• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ketika Zambia Mendahului NASA Untuk Rencana Mendaratkan Manusia ke Mars

dregqueen
TS
dregqueen
Ketika Zambia Mendahului NASA Untuk Rencana Mendaratkan Manusia ke Mars
Beberapa minggu lalu kita dibanggakan dengan keberhasilan NASA mendaratkan robot eksplorasi Perseverance di Kawah Jazero, Mars. Ini merupakan sebuah lompatan yang luar biasa, setelah keberhasilan kita mendaratkan manusia ke Bulan. Apakah nantinya kita juga bisa mendaratkan manusia  ke Mars?

Hm... Kalau kita bertanya pada Edward Makuka Nkloso, jawabannya sudah pasti iya. Bagi yang belum kenal dia, ane kenalin nih. Dia adalah seorang pejuang kemerdekaan Zambia dan pendiri Akademi Nasional Sains, Penelitian Luar Angkasa dan Filosofi Zambia (betewe, ada yang bilang akademi ini gak resmi emoticon-Stick Out Tongue). 


Spoiler for Edward Makuka Nkloso:



Segera setelah Zambia memperoleh kemerdekaannya pada tanggal 24 Oktober 1964, Nkloso mencanangkan rencananya untuk mendaratkan manusia (lebih tepatnya seorang cewek, seorang misionaris dan dua ekor kucing) ke Mars di akhir 1965. Awalnya dia ingin peluncuran roketnya bersamaan dengan pernyataan kemerdekaan Zambia, tapi nggak dibolehin karena dianggap nggak sopan.

Nkloso termotivasi dari pernyataan Presiden Amerika John F. Kennedy di tahun 1961 tentang rencana Amerika untuk menjejakkan kaki manusia pertama di Bulan dan kembali lagi dengan selamat ke Bumi. Jadilah Zambia masuk ke balapan siapa yang duluan mendarat ke Bulan selain Amerika dan Rusia.

Untuk mewujudkan mimpinya itu, Nkloso mendirikan tempat pelatihan di sebuah perkebunan tak terpakai 11 Km dari Lusaka, Ibukota Zambia. Para Afronouts, calon-calon penjelajah luar angkasa didikan Nkloso berjumlah total 12 orang. Mereka berlatih siang malam untuk mempersiapkan diri untuk perjalanan mereka ke luar angkasa. 

Spoiler for Menu latihan:


Nah, udah tau kan gimana seriusnya mereka buat ke Mars? emoticon-Cool


Ketika para calon Afronauts sudah siap, mereka akan langsung meluncur ke luar angkasa dengan menggunakan roket D-Kalu yang berbentuk mirip drum berukuran 3x2 meter, terbuat dari campuran aluminium dan tembaga. Hebatnya, roket ini nggak pake bahan bakar. Peluncurannya menggunakan sistem pegas Mukwa, semacam ketapel gitu. Sejauh ini titik tertinggi yang bisa dicapai adalah 1,8 meter. 

Berhubung prospeknya masih jauh dari hasil yang diinginkan, Nkloso meminta bantuan anggaran ke UNESCO, Amerika, Israel dan beberapa 'sumber dana asing pribadi'. Nilai yang diminta mulai dari $20 juta hingga $2 milyar, namun sayang tidak ada satupun pihak yang disuratinya memberikan bantuan yang diinginkan. Boro-boro ngasih duit, bales suratnya aja kagak. emoticon-Mad

Selain kekurangan dana, Nkloso juga terkendala kelakuan para calon Afronauts yang mulai nyeleneh. Bukannya fokus belajar buat ke luar angkasa, mereka malah belajar bikin anak. emoticon-Mad

Cita-cita Nkloso semakin pupus ketika cewek yang didapuk untuk pergi ke Mars, Matha Mwamba, hamil dan memilih pulang ke rumah orangtuanya. Para calon Afronauts lain dikabarkan minggat setelah pesta miras. Ada juga yang memutuskan kalo nyanyi dan menari lebih bermanfaat ketimbang menjelajah angkasa. Dapet duit lebih banyak juga, katanya.

Tanpa uang, tanpa Afronauts, bahkan untuk pergi ke Bulan pun terasa jauh. Ditambah lagi Amerika berhasil mendaratkan Apollo 11 di Bulan pada 20 Juli 1969. Hingga akhir hayatnya, cita-cita Nkloso untuk mendaratkan manusia di Mars tidak terlaksana. Tapi dengan teknologi Zambia yang 150 tahun mendatang, mungkin cita-cita tersebut dapat menjadi kenyataan. Mari kita doakan saja... emoticon-Smilie

Nah, itulah Gan-Sis sepenggal kisah inspiratif (?) dari sebuah negara di Afrika. Jadi sekarang Gan-Sis tahu kalo yang balapan ke luar angkasa bukan cuma Uni Soviet dan Amerika aja, tapi ada Zambia juga. Tidak ada mimpi yang terlalu besar, asalkan ada niat (dan dana dalam hal ini). 
 

Spoiler for Videonya:


Sumber
Sumber
Sumber
Junmai92cowokdirgantarayugeel
yugeel dan 25 lainnya memberi reputasi
26
9.1K
124
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.