News
Batal
KATEGORI
link has been copied
189
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60506c519882d13d95788671/sri-mulyani-was-was-printer-3d-dipakai-buat-senjata-api
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati khawatir mesin pencetak tiga dimensi (printer 3D) yang kian populer dapat membahayakan keselamatan publik. Pasalnya, alat tersebut bisa digunakan untuk memproduksi benda seperti senjata api.
Lapor Hansip
16-03-2021 15:29

Sri Mulyani Was-was Printer 3D Dipakai Buat Senjata Api

Past Hot Thread
 Sri Mulyani Was-was Printer 3D Dipakai Buat Senjata Api

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati khawatir mesin pencetak tiga dimensi (printer 3D) yang kian populer dapat membahayakan keselamatan publik. Pasalnya, alat tersebut bisa digunakan untuk memproduksi benda seperti senjata api.

Untuk itu, menurutnya, perdagangan elektronik perlu diregulasi terutama untuk memudahkan pemerintah melakukan monitoring atas barang diperjualbelikan.

"Teknologi printing 3d, yang belakangan ini semakin populer dan terjangkau oleh masyarakat juga memungkinkan penggunanya untuk memproduksi barang-barang yang berpotensi berbahaya bagi keselamatan publik contohnya senjata api," ujarnya dalam webinar Digital Transformation in Custom, Selasa (16/3).

Risiko terkait pengawasan perdagangan elektronik juga dibutuhkan untuk memitigasi risiko penghindaran pajak, pelanggaran atas hak kekayaan intelektual hingga kejahatan pencucian uang.

"Hal semacam ini juga akan memfasilitasi penghindaran pajak, pelanggaran hak kekayaan intelektual, dan dapat digunakan untuk kejahatan transnasional seperti pencucian uang," imbuhnya.

Meski demikian, Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut mengatakan transaksi perdagangan digital dapat membawa dampak positif bagi Indonesia. Terlebih penetrasi internet di Indonesia mencapai lebih dari 73,7 persen.

Salah satu dampak positifnya adalah potensi besar penerimaan negara dari transaksi digital. Karenanya, pemerintah terus menyesuaikan diri dengan tren baru tersebut salah satunya menerapkan bea masuk atas impor melalui perdagangan digital.

"Alasan terakhir dari pengenaan bea masuk barang digital yang disimpan melalui transmisi elektronik sebenarnya untuk menghindari potensi kerugian bagi pendapatan pemerintah. Seperti banyak dari sekarang yang berubah menjadi ekonomi digital dan transaksi digital, basis pajak konvensional dari ekonomi akan dapat melakukannya," terangnya.

Di sisi lain pemerintah juga dituntut untuk menetapkan aturan yang sama bagi pelaku pedagang digital dan konvensional serta menciptakan regulasi yang efisien dan sederhana agar tidak membebani pelaku usaha.

"Kami harus menyiapkan regulasi agar transaksi menjadi lebih efisien, tetapi pada saat yang sama masih dapat terus membangun lapangan bermain yang adil dan kebijakan yang adil," pungkas Sri Mulyani.



link



"Hal semacam ini juga akan memfasilitasi penghindaran pajak, pelanggaran hak kekayaan intelektual, dan dapat digunakan untuk kejahatan transnasional seperti pencucian uang," imbuhnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 28 lainnya memberi reputasi
25
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 7
Sri Mulyani Was-was Printer 3D Dipakai Buat Senjata Api
17-03-2021 05:47
mirip waktu awal2 scanner dan printer resolusi tinggi.
profile-picture
junnov memberi reputasi
1 0
1
Sri Mulyani Was-was Printer 3D Dipakai Buat Senjata Api
17-03-2021 06:01
bikin boneka xxxxxxxx mblooemoticon-Traveller
0 0
0
Sri Mulyani Was-was Printer 3D Dipakai Buat Senjata Api
17-03-2021 06:16
lah senjata api aja materialnya pasti khusus, karena pasti buat nahan letupan amunisi... tanya aja orang pakistan umkm senjata rakitan, apa mereka buat pake 3d printing wkwkwkwk . apa kabar sm pedagang pedang samurai atau golok yg dijual bebas YG LEBIH NYATA MEMBAHAYAKANemoticon-Wakaka sekalian aja perkakas dapur pokoknya yg runcing2 dilarang wkwkwkwk
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Sri Mulyani Was-was Printer 3D Dipakai Buat Senjata Api
17-03-2021 06:36
Reaksi yg punya mesin bubut
 Sri Mulyani Was-was Printer 3D Dipakai Buat Senjata Api
profile-picture
profile-picture
wen12691 dan husin28 memberi reputasi
2 0
2
Sri Mulyani Was-was Printer 3D Dipakai Buat Senjata Api
17-03-2021 07:11
Yaaa perlu dibuatkan regulasi dulu aja tuh bun
profile-picture
junnov memberi reputasi
1 0
1
Sri Mulyani Was-was Printer 3D Dipakai Buat Senjata Api
17-03-2021 07:15
Kalau bikin senjata beneran pasti bisa, cuma bahannya aja kdg harus dipilih dulu, ga bisa sembarangan juga, dan senjata itu pasti punya panas dan getaran. Toh resin biasa ga bisa digunain, kalau bisa juga sekali tembak meledak emoticon-Hammer2
0 0
0
Sri Mulyani Was-was Printer 3D Dipakai Buat Senjata Api
17-03-2021 07:26
LO LAHIR JUGA BAHAYA
BISA BIKIN KERUSUHAN
profile-picture
junnov memberi reputasi
1 0
1
Sri Mulyani Was-was Printer 3D Dipakai Buat Senjata Api
17-03-2021 07:50
tanpa printer 3d tetep mudah buat senjata api..tinggal nonton youtube aja wkwkwkwke
0 0
0
Sri Mulyani Was-was Printer 3D Dipakai Buat Senjata Api
17-03-2021 07:50
Sama aja seperti pisau, tergantung orangnya mau pakai bjat masak, atau mau buat kejahatan,,..
0 0
0
Sri Mulyani Was-was Printer 3D Dipakai Buat Senjata Api
17-03-2021 08:06
WTF, gw yg tau teknisnya printer 3D hanya bisa ngakak

emoticon-Traveller
Diubah oleh MafTrack
profile-picture
wen12691 memberi reputasi
1 0
1
Sri Mulyani Was-was Printer 3D Dipakai Buat Senjata Api
17-03-2021 08:06
Pengen majakin semuanya nih. Oke lah kalo begituu
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sri Mulyani Was-was Printer 3D Dipakai Buat Senjata Api
17-03-2021 08:07
welcome to the future.. makanya pemerintah juga jangan kayak boomer gagap sama perkembangan zaman, tuh contohnya waktu heboh gojek pas baru2 muncul gimana lamanya pemerintah beradaptasi sampai bisa mengeluarkan peraturan2 yang relevan.. apalagi yang di DPR.. ah sudahlah..
0 0
0
Sri Mulyani Was-was Printer 3D Dipakai Buat Senjata Api
17-03-2021 08:30
sempet2nya bu kpikiran bgitu, kn yg ga kpikiran jd pengen bikin emoticon-Big Grin
0 0
0
Sri Mulyani Was-was Printer 3D Dipakai Buat Senjata Api
17-03-2021 08:33
Bukannya printer 3d itu ngeprint nya pake bahan nilon yak? ada gitu senpi pake plastik? sekali nembak ambrol itu kaga kuat nahan recoil..
0 0
0
Sri Mulyani Was-was Printer 3D Dipakai Buat Senjata Api
17-03-2021 08:46
belum pernah lihat yang printer 3d gitu secara langsung sih, pernah lihat di video tapi buat nya semacam keramik gitu, eh ternyata senpi bisa dibuat juga ya 😱
0 0
0
Sri Mulyani Was-was Printer 3D Dipakai Buat Senjata Api
17-03-2021 08:47
Ujung2nya malak pajak tof
0 0
0
Sri Mulyani Was-was Printer 3D Dipakai Buat Senjata Api
17-03-2021 08:55
ada benarnya ketakutan itu, tapi zaman berkembang, harus cari jalan tengah kalau menurut ane
0 0
0
Sri Mulyani Was-was Printer 3D Dipakai Buat Senjata Api
17-03-2021 09:11
tukang las sama mahasiswa teknik lebih dari mampu untuk membuat senapan api, mesin CNC apa saja bisa. Pakai logam jadi lebih durable. 3D printer yang murah masih pakai plastik.
0 0
0
Sri Mulyani Was-was Printer 3D Dipakai Buat Senjata Api
17-03-2021 09:30
Pembunuh professional pasti butuh utk menghindari metal detector tp biasanya yg sifatnya sekali pakai dan harganya pasti mahal, kalau model2 perampok konvensional, ya palingan nyari tukang bubut utk buat senpi rakitan.
0 0
0
Halaman 5 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia