News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
270
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/605284661dac5568260d0f0d/diminta-tes-swab-sebelum-dirawat-pasien-yang-digigit-ular-kobra-meninggal-dunia
Seorang pasien yang digigit ular kobra meninggal dunia. Istri korban merasa dikecewakan oleh pihak rumah sakit. Ia menilai pihak rumah sakit lambat menangani suaminya yang terkena gigitan ular.
Lapor Hansip
18-03-2021 05:36

Diminta Tes Swab sebelum Dirawat, Pasien yang Digigit Ular Kobra Meninggal Dunia

Past Hot Thread
Diminta Tes Swab sebelum Dirawat, Pasien yang Digigit Ular Kobra Meninggal Dunia

Diminta Tes Swab sebelum Dirawat, Pasien yang Digigit Ular Kobra Meninggal Dunia

TRIBUNNEWS.COM - Seorang pasien yang digigit ular kobra meninggal dunia.

Istri korban merasa dikecewakan oleh pihak rumah sakit.

Ia menilai pihak rumah sakit lambat menangani suaminya yang terkena gigitan ular.

Pasalnya, sebelum dirawat, pihak rumah sakit meminta agar suaminya melakukan tes swab Covid-19.

Korban bernama Mus Mulyadi, warga Desa Pancuran Mas, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang

Ia menghembuskan napas terakhirnya di RSUD Tebing Tinggi, Selasa (16/3/2021) siang.

Mus Mulyadi merupakan pasien RSUD Tebing Tinggi yang digigit ular kobra saat sedang memanen buah petai di kebunnya yang ada di Desa Pancuran Mas, Tebing Tinggi.


Istri almarhum, Sida Sulastri, menyampaikan pihaknya merasa agak dikecewakan oleh pelayanan yang diberikan oleh pihak RSUD Tebing Tinggi karena menilai lambatnya penananganan yang diberikan oleh pihak rumah sakit.

"Begitu mengetahui suami saya digigit ular, kami langsung memberikan pertolongan pertama dengan mengikat tangan kiri beliau agar bisanya tidak cepat memyebar dan membawanya ke rumah sakit."

"Sesampainya di rumah sakit banyak proses yang harus kami ikuti agar suami saya bisa segera diobati," kata Sulastri.

Sulastri mengatakan pihaknya sempat diminta melakukan tes swab Covid-19 dan memilih fasilitas kesehatan oleh pihak RSUD sementara suaminya yang terkena gigitan ular berbisa dalam keadaan darurat membutuhkan pertolongan.

"Saya tidak mengerti mengapa suami saya yang sedang mengalami keadaan darurat terkena gigitan ular kobra harus diwajibkan tes swab dulu."

"Selain itu penanganan jadi tertunda karena kami ditanya untuk menentukan mau umum apa BPJS, saya menjawab pakai apa saja yang penting suami saya bisa ceat sembuh," kata Sulastri dengan raut muka sedih saat ditemui dirumahnya.


Senada dengan pernyataan Sida Sulastri, Veri kakak almarhum juga merasa dirugikan.

Menurutnya saat almarhum tiba di ruang IGD rumah sakit, almarhum tidak segera diberi obat ataupun serum anti bisa ular, akan tetapi disuruh swab Covid-19 dan kemudian diberi infus.

"Saat kami tiba di RSUD kami diminta untuk melakukan swab untuk almarhum, selain itu tidak segera diberi obat anti racun atau bisa malah diberi infus samai habis satu botol lebih", Tutur Veri.

Sementara itu, pihak RSUD Tebing Tinggi melalui Yan Warsah, Kabid Pelayanan mengaku tindakan dan penanganan pihak rumah sakit sudah sesuai dengan prosedur.

Dimana tindakan medis sudah dilakukan sedangkan persyaratan admnistrasi bisa disusulkan belakangan untuk penentuan fasilitas kesehatan.

"Tindakan medis sesuai SOP sudah pihak rumah sakit dilakukan terlebih dulu", ujar Yan.

Yan juga menambahkan obat atau serum anti bisa ular sudah diberikan. Akan tetapi memang kondisi pasien saat masuk IGD sudah parah karena kejadian jam 7 pagi dan baru masuk IGD jam 11 siang.

"Kondisi lengan pasien saat itu sudah membiru karena kejadiannya jam 7 pagi dan tiba di IGD kam 11 siang," kata Yan.

Sumber

Heran pelayanan masa kini....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 37 lainnya memberi reputasi
36
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 9
Diminta Tes Swab sebelum Dirawat, Pasien yang Digigit Ular Kobra Meninggal Dunia
18-03-2021 15:24
Prosedural sih boleh, tapi alangkah baiknya melihat dari tingkat kegawatan dari penyakit yang di derita oleh pasien. Seperti ketika digigit ular berbisa sejenis kobra perlu adanya pertolongan dengan segera agar racun tidak semakin menyebar dan membahayakan pasien.
0 0
0
Diminta Tes Swab sebelum Dirawat, Pasien yang Digigit Ular Kobra Meninggal Dunia
18-03-2021 15:28
Sebenarnya banyak bagian2 dasar dri pertolongan pertama itu harus ditingkatkan di kalangan medis bahkan masyarakat awam gk usah yg wah spt transport udara(helicopter).

Contohnya spt ini, klinik walaupun tdk memiliki alat utk mengekstrak racunnya, minimal memiliki pengetahuan utk mengurangi efek racunnya sembari mencoba menenangkan pasien,kalau tenaga medis aja duluan panik,gimana dgn kondisi psikologis pasien yg kalap?

0 0
0
Diminta Tes Swab sebelum Dirawat, Pasien yang Digigit Ular Kobra Meninggal Dunia
18-03-2021 15:33
Kalo udah kaya gini baru pada geger
Semoga ada sangsi dari kemenkes, biar tau rasa tuh rumah sakit

-timpukin bata gan emoticon-Bata (S)-
profile-picture
wincdma memberi reputasi
0 1
-1
Diminta Tes Swab sebelum Dirawat, Pasien yang Digigit Ular Kobra Meninggal Dunia
18-03-2021 15:50
pengalaman gw terakhir berobat gigi di puskesmas faskes1,

padahal lubang gigi udah makin dalam/besar sampe ada lapisan merah (entah bener itu jaringan pembuluh darah dan syaraf atau bukan) tapi ga terasa sakit, tapi ngilunya luar binasa. (gigi berlubang karena sempet ga sengaja gigit krikil yg mengkristal, gigi graham gw pecah di bagian tengah untungnya, trus ditambal permanen 2016 lalu, akhir 2020 tambalan lepas)

maret 2021 ini malah cuma ditambal sementara, dokternya bilang "kalo ga kenapa2, ya udah". "kalo sakit ke sini lg aja". (sampe skrg ga kerasa sakit)

sebenernya puskesmas ini pusat kesehatan masyarakat atau pusat penyakit masyarakat?

mau ga mau gw bakal keluar jutaan rupiah buat berobat di klinik swasta, mana bpjs gw kelas 1 jarang berobat, entah udah berapa juta rupiah gw kasih uang gw buat negara. rugi anjir emoticon-Hammer2

akhirnya gw downgrade bpjs gw jadi kelas 3. nothing to lose lah. emoticon-Hammer2
Diubah oleh daisukeasakura
0 0
0
Diminta Tes Swab sebelum Dirawat, Pasien yang Digigit Ular Kobra Meninggal Dunia
18-03-2021 16:01
Terlepas dia meninggal krn terlalu lama nunggu swab atau engga

Gw pernah baca laporan kalau di Indonesia ini tingkat penanganan cedera akibat gigitan ular masih sangat tertinggal

Dan dilaporan itu jg disebut kalau tidak semua rumah sakit bahkan yg termasuk rumah sakit besar sekalipun ga semuanya punya anti venom

misal ada pun biasa hanya di rumah sakit pusat aja dan stok sangat terbatas misal yg digigit di tempat lain harus nunggu kiriman pasokan dr RS yg punya

miris nya stok yg dipunya pun kebanyakan yg paling standar karena bbrp ular kaya cobra anti venom nya pun harus khusus

Sangat disayangkan padahal udh jelas Indonesia ini masih banyak alam terbuka nya yg jadi habitat ular
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Diminta Tes Swab sebelum Dirawat, Pasien yang Digigit Ular Kobra Meninggal Dunia
18-03-2021 16:04
Adm dlu baru nyawa....wakanda land
0 0
0
Diminta Tes Swab sebelum Dirawat, Pasien yang Digigit Ular Kobra Meninggal Dunia
18-03-2021 16:09
Ane ga di tkp, skip komen dulu..
0 0
0
Diminta Tes Swab sebelum Dirawat, Pasien yang Digigit Ular Kobra Meninggal Dunia
18-03-2021 16:19
untung ortu ane kemarin pas asma langsung cepat ditangani tanpa pake swab2 segala, pdhl puskesmasnya lagi dilockdown karena ada pegawainya yg positif covid tapi tetep cepat tanggap emoticon-Shakehand2
0 0
0
Diminta Tes Swab sebelum Dirawat, Pasien yang Digigit Ular Kobra Meninggal Dunia
18-03-2021 16:49
wokh ampuh 4 jam kegigit kobra masih hidup emoticon-Matabelo
0 0
0
Diminta Tes Swab sebelum Dirawat, Pasien yang Digigit Ular Kobra Meninggal Dunia
18-03-2021 16:51
Klo daerah Riau dan tebing tinggi bawa ke dokter pribadi dulu.. Paling tidak P3 lebih gercep
Tuh pengalaman ane waktu di gigit Laba-laba Katel
0 0
0
Diminta Tes Swab sebelum Dirawat, Pasien yang Digigit Ular Kobra Meninggal Dunia
18-03-2021 17:02
Pihak rumah sakit harusnya klo situasi udah urgent gini bukannya tetep bisa melakukan pemeriksaan ke pasienya, kan yg penting make hazmat segala macem .. swab bisa sekalian dilakukan tp klo kondisi kek gini jg penanganan ke pasien gak bisa diabaikan.
Dari pihak keluarga jg gitu, udah paham klo digigit ular berbisa. Lah kenapa dr jam 7 baru ke rumah sakit jam 11 aduuuuh
Diubah oleh lubangkaca
0 0
0
Diminta Tes Swab sebelum Dirawat, Pasien yang Digigit Ular Kobra Meninggal Dunia
18-03-2021 17:08
Bokap ane gan udah sakit kritis tapi ga mendapatkan penanganan yg memadai, alasannya musti di rujuk di rs lain untuk swab test besok pagi, akhirnya bokap ane di anggurin di rumah sakitnya ampe besok pagi baru swab test di rs lain, pas di perjalanan ke rs yg mau di rujuk, Bokap ane menghembuskan nafas terakhir di depan rs nya, padahal mah ane cuman minta ditanganin bokap ane karena penyakit Strokenya..
0 0
0
Diminta Tes Swab sebelum Dirawat, Pasien yang Digigit Ular Kobra Meninggal Dunia
18-03-2021 17:25
Sori to say..itulah fakta dilapangan jika kita berurusan dengan rumah sakit didaerah2 yg (mohon maaf) belum berkembang dan dipelosok.

November 2020, ane panas dingin. Kebetulan ane berada dikampung karena ada upacara agama. Ane pikir karena kemaren keujanan makanya badan demam, ya uda ane minum paracetamol doang. Tp berselang 3 jam, panas badan ga turun2 malah tambah mengigil. Akhirnya diputuskan bawa ke RSUD.

Yup bisa dikondisikan kronologi 11 12 ama kejadian diatas. Masuk UGD bukannya langsung disuruh baring dan dicek. Yg ada 1 jam an cuma ditanya2, bla...bla...buntutnya disuruh test covid. Bini suruh test aja, dan secepatnya dilakukan tindakan yg seharusnya. Pala ane uda kliengan plus bawaannya pengen muntah. Isi ditanya2 sesak ga, masih bisa cium ga. Kan kampret. Tinggal ambil test swab doang ribet bener.

Puncaknya setelah hampir 2 jam an ga ada tindakan apapun. Ane bilang ke bini buat ambil mobil, trus cabut ke denpasar ke RS swasta langganan kita.

Banyangin bini yg nyetir, dr daerah bali utara ke bali selatan. Sumpah ane berasa uda ajal deket bgt. Ane muntah sejadi2nya dimbl karena jalanan yg naek turun dan berkelok2.

2,5 jam perjalanan ane sampe denpsar dan lgs masuk UGD. Tanpa babibu pasang infus, dicek darah dll. Pusing mual lgs mereda, 1 jam hasil test darah ane positif DB dan 2 jam hasil swab keluar ane negatif. Dan trombosite ane uda tinggal 23.

Ga kebayang deh ane kalo masih ngendon di RS sana, ga diapa2in cuma ditanya2 doang. Mungkin ane uda tinggal nama doang.

Next kalo agan2 disini jg emang ada urgensi ke RS, ane saranin lgs ke RS yg bonafide sekalian. Kalo ga ada ke RSUP nya atau ke RSAD langsung.

profile-picture
profile-picture
wincdma dan clcyep memberi reputasi
2 0
2
Diminta Tes Swab sebelum Dirawat, Pasien yang Digigit Ular Kobra Meninggal Dunia
18-03-2021 17:30
ini nih yg paling jelek dari indo. terlalu bertuhan pada protokol sampai2 logika ga dipake.
0 0
0
Diminta Tes Swab sebelum Dirawat, Pasien yang Digigit Ular Kobra Meninggal Dunia
18-03-2021 17:31
Reaksi bisa ular lebih cepat dari birokrasi emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Diminta Tes Swab sebelum Dirawat, Pasien yang Digigit Ular Kobra Meninggal Dunia
18-03-2021 17:44
Apes aja kali tuh rumah sakit,
Kegigit jam 7 br di ugd jam 11.
0 0
0
Diminta Tes Swab sebelum Dirawat, Pasien yang Digigit Ular Kobra Meninggal Dunia
18-03-2021 17:52
Biaya berobat itu memang mahal.. kalau datang ke RS swasta yang executive (umumnya selalu ada bagian yg eksekutif dimana bahkan ada spesialis jaga yang standby disana) biasanya lebih cepet penanganannya tapi memang biaya berobat itu kalau sakitnya berat bukan seharga mobil lagi tapi bisa seharga rumah (kalau perlu operasi, ICU, obat2an khusus ekspetaksi bisa 500 jutaan kalau dirawat lama)..

Kalau ke RSUD bpjs bisa diandalkan dan faktanya pelayanannya makin membaik sekarang tapi tentu jangan berharap dengan yang bayar cash langsung.. kalau mau yg bayar cash langsung jangan ke IGD umumnya... saran tanyakan langsung apakah ada bagian pelayanan yang eksekutifnya di RS ini (yg pasti bpjs engga bisa dipake disitu, kelebihannya biasanya ruang rawat insentifnya lebih tersedia) biar ga kecewa karena percuma mau bayar umum tapi ke IGD campuran tentu tetap lama dll..

Ada pengalaman?
0 0
0
Diminta Tes Swab sebelum Dirawat, Pasien yang Digigit Ular Kobra Meninggal Dunia
18-03-2021 18:10
Gua sekeluarga udah kena covid.gua istri w anak w kena semua.tapi bisa sembuh kok.yg penting jgn di pikiriin ama di rasa
0 0
0
Diminta Tes Swab sebelum Dirawat, Pasien yang Digigit Ular Kobra Meninggal Dunia
18-03-2021 18:17
sadness
0 0
0
Diminta Tes Swab sebelum Dirawat, Pasien yang Digigit Ular Kobra Meninggal Dunia
18-03-2021 18:28
Kalo bener harus nunggu tes swab dulu baru ditangani sih menurut ane kurang pas yak. Harus ada pengecualian buat pasien gawat darurat begitu
0 0
0
Halaman 7 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia