Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
185
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60474c6da9fc62665054ae2f/fakta-ilmiah-10-menit-yang-terjadi-setelah-tidurmu-mulai-nyenyak
Tidak banyak yang mengetahui keberadaan dirinya setelah seseorang telah tertidur lelap. Tentu saja, bagaimana dia tahu karena kesadaran otak, detak jantung dan panca indera kita beristirahat penuh. Hal ini seperti kita bingung menjawab sebuah pertanyaan bagaimana kehidupan masa balita kita. Ya, kita hanya tahu lewat orang lain yakni kedua orang tua atau saudara tertua kita. Namun untuk menjawa
Lapor Hansip
09-03-2021 17:22

Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!

[ HT# 714 ]

Tidak banyak yang mengetahui keberadaan dirinya setelah seseorang telah tertidur lelap. Tentu saja, bagaimana dia tahu karena kesadaran otak, detak jantung dan panca indera kita beristirahat penuh.

Hal ini seperti kita bingung menjawab sebuah pertanyaan bagaimana kehidupan masa balita kita. Ya, kita hanya tahu lewat orang lain yakni kedua orang tua atau saudara tertua kita.

Namun untuk menjawab apa yang terjadi pada tubuh manusia setelah dirinya tertidur lelap dapat diungkap lewat penelitian ilmiah para ahli yang hasilnya cukup mengejutkan.


Pertama

Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!

Disaat kita mulai tertidur lelap otak kita ternyata tidak benar-benar tertidur pula, tapi otak tetap bekerja.

Otak akan memilah dan menyusun ingatan kita ke lokasi yang sesuai layaknya kita sedang men-Defragment hardisk pada komputer. Proses ini nantinya akan mempermudah dan mempercepat  kita mengingat sesuatu di kemudian waktu.


Kedua

Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!

Zat yang telah di bentuk oleh tubuh dalam jumlah kecil ke jaringan tubuh (hormon) akan memposisikan dirinya sesuai pada tempatnya.

Seperti pada Melatonin dari kelenjar Pineal yang mengelola pola tidur kita dimana pada malam kita akan merasa mengantuk dan ketika kita sudah pulas kelenjar Pituitari akan melepaskan hormon yang membantu tubuh memperbaikin dirinya sendiri.


Ketiga

Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!

Saraf simpatik yang berada pada pangkal sumsum tulang belakang di daerah dada dan pinggang yang bertugas mempercepat kerja organ tubuh manusia jadi sedikit lebih rileks.

Berbanding terbalik jika kita kurang tidur maka saraf simpatik akan bekerja meningkat yang akibatnya kita kurang fresh saat beraktifitas karena tekanan darah ikut meningkat.

Pentingnya istirahat sebagai kegiatan alamiah manusia haruslah teratur agar saraf simpatik mampu betugas kembali dalam kondisi prima-nya.


Keempat

Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!

Hormon stress (kadar Kotisol) ikut menurun selama beberapa jam saat pertamakali kita tidur, sebelum kita tersadar untuk bangun.

Pentingnya tidur berkualitas memang sangat dianjurkan agar tubuh dan fikiran segar kembali dan merangsang nafsu makan kita kemudian.


Kelima

Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!

Selayaknya kita tertidur maka otot pun rileks bahkan lumpuh sementara. Ini seperti ingin menujukkan pada kita agar tubuh benar-benar ingin rileks, otak bekonsentrasi pada sistem kompleksnya, namun tetap ada pergerakan pada mata non-cepat non-cepat (NREM) dan tidur gerakan mata cepat (REM) dimana pada REM ini bagian yang berperan mewujudkan mimpi ketika kita tertidur pulas.

Keenam

Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!

Di aktifitas kita sehari-hari pastinya kita merasakan ingin ke toilet, namun disaat kita tertidur hormon Anti Diuretic Hormone (ADH) akan menunda keinginan ini.

Namun bagi sebagian orang kerja ADH benar-benar tidak di rasakan ketika saat terbangun tiba-tiba seseorang mengompol tiba-tiba tanpa harus berfikir untuk pergi ke toilet.


Ketujuh

Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!

Tubuh kita benar-benar mampu memperbaiki dirinya sendiri disaat kita tertidur, itulah pentingnya kita tidur yang berkualitas. Sistem kekebalan tubuh (Sitokin) akan melepaskan sejenis protein kecil yang membantu tubuh kita melawan peradangan, menyembuhkan infeksi, dan trauma.



Nah, sekarang kita sudah tahu kan seperti apa dan bagaimana pentingnya kita tidur secara berkualitas. Jadi mulai sekarang sebaiknya kamu yang suka asal menentukan jam tidur mulailah menyayangi dirimu sendiri, ya.




Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!
Copyright © 2016 - 2019 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : Tkpeh | Img: gugel
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!

Diubah oleh iskrim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
b4perman dan 63 lainnya memberi reputasi
62
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
46.9K Anggota • 909.3K Threads
Halaman 4 dari 5
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!
10-03-2021 22:48
Naah banyak tuh manfaat tidur, jangan sampai kurang tidur emoticon-Big Grin
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!
10-03-2021 23:12
Tidur cukup dan berkualitas penting bgt buat kesehatan. Abis baca thread langsung nguap nih ane emoticon-Matabelo
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!
10-03-2021 23:14
Kalau ane sih tidur dimanapun bermimpi kapanpun
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!
10-03-2021 23:16
nubi suka tidur
berasa ada yg nenenin

eh nemenin
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!
10-03-2021 23:32
Lebih sangat baik lagi kalo tidurnya ber dua, dan sblom tidur melakukan aktifitas, pasti lebih nyenyak.. emoticon-Pelukemoticon-Wakaka
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!
10-03-2021 23:46
yak.. saatnya kembali mencoba tidur sebelum jam 10 malem emoticon-Smilie susah balikinnya bre
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!
10-03-2021 23:49
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!
11-03-2021 01:50
kok ngantuk ya ane bacanya gann emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!
11-03-2021 02:49
Entahlah ane mo komen apa
0 0
0
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!
11-03-2021 03:31
ane tidur 6 jam, baru bangun 6-8 jam udah ngerasa ngantuk lagi. sekalinya ane istirahatin bentar ketiduran 3-4 jam, malamnya nggk bisa tidur. bikin jam tidur nggk teratur
emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape deeehh
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!
11-03-2021 05:16
Untuk org yg terlalu sibuk dg pkerjaan hrus mmperhtikan juga pola istrht nya ya. Agar tbuh tetap fit dan sehat.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!
11-03-2021 06:11
nice trit gan emoticon-2 Jempol btw ane barusan kebangun gara2 mimpi burukemoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
kevinpo12 dan iskrim memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!
11-03-2021 06:25
Quote:Original Posted By summerspirates
Kalau ane sih tidur dimanapun bermimpi kapanpun

Sebuah anugerah gan emoticon-Blue Guy Peace

Quote:Original Posted By reinaldo69600
Lebih sangat baik lagi kalo tidurnya ber dua, dan sblom tidur melakukan aktifitas, pasti lebih nyenyak.. emoticon-Pelukemoticon-Wakaka

Misalnya? emoticon-EEK!

Quote:Original Posted By japarina
yak.. saatnya kembali mencoba tidur sebelum jam 10 malem emoticon-Smilie susah balikinnya bre


Adaptasi dulu, jgn kekenyangan juga emoticon-Blue Guy Peace
0 0
0
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!
11-03-2021 06:27
Quote:Original Posted By Hargo123
ane tidur 6 jam, baru bangun 6-8 jam udah ngerasa ngantuk lagi. sekalinya ane istirahatin bentar ketiduran 3-4 jam, malamnya nggk bisa tidur. bikin jam tidur nggk teratur
emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape deeehh

Harus diniatin tidur teratur Gan... emoticon-Blue Guy Peace

Quote:Original Posted By kenesdw
Untuk org yg terlalu sibuk dg pkerjaan hrus mmperhtikan juga pola istrht nya ya. Agar tbuh tetap fit dan sehat.


Yoyooii..
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!
0 0
0
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!
11-03-2021 07:17
GanKrim pasti tidur 20 jam sehari deh...
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!
11-03-2021 07:40
bagus tidur itu untuk istirahat. asal jangan kebanyakn tidur aja.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!
11-03-2021 07:54
tidur adalag obat ampuh untuk hilangkan stres.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!
11-03-2021 08:46
kalau cape bener tidur 8jam berasa 5 mnit .. emoticon-Hammer (S)
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!
11-03-2021 09:18
Quote:Original Posted By coje
tidur adalag obat ampuh untuk hilangkan stres.


Quote:Original Posted By whycan12345
kalau cape bener tidur 8jam berasa 5 mnit .. emoticon-Hammer (S)


Bener banget gannn emoticon-Shakehand2emoticon-2 Jempol
0 0
0
Fakta Ilmiah, 10 Menit yang Terjadi Setelah Tidurmu Mulai Nyenyak!
11-03-2021 11:18
Wah jadi itu ya yang terjadi selama kita tidur.
0 0
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia