mbak.far
TS
mbak.far
Quokka, Satwa Endemik Australia Barat yang Selalu Tersenyum

@living_destinations


Selama ini yang kita tahu Australia memiliki kanguru sebagai satwa endemik.

Australia juga memiliki fauna endemik yang terkenal pemalas, yaitu koala.

Selain kanguru dan koala, Australia ternyata juga memiliki satu fauna endemik lain yang unik, lho, GanSis.

Namanya àdalah Quokka (Setonix brachyurus), hewan paling bahagia di dunia, tidak pernah sedih, tidak pernah menangis.

Begitu bertemu dengan mamalia kecil yang hampir punah ini, GanSis bakal langsung memahami, jika quokka sangat suka tersenyum, ramah, dan mau jika diajak selfie. Muehehe.

Mamalia yang memiliki berat 2,5 hingga 5 Kg dan panjang 40 sampai 54 Cm ini adalah pemakan tumbuhan. Umumnya mereka juga merupakan hewan nokturnal.

Tubuhnya padat, telinga bulat, dan kepala kecil yang lebar. Tampak seperti kanguru kecil, tetapi mampu memanjat pohon kecil dan perdu.

Karena Quokka adalah mamalia, sehingga quokka betina akan mengandung selama sebulan, setelah itu melahirkan bayi yang disebut 'joey'.

Dalam setahun, quokka bisa melahirkan dua kali.

Ingin melihat betapa bahagianya mamalia yang satu ini?

Spoiler for check it out!:


Bagaimana menurut GanSis? Senyumnya sangat menawan, bukan? Dan sangat menggemaskan. So cute.

Mirip kanguru emang, tapi ukuran tubuhnya kecil seperti kucing. Namun, kalau dilihat dari ekornya, kadang lebih mirip tikus berukuran besar.

Quokka, hewan liar yang hidup berdampingan dengan manusia, sehingga sangat jinak. Jadi GanSis tidak perlu kuatir jika ingin mendekati mereka.

Kalau GanSis ingin bertemu langsung dengan satwa, silakan ke Pulau Rottnest (disebut Wadjemup oleh suku Noongar), sebuah pulau berpasir yang terletak di pesisir Australia Barat, sekitar 18 km di sebelah barat Fremantle.


@larkshots

Karena habitat aslinya emang di sana, GanSis. (Fyi, Quokka juga bisa ditemukan di Pulau Bald dekat Albany)

Makanya, pulau yang memiliki luas 19 km2 dengan populasi permanen tercatat sebesar 100 jiwa ini dinamakan Rottnest.

Rottnest awalnya adalah rat nest, dalam bahasa Belanda berarti "sarang tikus", nama yang mengacu pada populasi quokka di pulau ini, sebelum kemudian dikenal dengan nama Rottnest.

Sang pemberi nama pulau tersebut adalah seorang Pelaut Belanda, Willem de Vlamingh, pada tahun 1696. Sejak abad ke-17, pelaut tersebut memang beberapa kali mendarat di pulau itu, saat masih belum dihuni oleh manusia. Dan ia menemukan banyak quokka yang menurutnya mirip tikus.

Habitat asli quokka di Pulau Rottnest, tetapi bukan hanya bertemu quokka, jika ke pulau yang terpisah dari daratan Australia sekitar 7.000 tahun yang lalu akibat kenaikan permukaan laut tersebut, GanSis juga bisa melakukan berbagai macam kegiatan menyenangkan, seperti bersepeda mengelilingi pulau, menginap di glamping sambil menikmati sunset, berburu paus bungkuk, menikmati 82 pantai sembari skydiving, dan lain-lain.

Wah, assique emoticon-Angel


Sejak pendirian Koloni Swan River oleh para pemukim Britania pada tahun 1829, pulau ini telah menjadi tempat didirikannya koloni penjara, instalasi militer dan kamp tawanan untuk musuh asing. Makanya, jangan heran saat ke sana GanSis bakal menemukan banyak bangunan bekas kolonial yang kini banyak dijadikan hotel. Artefak-artefak yang berasal dari masa sekitar 30.000 tahun yang lalu juga ada di pulau ini, lho.

Sudah tidak sabar ingin bertemu Quokka yang menggemaskan?

Silakan GanSis ke Perth, Australia Barat.

Rutenya, dari pusat Perth, lakukan perjalanan menuju Pelabuhan Fremantle. Dari pelabuhan tersebut GanSis auto bisa menyeberang ke Pulau Rottnest selama 30-an menit menggunakan kapal ferry.

Itulah Quokka, mamalia menggemaskan dari Rottnest Island, Australia Barat.

Semoga thread-nya informatif.

Sekian :terimakasih

____o0o___

referensi
yugeelushirotaariemail
ariemail dan 54 lainnya memberi reputasi
55
8.6K
138
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.