amikurniaAvatar border
TS
amikurnia
Jembatan Besi Tertua Di Dunia Ternyata Berada Di Indonesia Lho!
Sumber : Wikipedia


Halo para kaskuser sekalian berjumpa lagi dengan saya agan amikurnia, kali ini kita akan membahas tentang sebuah jembatan, ini bukan jembatan biasa melainkan jembatan besi tertua di dunia.

Menurut definisi jembatan merupakan struktur teknis dibuat bertujuan untuk melewati jurang atau menyebrangi halang rintang seperti sungai, rel kereta api ataupun jalan raya dan sebagainya .

Jembatan bertujuan dan dibangun untuk menyebrangkan para pejalan kaki, kendaraan roda dua, tiga atau roda empat dan kereta api di atas halangan.

Jembatan juga merupakan bagian dari infrastruktur transportasi darat yang sangat vital dan bagian daripada jalan itu sendiri.

Yang saya bahas yaitu tentang jembatan tertua di dunia, ternyata ada di negara kita tercinta tentunya ada di Indonesia. Jembatan ini terletak di daerah Kota Kediri Jawa Timur menyebrangi sungai Brantas.

Namanya adalah Jembatan Lama, Jembatan Lama Kediri diresmikan tanggal 18 Maret 1869. Jembatan ini dirancang Styze Westerbaan Muurling, dan jembatan ini disebut ‘Brug Over den Brantas te Kediri’ artinya yaitu ‘jembatan di atas Brantas di Kediri’ bagian dari jalan raya pos atau groote postweg merupakan jembatan besi pertama di Jawa, dan juga tertua di dunia dan sudah berusia 152 tahun!

Spoiler for Jembatan Lama:
Sumber : Tribunnews.com


Jembatan besi tertua di dunia yang diakui oleh dunia saat ini adalah jembatan Eads yang berada di kota St. Louis, dibangun pada tahun 1874 oleh St. Louis Bridge and Iron Company dan dirancang oleh James B. Eads. Usianya lima tahun lebih muda daripada Jembatan Lama Kediri berusia 148 tahun.

Spoiler for Eads Bridge:


Jembatan lama Kediri selisih terpaut sedikit dengan dengan jembatan Brooklyn, yang dibangun pada 3 Januari 1870, oleh Washington Roebling, sebagai Chief Engineer Jembatan Brooklyn. Pengerjaan fondasi jembatan itu dilakukan di sisi sungai Manhattan dan sungai Brooklyn.

Spoiler for Brooklyn Bridge:


Jembatan Lama sendiri telah ditetapkan sebagai cagar budaya dan ditetapkan oleh Tim Ahli Cagar Budaya Pemprov Jatim pada tanggal 12 Maret 2019, dan ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar pada tanggal 18 Maret 2019, bersamaan dengan peresmian Jembatan Brawijaya Kediri yang berada di sebelah Utara Jembatan Lama.

Sebentar lagi Jembatan Lama akan memasuki usia 152 tahun, dan sekarang jembatan ini sudah tidak dipakai untuk sarana penyebarangan lagi, tetapi masih bisa kita lihat jika kita menyebrangi Jembatan Brawijaya Kediri.

Sumber Referensi : ini, ini, ini


PrinScrup
falin182
uchieqh
uchieqh dan 41 lainnya memberi reputasi
38
10.3K
115
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.