News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
225
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/604770ef96bef5431109468a/ksad-sebut-eks-atlet-voli-perempuan-aprilia-manganang-pria-bukan-transgender
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menggelar konferensi pers terkait ramai perbincangan mengenai eks atlet voli perempuan Sersan Dua (Serda) Aprilia Manganang. Andika menegaskan Serda Manganang lahir sebagai laki-laki dengan kelainan hipospadia.
Lapor Hansip
09-03-2021 19:58

KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender

Past Hot Thread
KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender

Quote:
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menggelar konferensi pers terkait ramai perbincangan mengenai eks atlet voli perempuan Sersan Dua (Serda) Aprilia Manganang. Andika menegaskan Serda Manganang lahir sebagai laki-laki dengan kelainan hipospadia.

"Sersan Manganang ini bukan transgender, bukan juga interseks. Tidak masuk dalam kategori itu semua. Saya tahu definisinya dan tim dokter pun tahu semua definisinya. Karena memang kelainan yang dialami adalah hipospadia. Jadi selalu kembalikan ke situ,"
kata Jenderal Andika di Mabes AD, Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021).

Andika menjelaskan Manganang lahir sebagai laki-laki dengan kelainan hipospadia. TNI AD dalam hal ini membantu Manganang dalam corrective surgery sebanyak dua kali. Saat ini, Manganang sudah menjalani operasi tahap pertama dan masih recovery di RSPAD, Jakarta.

"Operasi ini yang saya katakan tadi adalah corrective surgery itu istilahnya atau operasi korektif. Jadi tidak ada pergantian kelamin yang bukan administrasi tadi. Kalau tadi yang akan kita urus ke Pengadilan Negeri Tondano tadi kan administrasi kependudukannya. Tetapi Manganang adalah laki-laki dan tidak ada pergantian secara fisik yang mungkin tadinya dari organ-organ kelamin wanita menjadi pria. Itulah penegasan saya," tegasnya.

KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender

Setelah seluruh operasi beres, Andika mengatakan Manganang akan tetap menjadi prajurit TNI AD dan masuk bintara di komunitas ajudan jenderal. Nantinya, TNI AD akan membantu seluruh proses administrasi yang dibutuhkan Manganang.

"Bagaimana selanjutnya? Selanjutnya Manganang begitu masuk jajaran TNI AD dia menjadi bintara di komunitas ajudan jenderal. Saya akan dengan kondisi ini, maka saya dengan staf akan melakukan evaluasi untuk memberikan tugas yang lebih pas. Kemungkinan besar kita akan tempatnya di perbekalan dan angkutan atau kesehatan tergantung passion-nya Manganang lebih besar di mana," ungkap Andika.

"Direktur Hukum AD Brigjen Tetty sudah siapkan seluruh dokumen-dokumen untuk membantu Sersan Manganang untuk mendapatkan apa yang diinginkan, yaitu kita penuhi syarat-syarat yang ada pada UU 23/2006 tentang administrasi kependudukan dan kita akan ikuti prosedur itu sehingga kita berharap PN Tondano akan memberikan dan menetapkan perubahan nama dari nama sebelumnya kepada nama yang akan dipilih Sersan Manganang dan orang tuanya dan juga perubahan status jenis kelamin sesuai pasal 56 dari UU 23 itu," tambahnya.

Sumber Berita


KSAD Ungkap Rekrutmen Aprilia Manganang ke TNI hingga Hasil Tes Buktikan Pria

Quote:
KSAD Jenderal Andika Perkasa menceritakan awal bergabungnya Serda Aprilia Manganang menjadi prajurit TNI AD. Andika merasa ikut bertanggung jawab atas peristiwa yang dialami Manganang.

Andika menjelaskan Aprilia Manganang direkrut sebagai anggota TNI AD lewat rekrutmen khusus bintara yang berprestasi pada 2016. Andika mengatakan pemeriksaan medis saat itu memang tidak lengkap.

"Berdasarkan pemeriksaan medis memang sejak dilahirkan Lanang adalah laki-laki, tapi kan tahunya setelah kemarin tanggal 3 Februari. Pemeriksaan kesehatan memang saat itu 2016 ada program khusus AD merekrut mereka-mereka yang punya prestasi, dan AD waktu itu memutuskan menerima. Lagi-lagi saat itu pemeriksaan memang tidak dilakukan selengkap yang kami gelar minggu lalu. Itulah jawaban saya. Oleh karena itu, saya sebagai pimpinan AD saat ini merasa bertanggung jawab untuk membantu dia mendapatkan apa yang seharusnya ditakdirkan pada saat dia dilahirkan," kata Jenderal Andika di Mabes AD, Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021).

Andika menjelaskan Aprilia Manganang awalnya ditempatkan di Bandung pada 2016 dan seterusnya sejak 2018 bertugas di Kodam Manado. Andika menceritakan bahwa Manganang merupakan sosok prajurit yang disiplin.

"Sejak dia lulus 2016 dia ditempatkan di Dinas Jasmani di Bandung, tapi mulai 2018 sampai sekarang dia ditempatkan di Kodam Manado. Dia adalah prajurit yang punya disiplin karena selama dinas sama sekali tidak ada pelanggaran, orangnya sangat nurut dan saya yakin itu adalah satu attitude ya, kalau kita lihat dia sebelum bergabung TNI ada dia punya prestasi juga menunjukkan orang yang punya komitmen, disiplin, dan selama dinas selalu masuk dinas sesuai jam dan tidak ada perintah yang diberikan kepada dia yang tidak dilakukan," ungkapnya.

KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender

Andika mengungkapkan Aprilia Manganang hanya tidak punya kemampuan melawan kondisinya terdahulu. Sampai akhirnya, Andika memanggil Manganang ke Jakarta untuk melakukan pengecekan dan membantunya dalam mengatasi masalah yang dia hadapi.

"Saya panggil kemudian saya intinya ingin membantu apa yang bisa kami bantu. Sersan Manganang diklaim sebagai wanita punya akta kelahiran wanita, tapi penampilan fisiknya tidak seperti wanita lainnya. Saya berkonsultasi menawarkan apa yang kami bisa bantu untuk dia," ungkap Andika.

"Akhirnya Sersan Manganang rupanya menyambut dengan sangat excited. Rupanya inilah yang ditunggu-tunggu. Kami hadirkan tim RSPAD lengkap kemudian kita lakukan pemeriksaan lengkap dengan menggunakan seluruh fasilitas kesehatan yang kami punya," tambahnya.

Dari hasil pemeriksaan, Sersan Manganang ternyata memiliki organ kelamin laki-laki. Hormonnya juga hormon laki-laki. Sersan Manganang ternyata mengalami kelainan bernama hipospadia sehingga awalnya dikira perempuan.

"Dari hasil pemeriksaan itu ternyata bahwa dilihat dari pemeriksaan urinologi bahwa Sersan Manganan lebih memiliki organ jenis kelamin laki-laki. Bahkan tidak ada organ-organ internal jenis kelamin wanita. Pemeriksaan hormonal juga begitu, hormonalnya normal, testosteron diukur secara faktual dan ilmiahnya, Sersan Manganang punya hormon normal laki-laki," jelas Andika.

Kelainan hipospadia pada Sersan Manganang membutuhkan penanganan berupa operasi. TNI AD dalam hal ini membantu Manganang dalam corrective surgery sebanyak dua kali. Saat ini, Manganang sudah menjalani operasi tahap pertama dan masih recovery di RSPAD, Jakarta.

"Operasi ini yang saya katakan tadi adalah corrective surgery itu istilahnya atau operasi korektif. Jadi tidak ada pergantian kelamin yang bukan administrasi tadi. Kalau tadi yang akan kita urus ke Pengadilan Negeri Tondano tadi kan administrasi kependudukannya. Tetapi Manganang adalah laki-laki dan tidak ada pergantian secara fisik yang mungkin tadinya dari organ-organ kelamin wanita menjadi pria. Itulah penegasan saya," tegasnya.

Sumber Berita




Untung ketauan sebelum menikah, TNI emang
emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

Diubah oleh saya.kira
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 27 lainnya memberi reputasi
26
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender
09-03-2021 19:59
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan .split memberi reputasi
2 0
2
KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender
09-03-2021 20:00
yang kasian perempuan, disuruh bersaing dengan fisik lelaki
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender
09-03-2021 20:06
Dulu Pernah Bela timnas voli putri juga
emoticon-Ngakak
Diubah oleh ontapesek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender
09-03-2021 20:08
Kakaknya gimana tuh, cowok juga kah?

KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender
profile-picture
tepsuzot memberi reputasi
1 0
1
KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender
09-03-2021 20:09
Lah dia ikutan Asian Games, kan? Volley cewe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender
09-03-2021 20:16
Quote:
Andika menjelaskan Aprilia Manganangdirekrut sebagai anggota TNI AD lewat rekrutmen khusus bintara yang berprestasi pada 2016. Andika mengatakan pemeriksaan medis saat itu memang tidak lengkap.


Berprestasi karna berkompetisi dengan lawan jenisemoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
12 1
11
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender
09-03-2021 20:17
setau gw, org yg mengalami ini waktu kecil penisnya sangat kecil hampir kagak ada.

dan sampai besar tuh penis sangat kecil, hampir mustahil berhubungan seks.

terus lubang penisnya pun di bawah, sudah sangat mustahil untuk bisa membuahi pasangan

jadi kasihannya ya serba salah, kalo dgn identitas pria dengan penis yg hampir tidak terlihat, pasti sangat insecure

KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender
Diubah oleh anti.liberal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dragunov762mm dan 13 lainnya memberi reputasi
13 1
12
Lihat 28 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 28 balasan
KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender
09-03-2021 20:19
ntar ganti nama jd aprial
kasian amat dah yg lawan dia dlu

ditambah lg enak bener dia sempet liat temen timnya ganti pakaian
emoticon-Ngakak



kasusnya brarti baiknya super kecil
Diubah oleh hantupuskom
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender
09-03-2021 20:22
Njirrer...

kalo ga salah terakhir masuk tim BJB...

Itu satu loker sama atlet voli cewe, rasanyaa..

emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender
09-03-2021 20:43
Kelainan seperti ini bisa masuk TNI ? Bukannya ada pemeriksaan fisik luar dan laboratorium dan gue pernah kok jalani ketika masuk AURI, di 2010 itu aja gagal di tahap akhir ? Ah ngaco ini

Seingat gue pemeriksaan kesehatan aja ketat, varises aja uda mencak-mencak tu yang tes fisik, apalagi ini gangguan alat kelamin, halo pak, ada apa ya? emoticon-Cape deeehh
Diubah oleh alslakraditossh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jasakurirjkt dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Lihat 39 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 39 balasan
KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender
09-03-2021 20:43
Menang banyak tuh org selama di anhgap cwe bisa mandi bareng cewek di locker room juga ganti baju bareng secata doi punya hormon laki otomatis pasti nafsu liat cewek..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 7 lainnya memberi reputasi
6 2
4
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender
09-03-2021 20:46
astagfirullah emoticon-Kagets
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender
09-03-2021 20:55
Berarti ada konspirasi di koni dan cabang voli.. Hehehwhe
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan yonida memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender
09-03-2021 20:58
Beda yaa ama hermaprodit?
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender
09-03-2021 21:27
gakpapa, masih bisa puasin cewek pake strap-on anget koq.emoticon-Big Grin
masalah membuahi, bisa dilakukan in vitro.
semoga hidupnya bahagia dech setelah operasi korektif dan assume gender sesuai jiwanya.
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender
09-03-2021 21:30
Kasad baru bilang nih laki...pantesan smash power full.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender
09-03-2021 21:32
Ketertarikan seksualnya gak diperiksa juga ?
Selama ini nganggepnya wanita kan.
Kan gak lucu klo ada berita gay lagi di tubuh TNI.
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan ra91l memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender
09-03-2021 21:50
Kereen... mau mendengarkan bawahan dan berorientasi fakta meskipun banyak resiko tetap maju bertanggung jawab demi kebenaran.
profile-picture
albian21 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender
09-03-2021 21:51
Wah, trus medali perunggu Sea Games Volleyball Putri Gimana ya?
profile-picture
ra91l memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
KSAD Sebut Eks Atlet Voli Perempuan Aprilia Manganang Pria, Bukan Transgender
09-03-2021 21:52
Jendral yg hebat...selalu mencari solusi terbaik buat anak buahnya!!!
profile-picture
profile-picture
albian21 dan caerbannogrbbt memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia