Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
237
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/604a46b68efea4708c256637/lou-ottens-sang-penemu-kaset-itu-telah-tutup-usia-selamat-jalan-sir
Sosok yang berjasa dalam penemuan kaset yaitu seorang pria asal Belanda bernama Lou Ottens. Ia merupakan seorang insiyur yang memiliki andil besar dalam hadirnya sebuah kaset yang dulu sering kita gunakan melalui tape recorder.
Lapor Hansip
11-03-2021 23:35

Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!

gambar

Hai GanSis emoticon-Hai se-Kaskus raya di manapun berada dari Sabang-Merauke gimana kabarnya, nih? Semoga selalu sehat ya dan terus semangat menjalani kehidupan walau di tengah pandemi Covid-19. Aktivitas work from home memang terkadang membosankan ya, rutinitas ini tak terasa sudah satu tahun penuh dijalani. Rindu rasanya hidup normal seperti dulu lagi, saat di mana bepergian tak perlu merasa khawatir, berkumpul bersama teman tak harus merasa was-was.

Zaman memang sudah sangat berbeda, jika dulu kita merasakan sekali bagaimana untuk mendapatkan sebuah informasi perlu usaha yang begitu ekstra. Mencari lowongan kerja mesti melihat dari koran atau langsung datang ke perusahaan. Ingin berkabar dengan seseroang yang kita cintai seperti orangtua, anak, ataupun kekasih harus lewat surat yang perlu waktu untuk menerimanya. Ya begitulah masa-masa saat itu. Kini, semuanya telah berubah ketika dunia tekhnologi datang dengan segala keinstanan dan kemudahan.

Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!

gambar

Bagi GanSis yang hidup di era 90-an pasti masih sangat merasakan betapa indahnya masa tersebut. Di antara sekian banyak nostalgia yang terkenang, tentu GanSis begitu kenal sekali dengan sebuah barang bernama kaset. Ya benda tersebut berjasa dalam menemani kesepian kita saat itu. Sebab untuk mendengarkan musik yang disukai pasti menggunakan kaset, karena di zaman itu belum ada mp3 dan lain-lain seperti saat ini.

Selain masyarakat biasa, rasanya para musisi pun mendapatkan manfaat dari penemua kaset ini. Karena mereka bisa merekam suaranya dengan menggunakan benda tersebut. Lalu siapakah penemu dari kaset dan apa kabarnya sekarang?

Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!

gambar

Sosok yang berjasa dalam penemuan kaset yaitu seorang pria asal Belanda bernama Lou Ottens. Ia merupakan seorang insiyur yang memiliki andil besar dalam hadirnya sebuah kaset yang dulu sering kita gunakan melalui tape recorder.

Lou Ottens mulai mengembangkan idenya pada tahun 1960-an. Saat itu, dirinya berpikir praktis bagaimana agar orang-orang bisa menikmati musik dengan murah meriah dan tentunya tanpa gulungan pita yang besar. Mulailah ia membuat prototipe kaset pita berbahan kayu yang bisa masuk ke sakunya. Kemudian ia pun bekerjasama dengan perusahaan Philips, dan dirinya berusaha mendapatkan lisensi atas idenya tersebut ke produsen lain secara gratis.

Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!

gambar

Tiga tahun berselang, di sebuah pameran elektronik ia memperkenalkan hasil karya ke hadapan publik. Penemuan Lou Ottens kemudian mendunia dan diterima oleh masyarakat dengan begitu antusias. Ketika orang-orang mulai nyaman untuk mendengarkan musik dan tidak lagi terganggu oleh penyiar radio serta iklan.

Selain menciptakan sebuah kaset, ia pun berkontribusi dalam pembuatan kepingan Compact Disk (CD). Dibantu dengan Philips dan Sony, Lou Ottens pun berhasil membuat sebuah karya fenomenal lagi. Tidak hanya membuat kaset dan CD saja, laki-laki bergelar insiyur itu juga menciptakan tape recorder portable.

Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!

gambar

Bakatnya dalam dunia merakit sepertinya sudah terlatih sejak usia belia. Dulu Lous Ottens muda pernah membuat radio sendiri agar keluarganya dapat mendengar siaran Radio Oranje. Sesuatu hal yang jenius bagi seorang remaja di masa dulu. Ia mengakhiri karirnya atau pensiun pada tahun 1986.

