koruptor.1
TS
koruptor.1
Jokowi Tiba-tiba Bicara 'Space War' di Sektor Teknologi


Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara gamblang menyebut dunia saat ini tengah bersaing dalam menguasai teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) atau AI.
Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi BPPT di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.
"Saat ini kita berada di zaman perang AI," kata Jokowi. 


Jokowi bahkan menyebut persaingan dalam menguasai AI tidak jauh berbeda dengan persaingan antara Amerika Serikat (AS) dan Uni Soviet kala mereka bersaing menjelajah ruang angkasa selama perang dingin.
"Persaingan menguasai AI sudah sama kayak space war di era perang dingin. Siapa yang menguasai AI, dia yang berpotensi menguasai dunia," tegas Jokowi.
Saat itu, AS dan Soviet bersama mengembangkan teknologi yang dibutuhkan untuk mencapai tonggak sejarah dalam penerbangan antariksa yang dipandang sama pentingnya dengan keamanan nasional. 


Jokowi menegaskan situasi Indonesia dalam mengembangkan AI kejar-kejaran dengan negara lain. Kepala negara menginginkan peran lebih dari BPPT dalam merespons hal tersebut.
"Saat ini kita memerlukan BPPT yang bisa memproduksi teknologinya sendiri. Tolong BPPT sinergikan talenta Diaspora, peneliti di universitas, startup teknologi, anak-anak muda yang sangat militan, bangun mesin AI Indonesia yang bisa memfasilitasi gotong royong antar inovator dan peneliti," katanya.
"Memfasilitasi kecerdasan komputer dan manusia untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional yang tidak konvensional sekaligus efektif. Saya berharap agar BPPT bisa menjadi lembaga extraordinary, terus menemukan cara baru yang inovatif dan kreatif," jelasnya. 


https://www.cnbcindonesia.com/tech/2...ktor-teknologi
abdul1997indramamothviniest
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
13
7.3K
193
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.