omcons
TS
omcons
Ternyata Seperti Ini Dukungan Kemenparekraf Terhadap Startup Indonesia


KASKUS - Pesatnya perkembangan ekonomi digital membuat banyak perusahaan rintisan (startup) memaksimalkan kesempatan ini dengan menciptakan inovasi produk yang dapat bersaing di pasar internasional.

Melihat kegiatan yang produktif tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) memberikan berbagai dukungan bagi startup agar terus mengembangkan kualitas produknya. Salah satunya adalah dengan menghadirkan program Archipelageek.

Program Archipelageek ini sebelumnya digagas oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) pada tahun 2017 dan kembali diselenggarakan pada tahun ini dengan tema “Bringing Indonesia to The World Stage”.

Tujuannya tak lain tak bukan adalah untuk mempromosikan startup Indonesia, baik produk dan jasa yang mereka hasilkan serta mendorong perusahaan rintisan Indonesia mendapatkan potensi pasar baru berskala internasional.

Tidak hanya itu saja, program Archipelageek juga didesain sebagai upaya untuk menjalankan misi berkelanjutan dalam membangun ekosistem ekonomi kreatif yang kohesif di Indonesia.



Selain dukungan melalui program Archipelageek, kini para startup Indonesia juga berkesempatan untuk berkiprah lebih jauh lagi berkat keikutsertaan Indonesia di festival SXSW Online 2021.

“Keikutsertaan Indonesia di festival SXSW Online 2021 merupakan momentum yang sangat baik dalam membuka akses lebih luas bagi pelaku ekonomi kreatif, khususnya perusahaan rintisan untuk tampil dan bertemu dengan para pelaku ekonomi kreatif dari berbagai negara lain,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, saat memberikan sambutan, dalam konferensi pers SXSW 2021 secara daring, di Jakarta, (9/3/2021).

Sandiaga berharap adanya SXSW Online 2021 dapat mendorong para startup Indonesia agar dapat meningkatkan inovasi terhadap produk-produk yang dihasilkannya untuk dapat bersaing di kancah internasional. Dengan begitu, diharapkan juga akan memberikan pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan.

Quote:


Menurut data tahun 2017 - 2019, dari 24 startup yang mengikuti ajang SXSW ini, sekitar 50 persen mendapatkan kesempatan untuk pencapaian kerja sama dan strategic partnership dengan pasar global.

Beberapa diantaranya, TeleCTG yang mendapat komitmen kerja sama di bidang IOT Kesehatan dengan negara di Amerika Latin, pengakuan sertifikasi internasional untuk Node Flux, serta adanya kerja sama strategic partner USA dengan Happy5, dan beberapa perusahaan rintisan lainnya.

“Untuk itu, kami akan senantiasa memberikan dukungan melalui program-program yang kami miliki guna meningkatkan kualitas produk-produk ekraf agar mampu bersaing di pasar domestik hingga internasional serta dapat menjalin kerja sama dengan pasar global,” ujarnya.

Quote:


Menurut Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Muhammad Neil El Himam, akan ada sembilan startup Indonesia yang menjadi bagian dari homepage Archipelageek di festival SXSW Online 2021. Startup tersebut diantaranya adalah Aruna, BOTIKA, DreamTalent, Gringgo, IZY.AI, Octagon Studio, Privy.ID, DNETWORK, dan Millealab.

Seluruh perusahaan rintisan yang menjadi delegasi Indonesia telah menjalani proses bootcamp di mana mereka mendapatkan strategi terbaik dan berbagai pengalaman menarik dari para alumni program Archipelageek.

Startup yang tergabung dalam delegasi Indonesia di program Archipelageek diharapkan dapat memasarkan inovasi produk maupun jasa mereka ke pasar global melalui partisipasinya di SXSW Online 2021.

Tentunya kita sebagai masyarakat Indonesia mendukung penuh partisipasi startup tersebut ya Gan. Semoga saja startup Indonesia yang mengikuti SXSW Online 2021 dapat memaksimalkan pengalaman ajang internasional agar terus berinovasi demi mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia.

emoticon-Rate 5 Star
kudanil.lakhoirul48viniest
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
16
1.6K
116
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.