumah-dp-rp0-begini-reaksi-anies-saat-ditanya
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini tetap belum memberi penjelasan alasan mengubah kebijakan yang menaikkan batas pendapatan maksimum bagi warga yang melirik rumah DP Rp0 itu dari Rp7 juta menjadi Rp14 juta per bulan.
Lapor Hansip
17-03-2021 20:09

Gaji Rp14 Juta Bisa Beli Rumah DP Rp0, Begini Reaksi Anies Saat Ditanya

Past Hot Thread

Gaji Rp14 Juta Bisa Beli Rumah DP Rp0, Begini Reaksi Anies Saat Ditanya Dok - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) memberikan kunci sebagai simbol serah terima unit Tower Samawa yang menjadi rumah hunian pertama Program Samawa Rumah DP Rp0. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum menjelaskan perihal perubahan kebijakan pemerintah provinsi (pemprov) yang memperbolehkan warga berpenghasilan Rp14 juta memiliki hunian murah dalam Program Rumah DP Rp0 yang sebelumnya dijanjikan pada masa kampanye untuk warga berpenghasilan rendah.

"Nanti ya" kata Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu (17/3/2021).

Meski kembali didesak, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini tetap belum memberi penjelasan alasan mengubah kebijakan yang menaikkan batas pendapatan maksimum bagi warga yang melirik rumah DP Rp0 itu dari Rp7 juta menjadi Rp14 juta per bulan.

"Satu-satu saja dulu ya," katanya.

Baca juga: Wagub DKI Nilai KPK Tak Perlu Periksa Anies Soal Korupsi Lahan Rumah DP Rp0

Pelonggaran peraturan untuk memiliki hunian murah yang dijanjikan itu diketahui setelah keluarnya Keputusan Gubernur (Kepgub) 588 Tahun 2020 tentang Batasan Penghasilan Tertinggi Penerima Manfaat Fasilitas Pembiayaan Perolehan Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah.

Kendati ditandatangani pada Juni 2020, namun Kepgub yang mengubah batasan penghasilan bagi warga untuk memiliki rumah DP Rp0 yang semula diterapkan Rp7 juta kini diubah menjadi Rp14 juta sebulan tersebut, baru ramai dibicarakan beberapa hari ini lantaran juga ramainya berita mengenai kasus korupsi lahan DP Rp0 yang menyeret PPT Sarana Jaya.

Berpatokan pada janji kampanye Anies Baswedan, perubahan peraturan itu membuat sasaran program Rumah Dp Rp0 mulai berubah, sebab ketika warga berpenghasilan di bawah Rp7 juta per bulan tak bisa membeli hunian ini, justru Anies Baswedan memberi akses kepada warga kelas menengah ke atas yang berpenghasilan maksimal Rp14 juta per bulan untuk membeli rumah tersebut.

Di Kepgub 588/2020 itu ada empat kriteria penentuan nilai pendapatan. Pertama, penghasilan tetap bagi berstatus tidak kimpoi yaitu seluruh pendapatan bersih tiap bulan.

Kedua, penghasilan tetap bagi berstatus kimpoi adalah pendapatan bersih gabungan suami dan istri tiap bulan. Ketiga, penghasilan tidak tetap bagi yang berstatus tidak kimpoi berarti pendapatan bersih selama satu tahun.

Baca juga: Kasus Korupsi Program Rumah DP Nol Persen Anies, FDIP DPRD DKI: Sejak Awal Memang Bermasalah

Keempat, penghasilan tidak tetap bagi yang berstatus kimpoi adalah seluruh pendapatan bersih gabungan suami dan istri dalam setahun.

"Itu sudah lama, udah lama, Kepgub berapa, nanti saya infokan. Batasan penghasilan tertinggi penerima program DP0, yang semula Rp7 juta menjadi Rp14,8 juga," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan DKI Jakarta, Sarjoko ketika dikonfirmasi Selasa (16/3).

Sarjoko tidak menampik bahwa perubahan peraturan ini demi memperluas akses masyarakat untuk mendapati hunian ini, termasuk masyarakat yang berpenghasilan Rp7 hingga Rp14 juta per bulan.

"Iya supaya banyak orang yang mengakses ke sana," katanya.


Sumber: https://www.pantau.com/topic/nasiona...s-saat-ditanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 28 lainnya memberi reputasi
25
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 7
Gaji Rp14 Juta Bisa Beli Rumah DP Rp0, Begini Reaksi Anies Saat Ditanya
18-03-2021 16:18
14jt mendng beli apartemen Veni Rose cuk
0 0
0
Gaji Rp14 Juta Bisa Beli Rumah DP Rp0, Begini Reaksi Anies Saat Ditanya
18-03-2021 16:25
Maakanya sandi cepetan ninggalin dia...



Si sandi lebih cerdass. ....
profile-picture
TuanLi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gaji Rp14 Juta Bisa Beli Rumah DP Rp0, Begini Reaksi Anies Saat Ditanya
18-03-2021 16:27
Masih mau milih yang model begini... Ga bisa mempertanggungjawabkan omgongannya.... Ditanya selalu ngeles
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gaji Rp14 Juta Bisa Beli Rumah DP Rp0, Begini Reaksi Anies Saat Ditanya
18-03-2021 16:43
7-14 juta mah bukan kaum miskiners, tapi kaum menengah (ngehe), seharusnya tau diri lah, ambil yg komersil aja gitu.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gaji Rp14 Juta Bisa Beli Rumah DP Rp0, Begini Reaksi Anies Saat Ditanya
18-03-2021 16:55
Anggota TGUPP wajib beli nih...
Buat penglaris...
0 0
0
Gaji Rp14 Juta Bisa Beli Rumah DP Rp0, Begini Reaksi Anies Saat Ditanya
18-03-2021 16:56
0 0
0
Gaji Rp14 Juta Bisa Beli Rumah DP Rp0, Begini Reaksi Anies Saat Ditanya
18-03-2021 16:58
Mampus drun
0 0
0
Gaji Rp14 Juta Bisa Beli Rumah DP Rp0, Begini Reaksi Anies Saat Ditanya
18-03-2021 17:06
Saya suka jawaban bapak, selalu menginspirasi pikiran kami
0 0
0
Gaji Rp14 Juta Bisa Beli Rumah DP Rp0, Begini Reaksi Anies Saat Ditanya
18-03-2021 17:07
Quote:Batasab Penghasilan Tertinggi Penerima Manfaat Fasilitas Pembiayaan Perolehan Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Dengan gaji 14jt perbulan, trus ane yg gaji umk masuk yang mana yee
0 0
0
Gaji Rp14 Juta Bisa Beli Rumah DP Rp0, Begini Reaksi Anies Saat Ditanya
18-03-2021 17:09
emg bener di PermenPUPR dinaikin batasnya jadi 12.3juta untuk kategori Rusun Umum itupun hitungannya DP 10% bukan 0%
aturan dibuat untuk mengurangi resiko gagal bayar

memang sudah seharusnya dinaikin,klo ga malah jadi bom waktu di masa datang

dulu ngotot DP 0% demi suara,ga ngitung kekuatan fiskal daerah
sekarang cicilan naik pemda lepas tangan
profile-picture
TuanLi memberi reputasi
1 0
1
Gaji Rp14 Juta Bisa Beli Rumah DP Rp0, Begini Reaksi Anies Saat Ditanya
18-03-2021 17:29
Laah yg gaji dibawah 14 juta juga pengennya rumah tapak kok bukan rumah susun atau rumah lapisemoticon-Ngakak (S).
0 0
0
Gaji Rp14 Juta Bisa Beli Rumah DP Rp0, Begini Reaksi Anies Saat Ditanya
18-03-2021 17:33
Kejer terus bong.. makin kocak aja ni pak gab emoticon-Leh Uga
0 0
0
Gaji Rp14 Juta Bisa Beli Rumah DP Rp0, Begini Reaksi Anies Saat Ditanya
18-03-2021 17:34
Pasukan surga mana nih suaranya. Tuh kata idola kalian gaji maksimal 14 jutaan buat DP rumah lapis legit. Sanggup tidak? Masa seumur hidup mau tinggal di Petamburan terus. Dikasih solusi tuh sama Wan Abud emoticon-Ngakak
profile-picture
TuanLi memberi reputasi
1 0
1
Gaji Rp14 Juta Bisa Beli Rumah DP Rp0, Begini Reaksi Anies Saat Ditanya
18-03-2021 17:37
poli-tikus katro-kus bahagia warganya
0 0
0
Gaji Rp14 Juta Bisa Beli Rumah DP Rp0, Begini Reaksi Anies Saat Ditanya
18-03-2021 17:41
Emang yg punya gaji 14jt selama ini bikin rumah di bantaran sungai ya?
0 0
0
Gaji Rp14 Juta Bisa Beli Rumah DP Rp0, Begini Reaksi Anies Saat Ditanya
18-03-2021 17:45
Gaji minimal 10 juta aja,org udh bisa ambil perumahan non subsidi,ini 14juta😎😀😂🤣🤭
0 0
0
Gaji Rp14 Juta Bisa Beli Rumah DP Rp0, Begini Reaksi Anies Saat Ditanya
18-03-2021 17:49
Persyaratan yang cukup sulit harusnya 1 orang hanya bisa punya 1 jangan dibolehkan 1 orang punya beberapa unit Kalau dikuasai oleh 1 atau 2 orang bakal berabe nantinya gans
0 0
0
Gaji Rp14 Juta Bisa Beli Rumah DP Rp0, Begini Reaksi Anies Saat Ditanya
18-03-2021 18:07
Wah jawabannya yg singkat padat tapi gak jelas. Padahal publik menunggu penjelasan pak gubernur loh...
0 0
0
Gaji Rp14 Juta Bisa Beli Rumah DP Rp0, Begini Reaksi Anies Saat Ditanya
18-03-2021 18:46
Ya pasti bingung
Orang punya penghasilan min 14jt mana mau beli rusun kek gitu
Makanya ini jd contoh buat calon kepala daerah
Kalo janji jangan kelewat ngaco ky wan abud emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Gaji Rp14 Juta Bisa Beli Rumah DP Rp0, Begini Reaksi Anies Saat Ditanya
18-03-2021 18:49
Gua masih inget saat debat ini buat rakyat miskin yg g mampu beli rumah, sekarang ada orang tolol yg memutar balikan fakta kl rumah ini buat kalangan atas agar bisa mengakses, tolol banget ini, dan opendukungny yg mati2n membela ni tolol
0 0
0
Halaman 6 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia