News
Batal
KATEGORI
link has been copied
630
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/604f15c5c2b5157fe457e1a4/terkait-polemik-quotdewa-kipasquot-grand-master-irene-kharisma-minta-publik-buka-mata
Pecatur putri Indonesia dengan gelar Grand Master, Irene Kharisma Sukandar, meminta publik Tanah Air untuk bijak menyikapi polemik Dewa_Kipas. Dewa_Kipas merupakan nama akun yang dipakai pecatur online Indonesia, Dadang Subur, untuk bermain catur di aplikasi dan situs Chess.com.
Lapor Hansip
15-03-2021 15:07

Terkait Polemik "Dewa Kipas", Grand Master Irene Kharisma Minta Publik Buka Mata

Past Hot Thread
Terkait Polemik "Dewa Kipas", Grand Master Irene Kharisma Minta Publik Buka Mata

KOMPAS.com - Pecatur putri Indonesia dengan gelar Grand Master, Irene Kharisma Sukandar, meminta publik Tanah Air untuk bijak menyikapi polemik Dewa_Kipas.

Dewa_Kipas merupakan nama akun yang dipakai pecatur online Indonesia, Dadang Subur, untuk bermain catur di aplikasi dan situs Chess.com.

Nama Dadang Subur mendadak viral di Indonesia setelah akun Dewa_Kipas ditutup atau diblokir oleh Chess.com pada Selasa (2/3/2021).

Akun Dewa_Kipas diblokir tidak lama setelah Dadang Subur mengalahkan pecatur Amerika Serikat dengan gelar International Master, Levy Rozman, yang menggunakan nama akun GothamChess.

Kronolgi akun Dewa_Kipas diblokir oleh Chess.com kemudian diceritakan oleh putra Dadang Subur, Ali Akbar, melalui akun sosial media pribadinya.

Menurut Ali Akbar, akun Dewa_Kipas diblokir karena dilaporkan oleh para pendukung GothamChess yang tidak terima dengan kemenangan Dadang Subur.

Ali Akbar juga menyebut banyak dari pendukung GothamChess yang menuduh Dadang Subur bermain curang untuk meraih kemenangan.

Selain sebagai pecatur, nama Levy Rozman atau GothamChess memang juga populer di berbagai sosial media seperti Twitter, YouTube, hingga Twicth.

Pertandingan melawan Dewa_Kipas juga disiarkan langsung oleh Levy Rozman melalui Twitch dan disaksikan oleh ribuan penonon.

Menurut Ali Akbar, laporan fans GothamChess adalah penyebab utama mengapa akun Dewa_Kipas diblokir oleh Chess.com.

"Saya tidak terima. Mentang-mentang publik figure (GothamChess) bisa senaknya saja memblokir akun orang," tulis Ali Akbar dalam cerita yang dia unggah di akun sosial media pribadinya.

Cerita Ali Akbar itu kemudian mendadak viral di Indonesia.

Akibatnya, banyak warganet Indonesia langsung menyerang GothamChess maupun Chess.com di dunia maya untuk membela Dadang Subur.

Belum lama ini, Levy Rozman memilih memblokir atau menutup akses penonton dari Indonesia yang ingin menyaksikan video di akun YouTube pribadinya.

Levy Rozman juga membuat akun Twitter dan Instagram pribadinya saat ini menjadi privat setelah polemik laga melawan Dadang Subur terus membesar hingga membuat warganet Indonesia bereaksi keras.

Terkini, Ali Akbar sudah meminta netizen Indonesia untuk menghentikan serangan terhadap Levy Rozman atau GothamChess.

Sebab, Ali Akbar menyebut Levy Rozman sudah meminta maaf secara pribadi maupun mewakili penggemar GothamChess kepada Dadang Subur atas polemik yang terjadi.

Terkait pemblokiran akun Dewa_Kipas, Chess.com sebelumnya sudah memberi klarifikasi.

Chess.com memastikan akun Dewa_Kipas diblokir bukan karena laporan GothamChess atau para penggemarnya.

Namun, akun Dewa_Kipas diblokir karena telah menyalahi aturan yang berlaku di Chess.com.

"Kami tidak pernah memblokir akun berdasarkan jumlah laporan dari GothamChess atau para fans atau kreator lainnya," tulis pernyataan Chess.com.

"Kebijakan yang kami buat selalu berdasarkan tinjauan dari aturan fairplay Chess.com," tulis pernyataan resmi Chess.com.

Polemik Dewa_Kipas atau Dadang Subur semakin membesar ketika pihak PB Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) mengadakan konferensi pers virtual dengan tajuk "Edukasi Catur Daring dan Problematikannya dari Kasus Dewa Kipas" pada Jumat (12/3/2021).

Dalam konferensi pers tersebut, PB Percasi membedah data grafik permainan Dewa_Kipas selama bermain di Chess.com.

PB Percasi menemukan ada kejanggalan dalam grafik permainan dan akurasi langkah Dewa_Kipas terutama pada perode 22 Februari sampai 2 Maret 2021.

Kejanggalan yang dimaksud adalah grafik permainan Dewa_Kipas yang stabil di puncak dengan persentase rata-rata akurasi langkah mencapai 90 sampai 99 persen.

Menurut PB Percasi, data itu tidak normal karena grafik permainan pecatur hebat sekalipun pasti naik turun dengan batas bawah dan atas rata-rata akurasi langkah pasti lebar.

Sebagai perbadingan, PB Percasi juga menjabarkan data milik atlet catur Indonesia seperti Irene Kharisma Sukandar yang memiliki akurasi langkah terendah 45 persen dan tertinggi 95 persen.

Dalam akhir konferensi pers tersebut, PB Percasi juga turut mengomentari pemblokiran akun Dewa_Kipas oleh Chess.com.

PB Percasi menilai keputusan Chess.com untuk memblokir akun Dewa_Kipas pasti dibuat setelah meninjau aturan yang berlaku.

Atas dasar itu, PB Percasi menyayangkan sikap netizen Indonesia yang terus menyerang Chess.com dan Levy Rozman atau GothamChess.

PB Percasi menilai serangan virtual itu secara tidak langsung akan memengaruhi nama baik Indonesia di mata dunia catur internasional.

Hal senada juga diungkapkan Irene Kharisma Sukandar ketika dihubungi KOMPAS.com pada Minggu (14/3/2021) malam WIB.

Sebelum dihubungi KOMPAS.com, Irene Kharisma Sukandar merilis surat terbuka yang ditujukan untuk artis Indonesa, Deddy Corbuzier.

Surat terbuka itu adalah respons Irene Kharisma Sukandar terkait video podcast Deddy Corbuzier dengan bintang tamu Dadang Subur dan anaknya, Ali Akbar, yang tayang pada Sabtu (13/3/2021).

Dalam video podcast itu, Dadang Subur bercerita banyak mengenai pertandingan melawan GothamChess, kehidupan pribadi, hingga bagaimana awal mula dirinya bermain catur.

Video podcast Deddy Corbuzier itu kemudian ditanggapi oleh Irene Kharisma Sukandar melalui surat terbuka.

Irene Kharisma Sukandar mengaku sangat kecewa karena Deddy Corbuzier tidak memberikan informasi secara lengkap terkait polemik Dadang Subur atau Dewa_Kipas.

Ketika dihubungi KOMPAS.com, Irene Kharisma Sukandar menilai polemik Dadang Subur atau Dewa_Kipas ini sangat mengganggu atlet catur Indonesia.

Sebab, publik tidak melihat polemik ini secara menyeluruh seperti bagaimana data permainan Dadang Subur atau penyebab akun Dewa_Kipas diblokir oleh Chess.com.

Irene Kharisma Sukandar sangat kecewa karena netizen Indonesia menyikapi polemik Dadang Subur atau Dewa_Kipas hanya berdasarkan nasionalisme buta.

"Saya ingin menjelaskan bahwa konferensi pers PB Percasi kemarin dibuat bukan untuk menyerang salah satu pihak mana pun."

"Kami hanya ingin memberi edukasi kepada publik apa itu catur online berdasarkan data yang valid. Silahkan publik menyikapi sendiri data tersebut."

"Berdasarkan data dan alogaritma Chess.com, akurasi langkah Dadang Subur tidak normal."

"Saya tidak mengerti mengapa masih banyak publik yang membela bahkan sampai menyerang Chess.com dan GothamChess."

"Ini bukan pertama kali Chess.com memblokir akun yang bermasalah. Jadi, penutupan akun Dadang Subur ini tidak perlu dibesar-besarkan."

"Saya hanya ingin meluruskan. Tolong polemik ini dilihat secara menyeluruh. Jangan dibutakan oleh nasionalisme atau faktor lainnya seperti finansial atau apa pun itu,"

"Reaksi netizen Indonesia sangat berlebihan dan telah mencoreng nama baik catur Tanah Air."

"Mereka telah membunuh Chess.com dan GothamChess. Itu tindakan yang sangat tidak perlu,"

"Mereka tidak memikirkan kami para atlet catur Indonesia."

"Mereka tidak berpikir bagaimana reaksi dunia catur internasional terhadap kami nanti."

"Saya cukup kuat menghadapi tekanan itu karena sudah punya pengalaman."

"Namun, bagaimana dengan masa depan generasi penerus catur Indonesia nantinya?"

"Saya tahu pasti ada reaksi pro dan kontra terhadap surat terbuka dan pernyataan saya ini."

"Namun, apa yang saya katakan benar dan berdasarkan data yang kredibel,"

"Jika ada orang yang mempertanyakan nasionalisme saya, saya sudah membawa nama Indonesia di berbagai Kejuaraan Catur Dunia selama puluhan tahun."

"Jangan pertanyakan nasionalisme saya. Polemik ini tidak perlu dilihat dari kaca mata nasionalisme. Data yang ada sudah ada, dan saya mengacu kepada itu."

Lebih lanjut, Irene Kharisma Sukandar berharap Deddy Corbuzier segera membuat klarifikasi untuk meluruskan polemik Dadang Subur atau Dewa_Kipas agar opini publik tidak melenceng.

Irene Kharisma Sukandar juga berharap institusi terkait seperti Kementrian Pemuda dan Olahraga memanfaatkan momen ini untuk membangun dunia catur Indonesia ke arah yang lebih baik.

Sebab, Irene Kharisma Sukandar menilai catur selama ini dianaktirikan di Indonesia.

"Saya harap Deddy Corbuzier bisa mengklarifikasi kembali untuk mengubah opini publik menjadi lebih baik."

"Saya tahu GothamChess ini sasaran empuk karena statusnya sebagai orang asing. Namun, netizen Indonesia salah sasaran jika menyerang GothamChess."

"Saya ingin polemik ini segera berakhir. Jika Dadang Subur memiliki kemampuan, saya berharap beliau untuk segera menghubungi PB Percasi. Federasi pasti akan memberi respons yang baik."

"Polemik ini menjadi bukti bahwa atensi publik Indonesia terhadap catur sangat tinggi."

"Mari kita bersama-sama membangun dunia catur Indonesia ke arah yang lebih baik."

"Selama ini, saya merasa catur Indonesia dianaktirikan di negeri sendiri."

"Padahal, Indonesia memiliki banyak pecatur muda bertalenta yang akan menjadi masa depan catur Tanah Air."

"Saya harap Pemerintah Indonesia menggunakan momentum ini untuk membangun, mengembangkan, dan memperhatikan olahraga Tanah Air khususnya catur," tulis Irene menutup komentarnya terkait polemik Dadang Subur alias Dewa_Kipas.

sumber

profile-picture
profile-picture
profile-picture
raperinoa dan 48 lainnya memberi reputasi
47
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 11
Terkait Polemik "Dewa Kipas", Grand Master Irene Kharisma Minta Publik Buka Mata
15-03-2021 18:51
NETIZEN INDO = THE FALLEN ANGEL
0 0
0
Terkait Polemik "Dewa Kipas", Grand Master Irene Kharisma Minta Publik Buka Mata
15-03-2021 18:55
auah gelap...dah lupa cara maen caturemoticon-Hammer (S)
0 0
0
Terkait Polemik "Dewa Kipas", Grand Master Irene Kharisma Minta Publik Buka Mata
15-03-2021 19:07
Awal mula pemblokiran setelah dewa kipas mengalahkan gotham. Sehingga seolah-olah ada ketidak puasan terhadap kekalahan dan akhirnya berbuat jahat. Namun akhirnya gotham sudah meminta maaf dan masalah sudah selesai, tapi para buzzer belum berhenti dan masih melakukan serangan-serangan ke akun gotham.
0 0
0
Terkait Polemik "Dewa Kipas", Grand Master Irene Kharisma Minta Publik Buka Mata
15-03-2021 19:13
Bukan nasionalisme buta sih kalo ini, tahu sendiri Indonesia didominasi orang2 tolol emoticon-Ngakak darurat literasi nggak cari2 informasi yang penting bertindak dahulu, komen nyerang orang mikir akibatnya belakangan emoticon-Ngakak bikin nambah buruk Indonesia di internasional, dulu Indonesia dikenal sopan santun menjunjung tinggi adat budaya ketimuran sekarang hancur gara2 manusia2 tolol emoticon-Ngakak
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 17 balasan
Terkait Polemik "Dewa Kipas", Grand Master Irene Kharisma Minta Publik Buka Mata
15-03-2021 19:14
taruhan potong jari juga gua yakin itu dewa kipas pasti curang emoticon-Big Grin

0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Terkait Polemik "Dewa Kipas", Grand Master Irene Kharisma Minta Publik Buka Mata
15-03-2021 19:16
Sini maen ama gw. .. Gw babat emoticon-Cool
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
1 0
1
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Terkait Polemik "Dewa Kipas", Grand Master Irene Kharisma Minta Publik Buka Mata
15-03-2021 19:27
dibiasakan untuk ngeliat cover both side deh, jangan grusa grusu dan bertindak berlebihan.
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Terkait Polemik "Dewa Kipas", Grand Master Irene Kharisma Minta Publik Buka Mata
15-03-2021 19:29
Tinggal diadu ulang,selesai masalah.
profile-picture
selldomba memberi reputasi
1 0
1
Terkait Polemik "Dewa Kipas", Grand Master Irene Kharisma Minta Publik Buka Mata
15-03-2021 19:34
Belom kelar aja nih drama

Orang klo kejar viewers ya mana mikirin edukasi sih... standby aja mbak irene bntar lgi malah anda yg diundang ke podcastnya haha
0 0
0
Terkait Polemik "Dewa Kipas", Grand Master Irene Kharisma Minta Publik Buka Mata
15-03-2021 19:36
Beruntung di awal-awal kasus ini sy komen juga ragu2. Setelah lihat review pertandingan dewa kipas di YouTube, juga histori game di ches.com..bamyak pecatur profesional pada bilang tidak alami..yang Blunder malah potcast Dedy Corbuzier.. mengundang banyak ni..tanpa verifikasi..
0 0
0
Terkait Polemik "Dewa Kipas", Grand Master Irene Kharisma Minta Publik Buka Mata
15-03-2021 19:37
Gue td liat surat terbukanya dia di twitter
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Terkait Polemik "Dewa Kipas", Grand Master Irene Kharisma Minta Publik Buka Mata
15-03-2021 19:39
Ane mah cuna bisa ketawa doang sih.. emang penyakit netijen kita tuh gini dari dulu.. asal nyerang gatau bener salahnya.. hehe sedari berita itu mulai viral ane udah nebak hal beginian pasti terjadi
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Terkait Polemik "Dewa Kipas", Grand Master Irene Kharisma Minta Publik Buka Mata
15-03-2021 19:45
rematch aje tpi di real life tanding nya, mana bisa ngecheat ya gkemoticon-Leh Uga
penonton bisa menilai sendiri
Diubah oleh ik54n54
profile-picture
selldomba memberi reputasi
1 0
1
Terkait Polemik "Dewa Kipas", Grand Master Irene Kharisma Minta Publik Buka Mata
15-03-2021 19:48
dewa kipas ternyata kipasin2 biar di bela netijen ..emoticon-Cape d...
0 0
0
Terkait Polemik "Dewa Kipas", Grand Master Irene Kharisma Minta Publik Buka Mata
15-03-2021 19:49
Netijen +62 dilawan, sungguh AKHLAKLESS emoticon-Cool
0 0
0
Terkait Polemik "Dewa Kipas", Grand Master Irene Kharisma Minta Publik Buka Mata
15-03-2021 19:49
daripada saling klaim paling benar, bacot sana bacot sini ga jelas

mending langsung aja tanding live,

kalo ngukur skill orang pake persentase / rate match mah susah buat dibuktiin... karena situasi bisa aja berubah pas tanding langsung

ga usah tereakin orang nasionalisme buta, atau apapun, intinya udah buktiin tanding langsung dulu biar kebukti mana pure skill mana pure bacot doang
profile-picture
profile-picture
selldomba dan jerrystreamer1 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Terkait Polemik "Dewa Kipas", Grand Master Irene Kharisma Minta Publik Buka Mata
15-03-2021 19:58
Beritanya panjang banget kayak bikin makalah
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Terkait Polemik "Dewa Kipas", Grand Master Irene Kharisma Minta Publik Buka Mata
15-03-2021 20:01
Satu kebohongan menyeret kebohongan yang lain... Dah jujur aja daripada nambah dosa hidup ga tenang
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Terkait Polemik "Dewa Kipas", Grand Master Irene Kharisma Minta Publik Buka Mata
15-03-2021 20:02
Jadi inget kasus anji sama propesor bikin obat korona..
profile-picture
profile-picture
selldomba dan jerrystreamer1 memberi reputasi
2 0
2
Terkait Polemik "Dewa Kipas", Grand Master Irene Kharisma Minta Publik Buka Mata
15-03-2021 20:04
kalau ane liat dari reddit dadangnya sendiri memang gaptek khas generasi boomer indon, jadi sebenarnya mustahil dia main curang, yang paling mungkin anaknya yang generasi millenial dan memang ngerti ngecheat online pakai bot catur yang memang banyak bertebaran di internet, dia yang tanding lawan gotham chess tapi pakai akun bpknya, dia kira gak akan ketahuan tapi nyatanya hasil akurasinya selama bermain banyak diatas 90 %, suatu hal yang bahkan sangat mustahil dicapai pecatur profesional berpengalaman yang sudah banyak makan asam garam di dunia catur sampai menyabet banyak medali, ini yang bikin pihak chess.com mempertimbangkan untuk menutup akun dr bpk subur, karena kemungkinan besar akunnya dipakai nge-cheat oleh anaknya sendiri waktu tanding online lawan si gotham

jadi saran gw mending rematch lagi dan live disaksikan langsung pengamat catur kelas internasional dan gak perlu pakai cheat biar bisa tau kemampuan orang perorangannya tanpa dibumbui nasionalisme buta atau white pride ala negara maju
Diubah oleh jerrystreamer1
profile-picture
selldomba memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Halaman 6 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia