News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
197
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6051799d10e1e31a1a0c5df1/buruh-ancam-demo-besar-besaran-jika-thr-2021-bisa-dicicil
Asosiasi Serikat Pekerja (Aspek) Indonesia mengancam bakal melakukan aksi besar-besaran jika pemerintah kembali memperbolehkan pengusaha mencicil tunjangan hari raya keagamaan (THR) seperti tahun lalu.
Lapor Hansip
17-03-2021 10:38

Buruh Ancam Demo Besar-besaran Jika THR 2021 Bisa Dicicil

Past Hot Thread
 Buruh Ancam Demo Besar-besaran Jika THR 2021 Bisa Dicicil

Quote:Asosiasi Serikat Pekerja (Aspek) Indonesia mengancam bakal melakukan aksi besar-besaran jika pemerintah kembali memperbolehkan pengusaha mencicil tunjangan hari raya keagamaan (THR) seperti tahun lalu.

Presiden Aspek Mirah Sumirat mengatakan langkah itu diambil karena kebijakan tersebut akan sangat merugikan buruh. Bahkan, hingga saat ini, Mirah mencatat masih banyak perusahaan yang belum menyelesaikan cicilan THR-nya tahun lalu.

"Kami akan aksi besar-besaran. Tentunya dengan protokol kesehatan. Itu yang akan kami lakukan," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (17/3).


Selain aksi besar-besaran, kata Mirah, serikat buruh di berbagai daerah juga akan mengirimkan surat resmi kepada Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) agar opsi penundaan atau pencicilan THR tak diambil.

"Kami akan keluarkan surat-surat resmi ke Kemnaker. Akan kami warning dulu karena akan merugikan, feeling saya akan mengeluarkan keputusan merugikan tidak berbeda dengan tahun lalu," tuturnya.


Menurut Mirah, upaya lebih keras juga akan ditempuh buruh sebab tahun lalu gugatan yang diajukan ke pengadilan terkait kebijakan THR boleh dicicil terbukti tak optimal.

"Kemarin saja belum selesai kita, masih banyak advokasinya sampai kementerian pusat. Ada beberapa kawan yang mangkrak kasusnya di kabupaten/kota setempat. Di pusat saja belum selesai dibayarkan," jelasnya.

Kendati demikian, Mirah masih berharap pemerintah mau membuka ruang dialog terlebih dahulu bersama para buruh. Soalnya, ketentuan pemberian THR sudah diatur secara jelas dalam Undang-undang Ketenagakerjaan.

"Jangan lah keluarkan keputusan ini karena sudah ada aturan di Undang-Undang. Aturan itu artinya Kemenaker jangan lagi membuat turunannya yang justru merugikan apalagi di situasi seperti ini pemerintah harus memperkuat pendapatan para buruh supaya ekonomi bergerak," ucapnya.

Senada, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal juga meminta pemerintah duduk bersama buruh terlebih dahulu sebelum memutuskan kebijakan THR di tahun ini.

Seharusnya, kata dia, Kemnaker juga tak melontarkan wacana yang dapat membuat kegaduhan apalagi terkait kebijakan THR yang sangat dinantikan para buruh. "Sampai sekarang belum ada, pembicaraan dengan kami," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan telah menyiapkan kebijakan THR di masa pemulihan pandemi covid-19 pada tahun ini. Kendati demikian, ia tak menjelaskan lebih lanjut apakah kebijakan tersebut akan sama dengan tahun sebelumnya di mana pengusaha dapat mencicil THR.

"Kami akan menyempurnakan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan dan Permenaker Nomor 7 Tahun 2016 tentang Uang Servis pada Usaha Hotel dan Usaha Restoran di Hotel," kata Ida.

Sementara itu Direktur Pengupahan Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Ditjen PHI JSK) Kemenaker Dinar Titus Jogaswitani mengatakan masih mempelajari situasi perusahaan di dalam negeri.

Jika perusahaan yang terdampak pandemi covid-19 masih banyak, maka bukan tidak mungkin pemerintah menerapkan kebijakan pembayaran THR yang sama seperti 2020 lalu.


Sumber
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...1-bisa-dicicil

Mending jadi ASN saja, THR pasti dapat.

Pengusaha lagi pada susah begini masih saja berulah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 37 lainnya memberi reputasi
34
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 8
Buruh Ancam Demo Besar-besaran Jika THR 2021 Bisa Dicicil
17-03-2021 12:19
Sebagai karyawan swasta gw juga berharap thr full sih. Tp kalau perusahaan ga mampu ya apa boleh buat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antikhilafah dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Buruh Ancam Demo Besar-besaran Jika THR 2021 Bisa Dicicil
17-03-2021 12:21
Hidup pemerintah,ts sama pengusaha ha ha ha...
0 0
0
Buruh Ancam Demo Besar-besaran Jika THR 2021 Bisa Dicicil
17-03-2021 12:21
Pengen ngomong kasar tapi ntar dosa gw makin gede aja, ywdhlah....
0 0
0
Buruh Ancam Demo Besar-besaran Jika THR 2021 Bisa Dicicil
17-03-2021 12:24
Quote:Original Posted By juraganind0
 Buruh Ancam Demo Besar-besaran Jika THR 2021 Bisa Dicicil

Sumber
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...1-bisa-dicicil

Mending jadi ASN saja, THR pasti dapat.

Pengusaha lagi pada susah begini masih saja berulah.


Pecat aja buruh yg ikut demo
0 0
0
Buruh Ancam Demo Besar-besaran Jika THR 2021 Bisa Dicicil
17-03-2021 12:25
Mau cacimaki buruh tapi males
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Buruh Ancam Demo Besar-besaran Jika THR 2021 Bisa Dicicil
17-03-2021 12:25
Gw jadi sedikit paham kenapa banyak yg mindahin pabrik ke jawa (boyolali sekitarnya).
Karena itu, gak banyak yg aneh2.
0 0
0
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Buruh Ancam Demo Besar-besaran Jika THR 2021 Bisa Dicicil
17-03-2021 12:25
emoticon-Leh Uga bayaran dicicil hadeuh akang.. sakit nya tuh di duid nya akang..
profile-picture
chrt26 memberi reputasi
1 0
1
Buruh Ancam Demo Besar-besaran Jika THR 2021 Bisa Dicicil
17-03-2021 12:27
Pake ngancem, kena phk nangis2 nanti emoticon-Leh Uga
profile-picture
pisangkepok008 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Buruh Ancam Demo Besar-besaran Jika THR 2021 Bisa Dicicil
17-03-2021 12:27
Yasudah yang pns kami percaya tentunya sudah ada haknya demikian tidak perlu ada ketakutan terkait THR. Ya semua pasti ada hak dan kewajiban.

Gue yang kerja jadi middle management di manufacturing cuman berharap hak THR tetap diberikan. Ditunda tidak mengapa asalkan haknya tetap diberikan mengingat situasi covid menjadi pertimbangan.
profile-picture
chrt26 memberi reputasi
1 0
1
Buruh Ancam Demo Besar-besaran Jika THR 2021 Bisa Dicicil
17-03-2021 12:28
THR sekarang pemerintah harus ikut campur kalau gak berbahaya, pengusaha kesulitan ngehasilin laba juga kondisinya saat ini dan mereka sebenarnya butuh karyawan juga buat operasional.

Pemerintah harus bisa ngasih subsidi THR.
0 0
0
Buruh Ancam Demo Besar-besaran Jika THR 2021 Bisa Dicicil
17-03-2021 12:28
abis kasi THR full sebagian besar pada ga kerja lagi nanti emoticon-Hammer (S)
napas tiap perusahaan beda2
klo udh kena phk masal demo lagi emoticon-Cape d... (S)
demo rame2 ntar pada kena covid, nyusahin pemerintah lagi emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Buruh Ancam Demo Besar-besaran Jika THR 2021 Bisa Dicicil
17-03-2021 12:28
ini yah orang penghasilan bawah yang punya gaji 14 juta. rupanya mereka pengen dapat thr untuk beli rumah dp 0.


emoticon-Ngacir2
0 0
0
Buruh Ancam Demo Besar-besaran Jika THR 2021 Bisa Dicicil
17-03-2021 12:29
Kalo pengusaha mental nya macam buruh gw yakin pasti akan ada "Pengusaha ancam demo besar2an bila diwajibkan bayar THR"emoticon-Cool
0 0
0
Buruh Ancam Demo Besar-besaran Jika THR 2021 Bisa Dicicil
17-03-2021 12:32
Para BOSS Ancam Demo Besar-besaran Jika THR 2021 Tidak Bisa Dicicil emoticon-Mad
0 0
0
Buruh Ancam Demo Besar-besaran Jika THR 2021 Bisa Dicicil
17-03-2021 12:34
yg kerja kantoran tipenya nerima2 aja g banyak nuntut
buruh nuntut mulu dah malah kendaraannya pada mahal2
emoticon-Hammer2
0 0
0
Buruh Ancam Demo Besar-besaran Jika THR 2021 Bisa Dicicil
17-03-2021 12:35
ini yang ane tunggu²
profile-picture
bagoesss49 memberi reputasi
0 1
-1
Buruh Ancam Demo Besar-besaran Jika THR 2021 Bisa Dicicil
17-03-2021 12:36
Obat dimasa ini
Pemerintah musi kasi injeksi finansial ke perusahaan2 yg lagi kesulitan
Tapi apakah bayar thr termasuk kesulitan

Sbenernya kalo org2 dpt thr dan dia belanjain duitnya itu bagus karena muterin ekonomi

Tapi dimasa ini uang nya datang dari utang pemerintah
Dan rakyat pun marah lagi......
0 0
0
Buruh Ancam Demo Besar-besaran Jika THR 2021 Bisa Dicicil
17-03-2021 12:38
Ya ampun ini beloman lagi ditambah ormas2 yg modal kertas selembar maksa2 thr ke pengusaha emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Buruh Ancam Demo Besar-besaran Jika THR 2021 Bisa Dicicil
17-03-2021 12:41
Jadi pengusaha di negara ini memang sulit ya
emoticon-Ngakak
0 0
0
Buruh Ancam Demo Besar-besaran Jika THR 2021 Bisa Dicicil
17-03-2021 12:42
begini lah klw tikus hama di kasih otak manusia ga berpikir di kata yang lagi susah mereka aja apa 😡😡😡😡🥵🥵🥵🤬🤬🤬🤬 memangny keluarin thr ga pake uang apa dasar buruh bajingan ga punya otak keluarin thr harus d lunasi emangny duit turun dari langit apa dia ga mikir ya keluarin thr itu pake duit bukan pake daun
profile-picture
antikhilafah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 2 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia