News
Batal
KATEGORI
link has been copied
25
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6046f8adceaf0b2acf402bc5/moeldoko-didesak-mundur-usai-kudeta-pd-pks-minta-jokowi-bersikap
Matius Alfons - detikNews Selasa, 09 Mar 2021 08:36 WIB Jakarta - PKS menunggu langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko terlibat acara yang diklaim Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumut. PKS menilai aksi Moeldoko bisa ditafsirkan disetujui oleh Jokowi. "Aksi Pak Moeldoko sangat khawatir ditafsirkan diketahui dan dis
Lapor Hansip
09-03-2021 11:25

Moeldoko Didesak Mundur Usai Kudeta PD, PKS Minta Jokowi Bersikap

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 09 Mar 2021 08:36 WIB

Moeldoko Didesak Mundur Usai Kudeta PD, PKS Minta Jokowi Bersikap
Jakarta - PKS menunggu langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko terlibat acara yang diklaim Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumut. PKS menilai aksi Moeldoko bisa ditafsirkan disetujui oleh Jokowi.

"Aksi Pak Moeldoko sangat khawatir ditafsirkan diketahui dan disetujui oleh Pak Jokowi, karena beliau aktif sebagai Kepala Staf Kepresidenan, karena itu gonjang-ganjing Demokrat, sebetulnya sangat-sangat buruk bagi Pak Jokowi," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera saat dihubungi, Senin (8/3/2021).

Mardani mengatakan masyarakat saat ini tengah menunggu langkah Presiden Jokowi menyikapi tindakan Moeldoko yang terlibat KLB Partai Demokrat. Menurutnya, diamnya Jokowi bisa berarti setuju dengan aksi Moeldoko.

"Publik sekarang menunggu langkah Pak Jokowi, diamnya Pak Jokowi bermakna setuju dengan aksi Pak Moeldoko, karena itu Pak Jokowi ditunggu aksinya segera, nuwun sewu Pak Jokowi ini jadi preseden buruk dan warisan buruk bagi kepemimpinan Pak Jokowi, ke depannya akan dibaca seluruh anak bangsa," ucapnya.

Lebih lanjut, Mardani menilai kisruh Partai Demokrat merupakan musibah bagi demokrasi di Indonesia. Dia berpandangan elemen kekuasaan, terlebih figur aktif dalam pemerintahan yang ikut campur dalam persoalan partai, menjadi preseden buruk bagi kesehatan partai politik di Indonesia.

"Kisruh Partai Demokrat adalah musibah bagi demokrasi, demokrasi hanya akan sehat ketika partai politiknya sehat. Bahwa ada perpecahan dan faksi dalam partai politik sesuatu yang niscaya, tetapi ada elemen kekuasaan apa lagi figur masih aktif masuk campur dari luar maka ini akan menjadi preseden yang sangat buruk bagi kesehatan partai politik di Indonesia dan otomatis kesehatan demokrasi di Indonesia," ujarnya.


Diberitakan sebelumnya, Din Syamsuddin mempertanyakan apakah ada campur tangan Presiden Joko Widodo dalam KLB yang menetapkan Moeldoko sebagai ketua umum tersebut. Moeldoko sebelumnya berkali-kali menyatakan jangan menyeret-nyeret Jokowi dalam kasus KLB PD.

Jika Jokowi mengizinkan, menurut Din, patut ditelisik adanya intervensi pemerintah dalam kasus KLB PD. Namun, jika tidak, Din menyarankan agar Moeldoko dipecat.

"Penting untuk dipertanyakan apakah keterlibatan Jenderal (Purn) Moeldoko pada KLB tersebut sudah seizin Presiden Joko Widodo sebagai atasannya atau tidak? Jika Presiden Joko Widodo mengizinkan atau memberi restu, maka dapat dianggap presiden telah mengintervensi sebuah partai politik dan merusak tatanan demokrasi," ucapnya.

"Jika beliau tidak pernah mengizinkan, maka Jenderal (Purn) Moeldoko layak dipecat dari KSP karena merusak citra presiden, dan jika dia memimpin partai politik maka akan mengganggu pelaksanaan tugasnya sebagai KSP," imbuh Din.

Sementara itu, Tenaga Ahli KSP Ali Mochtar Ngabalin menjawab Din. Dia meminta Din tidak ikut campur soal itu.

"Soal urusan nanti mau diangkat, diberhentikan, itu bukan urusan kita, itu urusan presiden, nggak usah terlibat-terlibat, itu bukan urusan kalian," kata Ngabalin ketika dihubungi, Senin (8/3/2021).

Lagi pula, menurut Ngabalin, keikutsertaan Moeldoko dalam KLB Partai Demokrat itu urusan pribadi. Setiap orang berhak, kata Ngabalin, berhak menentukan sikap.
"Itu (urusan) pribadi, kan yang diangkat Moeldoko bukan kepala kantor staf presiden, masa sih dia punya latar belakang militer sama seperti AHY, kemudian dia bermetamorfosis dengan dunia politik masuk sana masuk sini, siapa sih yang urus, ya dia orang dong," ujarnya.

Ngabalin menekankan urusan setiap orang untuk bersikap itu diatur dalam undang-undang. Dia menyarankan agar Din tidak terlalu mengurusi hal itu.
"Ada tiga hal, tolong dikabarkan ke Pak Din, kita sadar bahwa Undang-Undang Dasar 1945 memberikan jaminan atas hak setiap individu dalam berpendapat, bersikap, dan menentukan hak politiknya kenapa harus pertanyaan itu muncul. Coba libat UU turunannya No 9 tahun 98 tata cara orang dalam bersikap mengemukakan pendapat. Apakah urusan yang terkait dengan orang datang menanyakan, meminta Pak Moeldoko, beraudiens, kemudian berencana KLB, kemudian meminta Pak Moeldoko menjadi ketum. Apakah itu bukan hak pribadi beliau?" ucapnya.

"Jadi saya kira baca duli deh UU yang banyak, baca dan pahami nggak usah grasak-grusuk komentar-komentar yang bisa menyesatkan orang banyak, urus saja Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia itu, atau kalau nggak bantu sana Demokrat supaya menyelesaikan urusan internalnya, nggak usah suruh-suruh presiden pecat-pecat orang," lanjut Ngabalin.


Opini dari Sobat Cebong Gurun:

Kader PKS pernah kudeta Anis Matta emoticon-Big Grin
Dulu si imin tetap bisa jadi mentri tuh. emoticon-Big Grin
emoticon-Traveller
Diubah oleh daddydaddydoo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ovgossard dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Moeldoko Didesak Mundur Usai Kudeta PD, PKS Minta Jokowi Bersikap
09-03-2021 11:26
Kalau perebut laki orang namanya pelakor
kalau perebut partai orang namanya muldokor
Betul gak nih mas @secer?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Moeldoko Didesak Mundur Usai Kudeta PD, PKS Minta Jokowi Bersikap
09-03-2021 11:26
Moeldoko Didesak Mundur Usai Kudeta PD, PKS Minta Jokowi BersikapMoeldoko Didesak Mundur Usai Kudeta PD, PKS Minta Jokowi Bersikap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Moeldoko Didesak Mundur Usai Kudeta PD, PKS Minta Jokowi Bersikap
09-03-2021 11:29
Mardanceedd nongol lagi emoticon-Najis
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Moeldoko Didesak Mundur Usai Kudeta PD, PKS Minta Jokowi Bersikap
09-03-2021 11:32
Kalo mardani atau fekaes sudah komen..peecayalah..itu adalah suara syetan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ovgossard dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Moeldoko Didesak Mundur Usai Kudeta PD, PKS Minta Jokowi Bersikap
09-03-2021 11:32
dah kader pkshit urusin bininya dulu
dah adil belum hari ini
profile-picture
profile-picture
ovgossard dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Moeldoko Didesak Mundur Usai Kudeta PD, PKS Minta Jokowi Bersikap
09-03-2021 11:32
Kalo fekaes ngoceh...

Maka harus pecaya sebaliknya...

emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
ovgossard dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Moeldoko Didesak Mundur Usai Kudeta PD, PKS Minta Jokowi Bersikap
09-03-2021 11:39
menurut ane kebanyakan cebong dan kadrun emang naif....berlindung dibalik uu kebebasan berpolitik sambil menafikan kemungkinan politik yang demikian besar terjadi mengingat apa dan siapa moeldoko dan kaitannya dengan istana.... apakah istana sama sekali gak punya kepentingan jika moeldoko jadi ketum bemokarat? apakah moeldoko seolah berjudi dan sama sekali tidak memperhitungkan jika nantinya kemenkumham tidak mensyahkan ?

" hukum, aturan atau uu itu pasti meninggalkan celah, tidak ada yang sempurna, dan di celah itu lah seorang real politician memanfaatkannya" emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan kazuraba memberi reputasi
2 0
2
Moeldoko Didesak Mundur Usai Kudeta PD, PKS Minta Jokowi Bersikap
09-03-2021 11:53
Kenapa ga Marcendol saja yang bersikap?
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Moeldoko Didesak Mundur Usai Kudeta PD, PKS Minta Jokowi Bersikap
09-03-2021 11:54
ahy gabung partai gelora aja ato psi emoticon-Ngakak
0 0
0
Moeldoko Didesak Mundur Usai Kudeta PD, PKS Minta Jokowi Bersikap
09-03-2021 11:58
Tim YNWA mana suaranyaa....

Yuk Nyalahin Wiwi Aja....

emoticon-Leh Uga
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Moeldoko Didesak Mundur Usai Kudeta PD, PKS Minta Jokowi Bersikap
09-03-2021 11:59
Suara-suara ghaib mulai bermunculanemoticon-Leh Uga
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Moeldoko Didesak Mundur Usai Kudeta PD, PKS Minta Jokowi Bersikap
09-03-2021 12:02
kalo PKS udah komen yg berseberangan berarti pak moel sudah di jalan yg benar emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Lusi.perr dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Moeldoko Didesak Mundur Usai Kudeta PD, PKS Minta Jokowi Bersikap
09-03-2021 12:32
presiden bukan kelasnya ngurus internal partai. busuk internal partai selesaikan sendiri lah coeg... cengeng amat
0 0
0
Moeldoko Didesak Mundur Usai Kudeta PD, PKS Minta Jokowi Bersikap
09-03-2021 14:00
ayo,, acara mancing nya sudah di mulai tohemoticon-Wakaka
0 0
0
Moeldoko Didesak Mundur Usai Kudeta PD, PKS Minta Jokowi Bersikap
09-03-2021 15:07
PKS Partai Kuo.....L Sangean

#urus diri sendiri aja enggak becus
0 0
0
Moeldoko Didesak Mundur Usai Kudeta PD, PKS Minta Jokowi Bersikap
09-03-2021 21:26
Next project targetnya adalah pks wkwkwk
Sudah siapkah?
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia