• Beranda
  • ...
  • Sports
  • Terpendek di Dunia, Kompetisi Sepakbola di Greenland Hanya 7 Hari

GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Terpendek di Dunia, Kompetisi Sepakbola di Greenland Hanya 7 Hari

Selama ini yang kita tau, durasi satu musim kompetisi sepakbola dunia itu sekitar 8 bulanan. Itu pun pertandingan hanya dilakukan pada akhir pekan atau tengah pekan. Dan terkadang juga ada libur jeda internasional dan libur musim dingin (kecuali Premier League...emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin).


Durasi 8 bulan tersebut ternyata gak bisa diterapin di Greenland GanSis. Negara otonom kerajaan Denmark ini gak mungkin untuk menggelar liga atau kompetisi sepakbola dengan durasi sepanjang itu. Kondisi alam mereka sangat tidak mendukung untuk melakukan itu.

Tapi meskipun dibatasi oleh alam, penduduk disana tetap menggelar kompetisi sepakbola. Karena kondisi alam yang gak mendukung, durasi kompetisinya di bikin sangat pendek GanSis. Liga atau kompetisi sepakbola disana hanya dilakukan selama 7 hari selama setahun.


Penduduk sana memberi nama Gronlandsbanken Final 6 untuk kompetisi tersebut. Karena hanya berlangsung selama seminggu, kompetisi ini dinobatkan sebagai kompetisi terpendek di dunia.

Gronlandsbanken Final 6 bukan pertama kali atau baru – baru ini aja digelar, tapi kompetisi ini udah berjalan sejak tahun 1971. Setiap tahunnya para pemain sepakbola Greenland akan berkumpul untuk ikut serta di kompetisi tersebut. Sekitar 5.000 warga atau 10 persen dari total penduduk Greenland ikut serta dalam kompetisi ini.

Emang seperti apa sih kondisi alam di Greenland?

Dari informasi yang Ane baca GanSis, kondisi alam di Greenland itu memang berbeda jauh dari kondisi negara lain pada umumnya. Hanya sekitar 20% dari tanah Greenland yang layak huni GanSis, selebihnya ditutupi oleh salju. Ketebalan saljunya tuh gak tanggung – tanggung GanSis, bisa mencapai 3 kilometer.


Nah, lapangan bola yang mereka miliki akan tertutup salju selama 9 bulan GanSis. Diluar waktu 9 bulan itulah salju di lapangan mulai berkurang dan bisa digunakan untuk bermain sepakbola. Gak cukup sampai disitu GanSis, di Greenland daerah berumputnya sangat sedikit, sehingga lapangan bola disana kebanyakan tanah berbatu.

Gronlandsbanken Final 6

Qeqertarsuaq, sebuah tempat di Pulau Disko, Greenland, menjadi tempat favorit untuk menggelar Gronlandsbanken Final 6. Ada delapan tim yang bersaing di kompetisi terpendek tersebut GanSis. Kedelapan tim ini sebelumya telah memenangkan kualifikasi regional yang biasanya digelar pada bulan Juli.


Menariknya GanSis, disamping lapangan tempat kompetisi ini digelar terdapat gunung es. Selain itu, disekitar lapangan juga bakalan terlihat ikan paus keluar masuk air. Kalau liat gambarnya, sekilas mungkin ada unsur keindahan disana, tapi kalau dipikir – pikir lagi, sebenarnya cukup serem kondisi disana. Tapi mungkin bagi mereka itu udah biasa.

Kondisi lapangan

Lapangan tanah berbatu menjadi panggung pemain untuk memperebutkan gelar. Banyak pemain yang luka dan patah kaki ketika bermain di lapangan tersebut. Kondisi seperti ini tentunya sangat tidak diinginkan oleh pemain.

Tapi Warga Greenland gak mau pasrah begitu saja dengan kondisi alam mereka. Karena kecintaan mereka dengan sepakbola, penduduk Greenland berupaya untuk memajukan olahraga tersebut.


Saat ini lapangan yang awalnya tanah berbatu, kini sudah dibikin menjadi lapangan dengan rumput buatan. Bahkan di tahun 2021 yang awalnya ditargetkan bikin enam lapangan buatan, sekarang malah sudah ada 11 atau 12 lapangan. Emang gila bola kayaknya orang sana GanSis. Kabarnya federasi sepakbola Greenland bakalan mendapat status resmi dari FIFA GanSis.

Gimana tanggapannya GanSis dengan kondisi sepakbola Greenland?

Kalau menurut Ane, warga disana kayaknya emang gila bola. Meskipun dengan keterbatasan, pelan – pelan mereka mebangun sepakbola mereka.



gamingear
doobey
doobey dan gamingear memberi reputasi
2
1.7K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
Sports
icon
22.9KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.