giacinta1Avatar border
TS
giacinta1
Ashabul Kahfi (Versi Kristen)
Ashabul Kahfi (penghuni gua) adalah sejumlah orang Kristen yang hidup di periode salah satu penguasa Roma kuno bernama Decius yang berkuasa sekitar tahun 249-251 M. Mereka adalah para pemuda Efesus yang terpandang dan sudah berteman sejak kecil dan sama-sama melaksanakan dinas militer.
.
Pada saat kedatangan Kaisar Decius ke Efesus, semua warga Efesus diwajibkan membuat qurban untuk berhala-berhala, jika tidak memberikan qurban maka mereka akan mendapatkan siksaan yang begitu kejam. Ketujuh pemuda tersebut, dikecam oleh informan untuk muncul di hadapan kaisar. Mereka pun muncul dan mengakui iman mereka terhadap Mesias.
.
Atribut militer dengan cepat diambil oleh mereka. Tetapi, kaisar tidak menghukum mereka dengan harapan, mereka akan kembali dan berubah pikiran. Para pemuda melarikan diri dari kota dan bersembunyi di sebuah gua di gunung Ochlon, selagi berdoa dan mempersiapkan diri untuk mati syahid.
.
Pada kunjungan salah satu pemuda ke kota, dia mendengar kabar bahwa kaisar mencari mereka dan memutuskan untuk mengadili mereka. Ia pun mendesak yang lain, agar meninggalkan gua tersebut dan menyerahkan diri untuk diadili.
.
Mengetahui tempat persembunyian mereka, kaisar pun memerintahkan untuk menutup pintu gua. Agar mereka mati kelaparan dan kehausan.
.
Pada hari bangunnya mereka, pemilik tanah memerintahkan pekerja konstruksi untuk membuka gua tersebut. Saat terbuka mereka pun terbangun dan salah satunya pergi ke Efesus dan melihat banyak simbol salib di dalam kota tersebut. Para penghuni gua diwawancari oleh uskup dan setelah menceritakan kisah ajaib tersebut, mereka pun memuji Allah lalu meninggal.
.
Kisah ketujuh pemuda ini menjadi pokok sebuah homili dalam bentuk syair oleh seorang pensyair Edesa, Yakub dari Saruq, yang diterbitkan di Acta Sanctorum.
.
Nama-nama tokoh dari berbagai macam sumber antara lain; Achillides, Diomedes, Diogenus, Probatus, Sambatus, Quiriacus (Tradisi Gereja Roma, Greogorius dari Tours) dan Maximilian, Malkus, Martinian, John, Seraphion, Dionisius, Constantine, Anthony (Bartlomiej Gryza dari Polandia).

Dalam sejarah Gereja Katolik yg tidak tertulis dalam Alkitab, ada beberapa kisah yg memiliki kemiripan dengan agama Islam. Salah satunya adalah Ashabul Kahfi, dari pihak Kristen sendiri ada beberapa pencatat nama-nama tokoh tersebut dan memiliki nama yg berbeda-beda. Berbagai versi ini didapatkan karena nama dari tiap bahasa itu berbeda juga. Contohnya; John(Inggris), Yohanes(Indonesia), Yuhanna(Arab), dst.
Diubah oleh giacinta1 26-02-2021 10:12
tien212700
d112za
pakisal212
pakisal212 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
8.6K
170
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.