Kini, sang penemu itu telah tiada. Ia dikabarkan meninggal pada 6 Maret 2021 di rumahnya Desa Duizel, Belanda dalam usia 94 tahun.

Rest in peace, Sir. Karyamu akan selalu diingat dalam belantika musik dunia. Idemu telah membuat orang-orang merasa nyaman untuk mendengarkan lagu kesukaannya.

Sumber :

Narasi pribadi

1

2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yugeel dan 75 lainnya memberi reputasi
76
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 6
Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!
14-03-2021 17:57
waah turut berduka cita... terima kasih untuk kegembiraan yang ditimbulkan dari kaset pita temuannya emoticon-Turut Berduka
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!
14-03-2021 18:42
Turut berduka cita
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
1 0
1
Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!
14-03-2021 19:00
RIP siremoticon-norose

Jadi ingat kaset pertama yang ane beli adalah MLTR
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
1 0
1
Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!
14-03-2021 19:23
Woah beliau ya yg ciptain kaset.. jadi keinget jaman dulu hal yg bikin kesel kalo pitanya keluar berantakan.. hehehe
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!
14-03-2021 19:24
kaset dan pulpen bersahabat
profile-picture
profile-picture
hvzalf dan el.achmeedy memberi reputasi
2 0
2
Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!
14-03-2021 19:39
Selamat jalan opa, karyamu bakal dikenang terus meski sosokmu telah tiada
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!
14-03-2021 20:49
Tape player pake Polytron..nge bas hbs
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!
14-03-2021 21:13
Lengend nih, dulu ane punya banyak banget kaset nike ardilla, ane tumpuk di rumah saking banyaknya..
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!
14-03-2021 21:25
Selamat jalan Grandpa Lou Ottens .. Sampai skrg ane masih nyimpen kaset2, tapi udah gak bisa diputer lagi krn udah gak ada playernya hehehe.. Jadi inget dulu waktu masih SMP thn 90an suka denger radio Prambors, ada lagu keren di radio langsung beli kaset di toko Duta Suara Sabang.. Sambil cek info Prambors Top 40 yg listnya juga ada di toko itu emoticon-2 Jempol
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!
14-03-2021 21:30
Keinget album simple plan masih pake kaset dan masih ada lirik di bagian kertasnya buat ikutan nyanyi. sekarang klo kek gitu tinggal dengerin spotify.
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!
14-03-2021 22:06
Baru tau sosok penemu kaset. Terima kasih atas karyamu yang penuh kenangan itu emoticon-Matabelo
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!
14-03-2021 23:59
proud of you Mr Lou Ottens. RIP
Diubah oleh bruce12345
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!
15-03-2021 00:03
jadi inget jaman ane kecil sering rekam suara pake kaset untuk kenang2an.. selamat jalan pak emoticon-Turut Berduka
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!
15-03-2021 00:11
Gak ad dia saya gk bisa dengerin lagu2 satria baja hitam n linkin park kayaknya emoticon-Mewek
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!
15-03-2021 02:43
Turut berduka gan emoticon-Berduka (S)
Jadi inget dulu tiap belajar rekaman di taoe sama kalo denger musik dari kaset dibalik2 side A sama side B emoticon-Mewek
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!
15-03-2021 07:14
Penemuan yang menemani masa-masa ane smp dulu gans. Pada jamannya punya kaset lagu dari grup band terkenal sudaah seperti punya harta karun yang berharga gans
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!
15-03-2021 10:10
Selamat jalan tuan 🙏, ciptaan mu akan selalu membakas di semua negara 🙏
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!
15-03-2021 11:54
94 Tahun wow, amazing. Turut berduka cita
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!
15-03-2021 20:13
selamat jalan jasanya akan selalu dikenang, berguna banget soalnya
0 0
0
Lou Ottens Sang Penemu Kaset Itu Telah Tutup Usia, Selamat Jalan, Sir!
15-03-2021 20:26
rest in peace, karyanya abadi 🙌
0 0
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia