banhung2017Avatar border
TS
banhung2017
Rp 400 Juta di Rekening Hilang dalam 49 Detik, Nasabah Lapor ke Polda Sulsel
Makassar - 

Seorang nasabah bank di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sigit Prasetya (31), mengaku kehilangan uang Rp 400 juta di rekeningnya. Dia mengaku uang itu berpindah ke rekening lain hanya 49 detik setelah uang itu disetorkannya ke teller bank. Namun pihak bank menegaskan nasabah tersebut menarik uang dengan bukti transaksi penarikan yang sah dan valid.

Korban mengaku telah melaporkan kejadian tersebut ke Polda Sulsel dengan nomor laporan polisi: LPB/57/II/2020/SPKT Polda Sulsel, tanggal 12 Februari 2020. Dalam laporan itu, tertulis terlapor inisial ZIA, eks karyawan BRI.

Baca jugaemoticon-Big Grinitahan di Sel Wanita, Penikam Selebgram Makassar Sempat Cekcok dengan Tahanan

Polda Sulsel menyebut masih mengecek kembali laporan tersebut. "Kalaupun ada yang tangani, Krimsus. Saya belum dapat laporan terkait hal tersebut," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan kepada detikcom, Rabu (17/3/2021).

Adapun korban, Sigit Prasetya, menceritakan bagaimana kasus ini menimpa dirinya. Dia menyebut kasus tersebut bermula pada 2018 di mana dia ditawari mengikuti sebuah program di Bank BRI Unit Toddopuli, Panakkukang.

"2018 itu saya menabung di salah satu bank, yaitu Bank BRI, oleh ajakan oknum. Karyawan bank itu mengajak saya mengikuti program Simpedes hadiah langsung," kata Sigit saat dimintai konfirmasi terpisah.

Karena tertarik, Sigit mengikuti segala persyaratan yang diperlukan untuk program bank tersebut. Selanjutnya Sigit menyetor uang tunai Rp 400 juta melalui teller bank pada 29 Agustus 2018.

"Saya mengikuti prosedural yang ditetapkan pihak bank. Saya menyerahkan uang ke teller, teller melakukan perhitungan, slip keluar, dan saya tanda tangan," jelas Sigit.

Setelah berjalan program Simpedes tersebut, kata Sigit, dia mengaku menerima hadiah langsung berupa televisi dari bank. Hadiah tersebut diantar langsung ke rumah Sigit.

"Saya mendapatkan hadiah, diantar langsung ke rumah saya. Saya masih ada dokumentasi kok pada saat televisi itu diserahkan ke saya," sebut Sigit.

Setelah satu tahun berjalan, Sigit mengaku akan menarik dana yang telah disetorkannya dengan alasan memiliki kebutuhan. Namun oleh pihak bank menyebut dana itu telah tidak ada.

"Ternyata uang saya sudah tidak ada katanya. Dan lebih heran lagi, kata pihak perbankan, uang itu saya sendiri yang ambil," jelas Sigit.

Akibat pengakuan pihak bank, lanjut Sigit, dia mencoba mencetak rekening koran. Dia ingin mencari bukti atas hilangnya dana yang telah disetorkan.

"Keluarlah hasil rekening koran itu. Ternyata saya sungguh heran dan sangat kaget, uang pada saat tanggal yang sama, nggak sampai 1 menit (tepatnya 49 detik) uang saya ternyata berpindah, itu membuat saya heran dan kaget, loh kok bisa," jelas Sigit.

"Karena 49 detik, Mas (setelah uang Rp 400 juta disetorkan) uang itu sudah berpindah," tegas Sigit.

Sigit mengaku telah meminta penjelasan kepada pihak bank. Sigit juga telah diminta melapor ke kantor cabang bank namun dia mengaku tak menerima respons yang memuaskan.

"Saya menunggu iktikad baik dari pihak bank. Saya bertanya sistemnya seperti apa kok yang saya tidak ada," katanya.

Menurut Sigit, iktikad baik yang ditunggu dari pihak bank tak kunjung datang. Dia kemudian memilih melaporkan kasus ini ke polisi.

"2019 itu tidak ada, makanya saya mengambil upaya hukum karena kita negara hukum kan. Saya saat itu 2020 karena saya menunggu dari 2019 bulan Agustus, saya menunggu iktikad baik, tidak baik iktikad baik, 2020 saya melakukan pelaporan ke Polda Sulawesi Selatan terkait dengan kasus yang menimpa saya," jelas Sigit.

Hingga saat ini, kata Sigit, dia masih menunggu proses hukum berjalan di Polda Sulsel. Dia mengaku belum menerima titik terang secara hukum atas kasus yang menimpanya.

Simak penjelasan BRI di halaman selanjutnya.

Penjelasan BRI

detikcom mengkonfirmasi kasus yang juga viral di media sosial ini ke PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI). Corporate Secretary PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Aestika Oryza Gunarto mengatakan transaksi penarikan sah.

"Bukti transaksi penarikan tersebut lengkap dan ditandatangani oleh yang bersangkutan sehingga transaksi penarikan tersebut sah dan valid," kata Aestika kepada detikcom, Rabu (17/3/2021).

Berikut poin-point penjelasan BRI.

Terkait dengan pemberitaan tersebut dapat kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 29 Agustus 2018, di mana Pelapor (Saudara Sigit) mendatangi Kantor BRI Unit Toddopuli.

2. Pada pukul 14.04.40, yang bersangkutan menyetorkan uang senilai Rp 400 juta, dan pukul 14.05.29 yang bersangkutan melakukan penarikan uang dengan jumlah yang sama. Penarikan dilakukan karena yang bersangkutan melakukan PEMBATALAN transaksi penyetoran tersebut di BRI.

3. Bukti transaksi penarikan tersebut lengkap dan ditandatangani oleh yang bersangkutan sehingga transaksi penarikan tersebut SAH dan VALID.

4. Apabila setelahnya yang bersangkutan secara pribadi menitipkan uang tersebut kepada Saudara Ilman karena faktor kedekatan dan dengan harapan akan mendapatkan keuntungan, hal tersebut di luar kewenangan dan tanggung jawab BRI.

5. Selanjutnya, BRI mengimbau kepada masyarakat untuk menyimpan atau menginvestasikan dananya di lembaga/institusi resmi yang terdaftar dan diawasi OJK.

Sbr


Kok bri ngasih penjelasan nomor 5 seakan2 bri itu bukan lembaga resmi.. haha
aku.orang047
areszzjay
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.6K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.