News
Batal
KATEGORI
link has been copied
40
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60480db1088fbc74e62755a1/maruf-amin-bank-muamalat-boleh-sakit-tapi-tak-boleh-mati
JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan masalah di Bank Muamalat harus segera diselesaikan sehingga pelopor bank syariah di Indonesia tersebut dapat kembali beroperasi dengan baik. "Saya mendorong supaya Bank Muamalat segera diselesaikan. Saya pernah bilang bahwa Bank Muamalat itu boleh sakit, tapi tidak boleh mati," kata Ma’ruf Amin dilansir dari Antara, Rabu (9/
Lapor Hansip
10-03-2021 07:07

Ma'ruf Amin: Bank Muamalat Boleh Sakit, Tapi Tak Boleh Mati

 Ma'ruf Amin: Bank Muamalat Boleh Sakit, Tapi Tak Boleh Mati

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan masalah di Bank Muamalat harus segera diselesaikan sehingga pelopor bank syariah di Indonesia tersebut dapat kembali beroperasi dengan baik.

"Saya mendorong supaya Bank Muamalat segera diselesaikan. Saya pernah bilang bahwa Bank Muamalat itu boleh sakit, tapi tidak boleh mati," kata Ma’ruf Amin dilansir dari Antara, Rabu (9/3/2021).

Dia mengatakan eksistensi Bank Muamalat harus dipertahankan mengingat lembaga keuangan syariah tersebut merupakan bank syariah pertama yang dimiliki Indonesia.

"Dia (Bank Muamalat) punya nilai historis, yang memulai munculnya bank syariah itu ialah Bank Muamalat. Jadi dia itu semacam monumental untuk menggerakkan umat. Oleh karena itu, ini harus diselesaikan," ujar dia.

Baca juga: BPKH akan Tanam Rp 3 Triliun di Bank Muamalat

Ketua Umum Badan Pengurus Harian MES, yang juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengatakan pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait pembahasan upaya penyelamatan Bank Muamalat.

"Kami sudah ada kesepakatan-kesepakatan bagaimana penyelamatan Bank Muamalat ini," kata Erick Thohir.

BPKH berencana menyuntikkan modal Rp 3 triliun kepada Bank Muamalat dalam bentuk investasi tier 1 lewat penambahan saham Rp 1 triliun dan investasi tier 2 bernilai Rp 2 triliun.

Dana investasi BPKH tersebut berasal dari pengelolaan dana haji yang pada 2020 meningkat 15 persen dari 2019. Erick mengatakan saat ini rencana penyuntikan modal tersebut masih menunggu tanggapan positif dari OJK.

Baca juga: 5 Skenario Menyehatkan Bank Muamalat

Sebagai informasi, saat ini Bank Muamalat mengalami masalah permodalan yang tak kunjung selesai. Jika permodalan tak kunjung diterima, dikhawatirkan Bank Muamalat akan mengalami masalah yang semakin sulit.

Diberitakan sebelumnya, perusahaan Ilham Habibie akan menjadi penyelamat PT Bank Mualamat Tbk. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan proses penyelamatan Bank Muamalat telah memasuki tahap akhir.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, otoritas telah menyetujui Konsorsium Al Falah menjadi investor penyelamat bank syariah pertama di Indonesia tersebut.

"Calon investor sudah ada, konsorsium Al Falah,” ujar Wimboh di Gedung DPR RI, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tinggal Eksekusi, OJK Restui Ilham Habibie Cs Selamatkan Bank Muamalat

Lebih lanjut Wimboh mengatakan proses eksekusi bisa dilakukan dalam waktu singkat. Sebab, Al Falah tinggal melengkapi persyaratan pemberkasan dan administrasi.

Namun demikian, Wimboh enggan memberikan penjelasan lebih rinci mengenai besaran investasi yang disuntikkan perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Singapura tersebut kepada Muamalat.

"Tinggal eksekusinya. Secepatnya," ujar dia.

Al Falah Investments Pte Limited dimiliki dan didirikan oleh Ilham Akbar Habibie dan CP5 Hold Co 2 Limited yaitu perusahaan investasi yang secara tidak langsung dimiliki 100 persen oleh SSG Capital Management Limited untuk tujuan berinvestasi di Bank Muamalat.

SSG adalah perusahaan pengelola aset alternatif dengan aset kelolaan 5 miliar dollar AS.

Baca juga: Dikabarkan Kredit Macet Capai 40 Persen, Ini Kata Bank Muamalat
Suntikan dana haji

Dikutip dari Kontan, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) berencana untuk menanamkan investasi di PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.

Anggota Badan Pelaksana BPKH (BP BPKH), Iskandar Zulkarnain, mengatakan, proses investasi di Bank Muamalat sesuai dengan Rencana Investasi Tahunan (RIT) yang tertuang dalam Rencana Kerja dan Anggaran (RKAT).

Iskandar menyebut, BPKH akan melakukan investasi dalam bentuk dua hal. Yakni investasi tier 1 melalui penambahan saham dan investasi tier 2 masing-masing senilai Rp 1 triliun dan investasi tier 2 senilai Rp 2 triliun.

"Prosesnya sekarang sudah ada kajian dari lembaga eksternal, sekarang tinggal proses internal di kita. Mudah-mudahan dapat segera kita proses," kata Iskandar.

Iskandar menyebut, setelah proses internal akan ada proses persetujuan Dewan Pengawas BPKH. Tahapan tersebut sesuai perencanaan di RIT dan RKAT. "Jika sudah selesai nanti akan kita laksanakan eksekusinya," terang dia.

link


"Saya mendorong supaya Bank Muamalat segera diselesaikan. Saya pernah bilang bahwa Bank Muamalat itu boleh sakit, tapi tidak boleh mati," kata Ma’ruf Amin dilansir dari Antara, Rabu (9/3/2021).

"Dia (Bank Muamalat) punya nilai historis, yang memulai munculnya bank syariah itu ialah Bank Muamalat. Jadi dia itu semacam monumental untuk menggerakkan umat. Oleh karena itu, ini harus diselesaikan," ujar dia.

BPKH berencana menyuntikkan modal Rp 3 triliun kepada Bank Muamalat dalam bentuk investasi tier 1 lewat penambahan saham Rp 1 triliun dan investasi tier 2 bernilai Rp 2 triliun.

Dana investasi BPKH tersebut berasal dari pengelolaan dana haji yang pada 2020 meningkat 15 persen dari 2019. Erick mengatakan saat ini rencana penyuntikan modal tersebut masih menunggu tanggapan positif dari OJK.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ari.n dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Ma'ruf Amin: Bank Muamalat Boleh Sakit, Tapi Tak Boleh Mati
10-03-2021 07:11
sistem abad ke 7 dipakek buat jaman now

gak perlu jadi paranormal buat tau bakal gagal emoticon-Leh Uga

lah ini lagi perbankan pake syariat

uang kertas aja riba apalagi uang digital yang cumak keluar angkanya di gadget ahahaha emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ridonculous dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ma'ruf Amin: Bank Muamalat Boleh Sakit, Tapi Tak Boleh Mati
10-03-2021 07:18

Malah kewajiban bank muamalat terhadap pada nasabah yang menyimpan duitnya lebih ringan karna ga ngasih bunga spert bank konvensional tapi bagi hasil yang lebih kecil dari bunga.
Tapi mereka bisa ngambil untung seperti bank konvensional ngambil untung.
Klo sampai sakit ya ada apa ?? Apakah susah cari nasabah yang mau nyimpen duitnya karna keuntungan lebih kecil dari yang ditawarkan bank konvensional ??
Atau alasan laen ??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ma'ruf Amin: Bank Muamalat Boleh Sakit, Tapi Tak Boleh Mati
10-03-2021 07:19
Bank muamalat.
kurang beken dan kalah iklan dimasyarakat, ane juga kalo jd saudagar kaya gak ada minat pake jasa tu bank.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ma'ruf Amin: Bank Muamalat Boleh Sakit, Tapi Tak Boleh Mati
10-03-2021 07:20
Asyik dapat stimulus. emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Ma'ruf Amin: Bank Muamalat Boleh Sakit, Tapi Tak Boleh Mati
10-03-2021 07:20
Ini mah salah pngelolaan aja

Bank swasta lain aja udah byk mendirikan bank syariah

profile-picture
profile-picture
profile-picture
ksatriabajaputi dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Ma'ruf Amin: Bank Muamalat Boleh Sakit, Tapi Tak Boleh Mati
10-03-2021 07:26
Mudah mudahan indonesia bangkrut dan bubar emoticon-Smilie

Mudah mudahan islam mandul emoticon-Smilie
profile-picture
petani.syusyu memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf Amin: Bank Muamalat Boleh Sakit, Tapi Tak Boleh Mati
10-03-2021 07:26
Gw selalu bilang
Buktikan aja bhw pake syariah itu lbh baik
Semua bakal ikut pake syariah
Kl blm ada contohnya, atau contoh yg diajukan adalah golden age ratusan tahun lalu ya susah

profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan petani.syusyu memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ma'ruf Amin: Bank Muamalat Boleh Sakit, Tapi Tak Boleh Mati
10-03-2021 07:31
Gimana gk sakit
Kredit jelek larinya kesitu
Udah kualitas debiturnya jelek
"Bunga"-nya jauh lebih gede dr bank konvensional
Makin tambah jelek rating debiturnya 😅
Diubah oleh xrm
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan petani.syusyu memberi reputasi
2 0
2
Ma'ruf Amin: Bank Muamalat Boleh Sakit, Tapi Tak Boleh Mati
10-03-2021 07:33
wkwkwk dah masuk daftar too big too fail rupanyaemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ma'ruf Amin: Bank Muamalat Boleh Sakit, Tapi Tak Boleh Mati
10-03-2021 07:42
Bakalan dapet suntikan dana kah ?

emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan petani.syusyu memberi reputasi
2 0
2
Ma'ruf Amin: Bank Muamalat Boleh Sakit, Tapi Tak Boleh Mati
10-03-2021 08:01
Ada baiknya Bank Muamalat bikin cryptocurrency sendiri. Muamalat Coin emoticon-Big Grin

Dipromosikan gencar dengan cara kekinian lewat youtube, FB, Twitter, IG, dll. Dibuat proyek bisnisnya dengan cara-cara keren kekinian.

Rencanakan saat ICO mau terbitkan berapa coin/token dengan harga berapa. Kalau digarap serius pasti bisa dapat dana segar buat survive lewat ICO. Sekarang Makin mudah sebab tinggal ajukan saja proposal ke Indodax, tokocrypto, rekeningku, dll. Koin receh gorengan prospek gaje aja banyak yang laku di bursa crypto, apalagi kalau prospeknya jelas pasti lebih laku. Apalagi kalau bawa-bawa religi emoticon-Ngakak (S)

Jangan lupa harus gencar kerjasama dengan banyak perusahaan-perusahaan besar. Lewat Gopay, OVO, syukur kalau bisa nembus BRI, Mandiri, dan bank-bank lain buat accept Muamalat Coin.

Kasih laporan progress proyek tiap saat buat tanggung jawab kepada investor (pemegang Muamalat Coin).

Jangan lupa kalau proyeknya sudah menghasilkan profit, lakukan buyback sekian koin supaya investor happy karena harga koinnya pasti melonjak. Atau bikin voucher menggiurkan yang bisa ditukarkan dengan koin

emoticon-Cool

profile-picture
profile-picture
profile-picture
salvation101 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ma'ruf Amin: Bank Muamalat Boleh Sakit, Tapi Tak Boleh Mati
10-03-2021 08:05
Bank Mualamat itu cuma sekedar bank swasta yang sahamnya mayoritas dikuasai investor asing, jadi jangan sampai ada uang pajak yang digunakan untuk menolong, hanya karena sentimen agama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ma'ruf Amin: Bank Muamalat Boleh Sakit, Tapi Tak Boleh Mati
10-03-2021 08:22
Kalo sakit permanen, lebih baik matiin aja. Dipertahankan cuma ngabisin duit

profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan petani.syusyu memberi reputasi
2 0
2
Ma'ruf Amin: Bank Muamalat Boleh Sakit, Tapi Tak Boleh Mati
10-03-2021 08:31
BPKH itu duit umat.. emoticon-Mad (S)

Masa malah mau buat invest d bank gagal.. Kalo duitnya ga balik trus negara yg nombokin gitu??.. emoticon-Malu (S)

Lagipula negara dah punya Bank Syariah sendiri.. Ngapain malah ngurusin bank punya orang??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ma'ruf Amin: Bank Muamalat Boleh Sakit, Tapi Tak Boleh Mati
10-03-2021 08:33
Kalo sampe mati jadi aib untuk sistem syariah......
0 0
0
Ma'ruf Amin: Bank Muamalat Boleh Sakit, Tapi Tak Boleh Mati
10-03-2021 08:44
Boleh rugi tp jgn bangkrut gt ya emoticon-Matabelo
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf Amin: Bank Muamalat Boleh Sakit, Tapi Tak Boleh Mati
10-03-2021 09:01
Hati2 dengan janji Muamalat


Marketing menginformasikan kalau terjadi percepatan pelunasan sebelum masa 15 tahun tidak akan dikenakan penalti. Nasabah hanya perlu membayar pokok tanpa bagi hasil yang sudah dibebankan kepada nasabah dan diperhitungkan sejak awal akad kredit. Terlebih bila sudah diatas 5 tahun, hanya bayar pokoknya saja.

Namun saat saya melakukan pelunasan dipercepat, ternyata dikenakan biaya 5 kali margin (5 bulan) sejak tanggal pelunasan. Padahal pelunasam sudah di atas 5 tahun sesuai perjanjian di awal.

https://news.detik.com/suara-pembaca/d-4056246/tak-sesuai-perjanjian-lunas-dipercepat-kpr-muamalat-kena-penalti
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf Amin: Bank Muamalat Boleh Sakit, Tapi Tak Boleh Mati
10-03-2021 11:36
Sustem yang seolah2 baik buat semua pihak malah dimanfaatin ga baik sama banyak orang...ya kenceng NPL nya
0 0
0
Ma'ruf Amin: Bank Muamalat Boleh Sakit, Tapi Tak Boleh Mati
10-03-2021 11:46
sudah lah , memang nama nya syariah itu system sudah kadaluarsa , dan memang gak bisa berkembang di era sekarang. Mending jualan dirham emas saja , sapa tahu laku emoticon-Ngacir
0 0
0
Ma'ruf Amin: Bank Muamalat Boleh Sakit, Tapi Tak Boleh Mati
10-03-2021 19:48
Gembok,,,
emoticon-Cool
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia