• Beranda
  • ...
  • Sista
  • Mengapa Wanita Cenderung Lebih Cerewet Daripada Pria?

anna1812
TS
anna1812
Mengapa Wanita Cenderung Lebih Cerewet Daripada Pria?




Dalam suatu perkumpulan yang terdiri atas pria dan wanita, suara mana yang lebih dominan? Gansis pasti setuju jika jawabannya adalah wanita. Meskipun sama-sama berada dalam satu ruangan, suara wanita akan cenderung lebih mendominasi.

Contoh lagi ketika di rumah. Seorang emak akan lebih banyak mengeluarkan kata-kata ketimbang anggota keluarga yang lain. Di samping anak-anak dan faktor lain yang membuatnya berbuat demikian, ternyata ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa wanita cenderung lebih cerewet daripada lawan jenisnya.

Quote:


Bukan rahasia lagi jika wanita memang lebih banyak bicara daripada pria. Pergi ke warung tujuannya membeli gula, tapi ketika sampai di sana, ada saja bahan pembicaraan yang membuatnya 'terjebak' hingga tak segera pulang. Belum lagi jika ada gosip hangat di lingkungan. Tanpa disadari, waktu telah habis terbuang di warung hanya untuk ngobrol 'ngalor ngidul'tak ada juntrungannya.

Itu hanya sebagian kecil contoh bahwa wanita memang cenderung lebih cerewet daripada pria. Ada saja bahan obrolan yang menjadi perbincangan. Fakta yang ditemukan dalam masyarakat ini, memperkuat penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, bahwa perempuan memang lebih banyak bicara daripada pria. Hal ini dikarenakan tingkat senyawa kimia dalam otak wanita yang disebut FOXP2, lebih tinggi dari yang dimiliki pria. Senyawa ini memegang peranan penting dalam perkembangan bahasa.

Quote:


Karena FOXP2 inilah, wanita mampu berbicara rata-rata 20 ribu kata per hari. Jumlah ini lebih banyak 13 ribu dari pria yang hanya mampu berbicara rata-rata 7 ribu kata per hari.

Hasil penelitian lain yang dilakukan oleh Dr. Tonmoy Sharma pada1999 seperti yang dikutip pada buku Allan dan Barbara Pease, menunjukan bahwa ketika pria berbicara, seluruh belahan otak kiri aktif tapi tidak menemukan di mana pusat bicaranya. Sedangkan pada wanita, bagian otak yang aktif adalah kiri depan dan bagian kecil di sebelah kanan. Saat sedang berbicara, bagian otak lain pada wanita tetap bekerja. Oleh sebab itu wanita dapat bekerja sambil terus berbicara, seakan memiliki stok kosakata yang luber-luber.

Quote:


Dari fakta di atas, maka jangan heran jika dalam sebuah chating antara suami istri, si istri bisa menulis pesan panjang kali lebar, tapi suami hanya membalas singkat dan seperlunya saja. Tak heran juga jika emak-emak akan berubah seperti petasan cengis meletus saat anak-anaknya membuat ulah. Tak heran juga jika kaum hawa ini kumpul, ramainya bisa mengalahkan pasar. Akan tetapi, dibalik cerewetnya seorang wanita, tersimpan perhatian dan kelembutan hati yang tak dimiliki oleh pria.




emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


Thread by : @anna1812
Sumber : 1, 2, 3



emoticon-Cendol Gan
purwanti29husnamutiakudanil.la
kudanil.la dan 9 lainnya memberi reputasi
10
4.5K
39
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sista
Sista
icon
3.9KThread7.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.