• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Penelitian Membuat Kota Impian Untuk Tikus !! oleh Prof John Calhoun.

prata34Avatar border
TS
prata34
Penelitian Membuat Kota Impian Untuk Tikus !! oleh Prof John Calhoun.



Menurut aganwan / aganwati, apa itu Utopia (Surga Dunia) bagi Tikus? jika kita melihat dari Penelitian Prof Calhoun dari 1950 sampai 1970, Utopia (Surga Dunia) bagi tikus yaitu Makanan yang Tak Terbatas, Tempat tinggal yang nyaman sesuai suhu yang dibutuhkan tikus untuk berkembang biak dan juga Rumah yang dirancang khusus untuk Tikus penelitian tersebut. Tikus tersebut awalnya baik - baik saja sampai suatu ketika terjadi Overpopulasi yang menyebabkan bencana yang menyeramkan bagi Tikus. Dalam penelitian tersebut, pertama - tama Callhoun memasukkan sepasang tikus kedalam Utopia buatan (diibaratkan seperti surga dunianya tikus). Bagi yang belum tahu, periode kehamilan tikus adalah kurang lebih 21 - 24 hari dan juga tikus melahirkan 10 - 12 anak dalam satu kali melahirkan dan bisa hingga 17 kali dalam setahun. Bayangkan dalam satu tahun berapa tikus yang lahir jika kita juga mengalikan anak - anak tikus tersebut !!!!


Awalnya tikus - tikus tersebut hidup dengan damai dan sejahtera sampai dengan masa Buruk tiba. Sekumpulan tersebut mengalami over populasi yang mengakibatkan Utopia tikus tersebut penuh dengan tikus. Setiap detik, menit, jam tikus tersebut harus berdesakan dengan ratusan bahkan ribuan tikus lainnya. Perilaku tikus menjadi berubah, disebabkan banyaknya populasi tikus dan kurangnya stock makanan. Perilaku tikuspun menjadi berbeda - beda antara tikus satu dengan tikus lainnya. Karena semakin banyak Populasi Tikus maka semakin banyak juga makanan yang dibutuhkan tikus. Tikus - tikus dalam utopia tersebut berubah perilaku psikologisnya. Ada yang karena kekurangan makanan jadi menyerang tikus lainnya, ada yang bingung kesana - kemari mencari makanan, yang tikus merasa berkuasa sehingga menyerang tikus lainnya untuk mendapatkan makanan. Karena banyak tikus yang saling bertarung untuk mendapatkan makanan, para ibu tikus (tikus perempuan) menjauh dari keramaian tersebut sejauh mungkin (sejauh - jauh paling ya berapa meterlah orang Utopianya saja tidak terlalu besar.


Terkadang juga Ibu Tikus menjatuhkan CINDIL (Bayi Tikus) ketika sedang dibawah kabur. Nah bayi tersebut biasanya dimakan oleh Tikus yang sudah gila karena kekurangan makanan. Beberapa Populasi tikus juga mengalami Stress. Populasi Tikus yang Stress dipanggil oleh profesor Calhoun dengan sebutan "The Beautiful" seperti sudah kehilangan nafsu. Mereka berkumpul untuk bersembunyi dari kericuhan tikus di suatu tempat entah tikus jantan maupun tikus betina tetapi hanya makan, tidak melakukan hubungan, tidak berkembang biak, tidak bertarung atau melakukan apapun bahasa jawanya "NJEGIDEG" atau "Madang Ngising Turu". Saat populasi berkurang dikarenakan Si Tikus saling bertarung satu sama lain, hanya tikus Polulasi "The Beautiful" yang selamat tetapi Populasi tersebut kehilangan tingkah laku untuk bersosialiasi, termasuk berkembang biak (atau bahasa Alusnya Ng*ntot) atau merawat bayi - bayi tikus mereka.

Bisa disimpulkan dari Eksperimen Professor Calhoun bahwa semuanya jika tidak Balanced pasti akan kacau juga. Itulah perbedaan manusia dengan Tikus. Manusia bisa mencegah Overpopulasi misalnya KB atau tembak luar eh maaf maksud saya 2 anak lebih baik. Contohnya lagi demi mengatasi Overpopulasi, di India dan China (no. 2 dan no. 1 penduduk terpadat sedunia) membakar jenazah guna mengurangi penggunaan lahan yang digunakan sebagai kuburan. Tikus berbeda dengan manusia, hanya makan tidur sudah. Sedangkan Manusia lebih kompelks karena dianugerahi Kecerdasan dan Kebebasan berpendapat. Okelah gan, terima kasih sudah berkunjung ke Thread saya ini gan. Sampai jumpa. Enjoyy

Nb : Untung Jurnal tentang Prof Calhoun disanggah oleh Profesor lainnya dikarenakan manusia tidak bisa dibandingkan perilakunya dengan tikus. 

Sumber : 
Journal of Social History dengan Jurnal milik John Calhoun yang berjudul "BEHAVIORAL SINK"
dan juga youtube perilaku tikus di dalam Utopia dokumentasi : Disini Gan

Diubah oleh prata34 07-03-2021 10:52
ryan Limanto
Papa.T.Bob
b4perman
b4perman dan 29 lainnya memberi reputasi
30
7.7K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.