si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Bedford MT - Sahabat Setia Tank Scorpion TNI AD
Untuk mendukung pergerakan sebuah tank, kendaraan lapis baja ini biasanya membutuhkan bantuan kendaraan lain untuk berpindah tempat. Salah satu kendaraan yang digunakan untuk memindahkan tank ini adalah dengan tank transporter, biasanya sebuah tank akan diangkut menggunakan truk (tank transporter). Pada kesempatan kali ini ane akan membahas truk yang jadi sahabat setia tank Scorpion milik TNI AD, disebut sahabat setia karena hadirnya Scorpion selalu bersama truk tersebut. Langsung saja ane mulai pembahasannya dibawah ini.



Sahabat Setia Tank Scorpion

Dalam misi operasi tempur jarak jauh, unit kavaleri, khususnya yang menggunakan tank tidak bisa berdiri sendiri untuk mencapai area penugasan. Selain dukungan logistik, suku cadang, perbaikan, dan amunisi, mobilitas korps lapis baja juga perlu kehadiran unsur tank transporter. Banyak peran diemban oleh tank transporter, selain menunjang kecepatan gelar operasi, tank transporter bisa menghemat gelar biaya operasi, termasuk saat ajang latihan tempur.

Peran tank transporter juga berperan penting di jazirah Arab dan Timur Tengah. Tank-tank milik Irak, Suriah, dan Mesir bisa digerakan melintasi area medan yang jauh di padang pasir berkat adanya tank transporter. Dengan adanya tank transporter, biaya bahan bakar tank juga menjadi efisien, sebab konsumsi bahan bakar tank yang relatif boros dapat dipangkas hingga medan operasi.

Selain hemat bahan bakar, dari sisi awak tank juga punya pengaruh besar. Apa jadinya jika jarak antara pangkalan tank dan lokasi konflik berjarak lebih dari 500 kilometer ? Sementara kehadiran unit tank dituntut cepat, kemungkinan besar awak tank akan keburu tepar saat tiba di TKP (Tempat Kejadian Pertempuran), stamina awak dipastikan melorot sebelum bertempur. Selain itu tanpa dukungan tank transporter, tank akan kehabisan bahan bakar sebelum sampai lokasi penugasan.




Bedford MT menggendong tank Scorpion.

Foto: indomiliter.com


Salah satu tank transporter yang digunakan oleh TNI AD adalah truk bernama Bedford MT. Kehadiran truk ini merupakan bagian dari paket pembelian tank Scorpion dari Inggris pada masa Orde Baru. Nama Bedford bisa dibilang legendaris sebagai pabrikan otomotif sejak tahun 1930-an di Inggris.

Varian Bedford MT sendiri sudah dirancang sejak tahun 1970-an untuk memenuhi kebutuhan truk angkut bagi Angkatan Darat Kerajaan Inggris. Salah satu varian truk tersebut adalah Bedford MT 4×4, yang mulai diproduksi pada tahun 1981. Versi 4×4 di desain untuk angkut personel dan muatan ringan.

Sementara di tahun yang sama juga diluncurkan versi 6×6. Versi Bedford dengan penggerak roda 6×6 inilah yang dirancang untuk menggendong muatan lebih berat, termasuk dalam hal ini adalah ranpur (kendaraan tempur) lapis baja ringan.




Bedford MT 4x4.

Ilustrasi: military-today.com




Bedford MT 6x6.

Ilustrasi: majalahdefender.com


Selain digunakan Inggris, truk ini juga digunakan oleh beberapa negara sahabat Inggris di Asia, Timur Tengah, dan Afrika. Seperti yang TS tulis diawal, kedatangan Bedford MT di Indonesia menjadi satu paket dengan pembelian tank Scoprion dan Stormer APC (kendaraan angkut personel) antara tahun 1995-1997 (zamannya Si Mbah Tersenyum).

Bedford MT sendiri mempunyai dimensi panjang 8.59 meter, lebar 2.47 meter, serta tinggi 3 meter. Berat kosong truk ini adalah 8.68 ton, sementara untuk  kapasitas angkut dapat membawa muatan mulai dari 14.5 ton sampai 21 ton.

Truk ini ditenagai mesin diesel Bedford 8.2/205TD dengan kekuatan 206 horse power. Untuk kecepatan di jalan aspal mencapai 90 km/jam dengan jarak tempuh maksimum sampai 500 km. Varian Bedford MT juga ditawarkan dengan mesin tipe Perkins Phaser dengan kekuatan 300 horse power. Bedford MT punya batas toleransi kemiringan mencapai 30% dan toleransi roda pada lubang maksimum sedalam 1 meter.




Selain menggendong Scorpion, Bedford MT juga pernah menggendong AMX-13 VCI saat HUT ABRI ke 50 emoticon-Big Grin

Ilustrasi: indomiliter.com


Untuk proses pengangkutan tank Scorpion pada truk menggunakan sistem hidrolik, mirip dengan sistem hidrolik truk sampah berukuran besar. Untuk menaikan atau menurunkan satu unit tank ke atas deck dibutuhkan sebuah penampang lengkap dengan lubang pengait, sehingga tank yang akan dibawa diletakan di atas penampang tersebut.

Secara perlahan pengait akan menarik tank hingga berada dalam posisi yang pas diatas deck truk. Truk Bedford MT juga mampu menarik deck gandeng, sehingga satu truk transporter dapat membawa dua unit tank Scorpion atau Stormer APC.










Proses angkut tank dengan sistem hidrolik.

Ilustrasi: indomiliter.com




Dengan deck gandengan, Bedford MT dapat membawa 2 tank sekaligus.

Ilustrasi: military-today.com


Meski tank bisa melibas medan berat, pada kenyataannya untuk begerak dari markas menuju daerah medan operasi kerap melintasi jalan raya. Bila yang lewat jalan raya tersebut adalah tank berat dengan roda rantai tanpa pelapis (bantalan) karet, bisa dipastikan jejak rantai baja akan membekas di aspal. Bahkan tank yang tidak dilengkapi bantalan karet bisa menyebabkan jalanan menjadi rusak, tentu hal tersebut akan menambah tugas Dinas PU.

Tank Scorpion sendiri memperkuat dua batalyon kavaleri Kostrad yakni YonKav 1 Divisi 1 Kostrad dan YonKav 8 Divisi 2 Kostrad. Dikutip dari indomiliter.com, diperkirakan ada lebih dari 7 unit truk ini yang digunakan TNI AD. Sehingga dalam gelar operasinya dapat menggeser kekuatan 1 kompi tank ke daerah tempur. Dalam doktrin kavaleri TNI AD, jika jarak operasi lebih dari 30 km, maka tank harus diangkut dengan tank transporter. 

Di negara asalnya sana gan sist, Bedford MT sudah dipensiunkan pada tahun 1999. Saat ini Angkatan Darat Kerajaan Inggris banyak menggunakan varian truk MAN Tactical Trucks. Sementara di Indonesia, Bedford MT masih setia berdinas bersama Scorpion dan Stormer. Sama-sama berusia tua, persahabatan mereka ternyata masih awet sampai sekarang.


Bedford MT

Negara Asal: Inggris
Produsen: Bedford
Dimensi Truk: panjang 8.59 meter, lebar 2.47 meter, serta tinggi 3 meter
Berat Kosong: 8.68 ton
Kapasitas Angkut: 14.5 ton sampai 21 ton
Mesin: Bedford 8.2/205TD (206 horse power,) Perkins Phaser (300 horse power, opsional)
Jarak Tempuh Maks.: 500 km
Kecepatan Maks.: 90 km/jam



Demikian sedikit bedah truk milik TNI AD, di mana peran truk ini sangat penting dalam sebuah gelar operasi. Semoga pembahasan kali ini bisa menambah wawasan baru untuk kita semua, terimakasih sudah membaca tulisan ini dari awal sampai akhir. Sampai jumpa lagi, keep ngaskus ya emoticon-Angkat Beer


Spoiler for Video Tambahan:




Referensi: 1.2.3
Ilustrasi Gambar: indomiliter.com, military-today.com
Diubah oleh si.matamalaikat 08-03-2021 07:59
emineminna
indramamoth
orgbekasi67
orgbekasi67 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
6.8K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer dan Kepolisian
Militer dan Kepolisian
icon
2.2KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.