• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Mercedes Benz OH 1626, Sasis Mercedes-Benz Terlaris Di Indonesia

ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Mercedes Benz OH 1626, Sasis Mercedes-Benz Terlaris Di Indonesia
Hai, halo Gansis! Selamat pagi, siang, sore, dan malam bagi Gansis yang lagi baca trit ane. Kali ini, ane bakal bahas seputar Mercedes Benz OH 1626 yang menjadi sasis spaceframe terlaris di Indonesia.


Siapa yang tak pernah naik bus? Pasti Gansis pernah. Pernah gak naik bus dengan sasis OH 1626? Mungkin sebagian dari Gansis pernah, entah naik BRT, atau bus AKAP. 

OH 1626 diluncurkan di Indonesia pada tahun 2012, untuk mengatasi keluhan suspensi dari OH 1525 dan OH 1526 yang menjadi keras, tak seperti OH 1521 yang masih sangat nyaman. Serta, OH 1626 diluncurkan untuk menjawab kebutuhan akan bagasi bus yang semakin banyak.


Sasis ini langsung mendapat respon yang sangat baik dari pengusaha-pengusaha PO bus, sebab memiliki suspensi yang nyaman, bagasi yang luas, dan lain-lain, terutama PO bus di sumatera yang terkenal akan paketnyaemoticon-Big Grin.

Spesifikasi dari sasis ini bisa dilihat dibawah ini Gansis. Spesifikasi dari Mercedes-Benz OH 1626 adalah:

- Transmisi ada 2 pilihan, manual 6 percepatan atau matic 6 percepatan.
- Mesin OM 906 LA Euro III, berkapasitas 6.374cc, bertenaga 260hp dan bertorsi 950nm, drive-by-wire electronic system.
- Suspensi narrow air suspension, GVW 16 ton.
- Sasis spaceframe/modular, dilengkapi power steering.
- Kapasitas tangki solar 300 liter.


Mercedes-Benz OH 1626 pertama diluncurkan pada tahun 2012, diluncurkan dan di-test drive di kawasan Tretes, Jawa Barat (CMIIW ya). 

OH 1626 sebagai sasis dengan narrow air suspension sangat tidak disarankan untuk dipasangkan body SHD Gansis. Sebagai pengganti, kebanyakan karoseri seperti Adiputro, Tentrem, Laksana dan karoseri lain menyediakan body MHD, body yang dibuat khusus untuk OH 1626 ini Gansis. Contohnya seperti Legacy SR2 Transporter, Avante H8, dan lain-lain. 

Sasis ini memiliki teknologi yang cukup advanced Gansis. Sudah drive-by-wire dengan menggunakan ECU, memiliki standar Euro 3 yang kabarnya dalam waktu dekat akan dinaikkan menjadi Euro 4, dan lain-lain.


Perawatan dari sasis ini sih dibilang susah juga enggak, dibilang gampang enggak (apa sih istilahnya?). Sebab, SC Mercedes-Benz belum menyebar secara merata dan mungkin sparepartnya agak mahal plus menggunakan sistem elektrik, tak seperti "Kuler Jahat" yang sangat mudah.

Kapasitas tangki sih tergolong cukup kecil, tapi menurut ane sudah cukup kok. Hanya 300 liter saja Gansis. Jika konsumsi solar adalah 1:3 di jalan lurus yang lengang atau jalan tol, maka OH 1626 ini mampu menempuh 900km tanpa mengisi solar di SPBU, tentu dengan kondisi jalan yang lengang, contohnya jalan tol atau ruas jalan raya Trans Sumatera Jambi-Sumatera Selatan via Lintas Tengah yang kurang lebih lurus dan lengang.

Harga dari sasis ini bervariasi Gansis. Untuk varian M/T, harganya sekitar 0,9 sampai 1,05 milyar rupiah on the road. Untuk varian A/T, harganya lebih tinggi lagi, yaitu sekitar 1,25 milyar off the road. 


Arti kode dari sasis ini adalah, "OH" artinya Omnibus Heckmotor yang kalau diterjemahkan berarti sasis bermesin belakang. "1626" artinya sasis ini memiliki G.V.W 16 ton dan tenaga mesin yang mencapai 260hp.

Ciri khas dari sasis ini adalah bagasinya yang tembus dan sangat luas, gak ada bunyi "kriyet-kriyet", dan overhang belakang yang pendek jika dibandingkan dengan saudaranya yaitu OH 1526.

OH 1626 juga telah di-update bentuk setirnya dan speedometernya, menjadi seperti semua sasis bus Mercedes-Benz edisi terbaru, dengan 4 palang dan speedometer yang sangat modern dengan MID.



Gansis pernah naik bus dengan sasis OH 1626? Yuk dishare di kolom komentaremoticon-Cendol (S). Oh iya, ane sangat berterima kasih jika Gansis mengoreksi informasi di trit ane ini yang salah!

Sumber: 1234
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-Rate 5 Staremoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toast

Diubah oleh ulungrinjani 08-03-2021 08:28
farinamany
n.h3
fergusonredarmy
fergusonredarmy dan 4 lainnya memberi reputasi
5
3.7K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread14.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.