blogotomotifAvatar border
TS
blogotomotif
5 trik Jitu Cara Merawat Aki Mobil Agar Tetap Awet
Aki mobil merupakan bagian yaang sangat penting bagi sebuah mobil. Semakin terjaganya aki maka kendaraan akan aman dari masaah selama berkendara. Apalagi bagi Anda yang sering bepergian harus benar-benar memperhatikan bagian yang satu ini. Berikut beberapa trik cara merawat aki mobil agar tetap awet.
 

Cara merawat aki mobil agar tetap awet
1.    Periksalah terminal aki mobil secara rutin
Terminal aki berfungsi dalam menghubungkan kutub positif dengan kutub negatif. Yang sering mengalami kerusakan memang pada bagian ini. Karena terminal aki memang paling riskan kemasukan benda-benda asing seperti jamur, bakteri ataupun virus. Atau bisa juga dikarenakan aki yang sudah tua umurnya.
Salah satu cara merawat aki mobil yaitu dengan cara membersihkan terminal dengan air panas. Anda bisa menggosok bagian yang kotor dengan sikat gigi yang sudah bekas. Jangan lupa untuk mengeceknya. Apabila kendur segera kencangkan. Jika sulitdikencangkan, ganti bautnya atau ganti dengan aki yang baru.

 

2.    Rajinlah untuk memeriksa air aki

Lakukan pengecekan secara rutin terhadap air aki mobil, minimal dua hari atau tiga hari sekali. Apabila isinya berkurang maka segera isi ulang. Karena apabila telat mengisi ulang akan mengakibatkan kerusakan aki. Saat Anda memeriksa air aki periksa juga apakah ada kebocoran pada aki.
Jika terdapat aki bocor segera bersihkan dan keringkan bagian aki yang bocor. Jika sulit diatasi maka bersihkan dengan alat khususatau bawa ke bengkel agar kebocoran tidak semakin parah sehingga membuat aki rusak.


3.    Periksalah pengikat aki mobil
Cara merawat aki mobil agar tetap awet bisa juga dengan memeriksa dengan rutin pengikat aki mobil. Pastikan ikatannya kuat dan tidak kendur, agar aki dapat bekerja dengan optimal tanpa gangguan. Tentunya hal ini dapat membuat umur aki awet. Selain itu setelah menggunakan mobil sebaiknya kabel aki dilepas saja. Cara ini dapat menjadika aki lebih tahan lama.


4.    Rutin memanaskan mobil
Cara merawat aki mobil agar tetap awet yaitu dengan memanaskan mobil setiap hari. Terkadang mobil tidak dipakai setiap hari, pemiliknya lupa untuk memanasi mobil. Justru hal ini keliru, karena aki dapat kehilangan fungsinya apabila mesin jarang dihidupkan. Jadi Anda harus rutin memanaskan mobil setiap hari, meskipun mobil tidak dipakai untuk bepergian. Sehingga fungsi aki dapat berjalan dengan dengan normal.

 

5.    Hindari menghidupkan AC atau perangkat mobil lainnya jika mesin dalam keadaan mati, namun kunci kontak tetap on.

Biasanya saat menunggu seseorang di dalam mobil, kita tetap menyalakan AC dan juga radio padahal mesin sedang mati namun kontak tetap on, hal sering dilakukan banyak orang. Padahal dapat membahayakan kondisi aki yang mana dapat menjadikan aki cepat tekor. Selain itu saat keluar dari mobil, usahakan untuk mematikan semua perangkat listrik. Seperti AC, tv, radio, lampu ataupun perangkat lainnya.
Terkadang kita lupa akan hal itu, terutama AC di kursi penumpang saat turun pasti lupa tidak dimatikan. Dengan mematikan perangkat listrik saat mematikan mobil, maka ketika nanti akan memghidupkan mobil, aki tidak terlalu berat beban dayanya. Sehingga dapat membuat aki awet dan tahan lama.
 

Nah di atas tadi adalah beberapa trik cara merawat aki mobil yang dapat Anda coba. Bisa juga dengan menggunakan alat battery load tester untuk mengecek kondisi aki mobil. Jangan lupa untuk senantiasa mengecek kondisi aki sebelum berpergian, agar saat mengendarai mobil menjadi nyaman dan tidak ada kendala.Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.


Sumber: Blog Otomotif
0
1.3K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.