• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bahaya Kecanduan Bermain Games Online, Dapat Mengakibatkan Kematian Tragis!

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Bahaya Kecanduan Bermain Games Online, Dapat Mengakibatkan Kematian Tragis!

Apakah bermain games online secara berlebihan dapat mengakibatkan sebuah bahaya?
Seperti ini faktanya!


Games online, adalah sebuah permainan berbasis sambungan jaringan internet dan tekhnologi canggih masa kini. Permainan ini sedang hits dan banyak dimainkan sejak beberapa tahun terakhir, bahkan sampai diakui sebagai salah satu olahraga elektronik.

Semakin maraknya jenis-jenis games online beserta komunitas dan perlombaan yang digunakan sebagai wadah serta ajang menunjukan bakat, makin banyak pula peminat para gamers untuk meningkatkan kemampuan demi dapat bermain games dengan maksimal dan mempunyai masa depan cerah di dunia gamers!

Menjadi seorang gamers profesional tentu bukan hal yang mudah ya GanSis.
Sebab mereka harus banyak berlatih, mempunyai peralatan yang mendukung, mampu mengatur waktu dan rajin mengikuti event tournament untuk meningkatkan mental serta menambah pengalaman.

Namun di balik alasan ingin menjadi seorang gamers profesional, banyak sekali orang-orang yang tidak memperhatikan keamanan dan keselamatan dalam berlatih bermain games GanSis.
Mereka cenderung ingin menjadi profesional secara cepat sampai lupa bahwa bermain games memiliki cara serta hal-hal yang harus diperhatikan!


Quote:


Main games sampai lupa waktu?
Nampaknya hal ini menjadi masalah yang banyak dialami oleh mereka yang baru mengenal dunia games online dan terlalu terobsesi untuk menjadi gamers profesional ya GanSis.

Mungkin Agan dan Sista disini pun juga ada yang bermain games sampai lupa waktu makan atau waktu istirahat.
Memang bermain games online itu memiliki keseruan tersendiri GanSis. Sebab kita dapat menemukan berbagai macam lawan dengan kemampuan yang juga beraneka ragam dan membuat kita merasa penasaran sekaligus terpancing untuk terus bermain sampai kita mencapai level tertinggi dalam sebuah permainan atau kita dapat menduduki rank tertinggi!

Tapi apakah Agan dan Sista tahu bahwa saat kita bermain games secara berlebihan ada bahaya yang mengancam kesehatan dan keselamatan para gamers?
Di bawah ini faktanya!


Quote:


Apa saja sih GanSis bahaya bermain games online secara berlebihan atau sudah dalam tahap kecanduan games online?
Ini bahayanya!


1. Menyebabkan Kecanduan
Selayaknya barang-barang atau obat yang menyebabkan candu, games online juga dapat menyebabkan kecanduan GanSis.
Saat seseorang menghabiskan banyak waktu untuk bermain games secara terus menerus dan rutin, maka ketergantungan atau kecanduan terhadap games ini dapat terjadi.
Seseorang yang telah kecanduan dengan dunia games online, mereka akan sangat sulit untuk jauh dari bermain games.
Menurut World Health Organization, kecanduan games online adalah salah satu penyakit gangguan mental atau mental disorder GanSis.
Efeknya bisa depresi, setres, dan juga cemas berlebihan saat tidak dapat maksimal bermain games!

2. Sakit Jari Tangan dan Pergelangan Tangan
Bermain games secara berlebih-lebihan juga dapat mengakibatkan jari tangan dan pergelangan tangan ngilu GanSis.
Mungkin Agan dan Sista pernah merasakan sendiri, dimana jari tangan dan pergelangan tangan ngilu teramat sangat karena terlalu lama bermain games.
Eits ternyata itu bukan gejala ngilu biasa loh GanSis.
Menurut ahli, kasus ngilu bagian jari dan pergelangan tangan ini adalah gejala sindrom quervain, sindrom ini merupakan kelainan yang disebabkan peradangan tendon!

3. Gangguan Penglihatan
Kerusakan retina mata karena sinar biru, adalah dampak buruk dari terlalu lama bermain games dan terkena sinar hp langsung ke mata.
Gangguan penglihatan ini sebenarnya dapat kita rasakan jika berjam-jam bermain gadget tanpa henti GanSis, namun kadang karena kita terlalu semangat dalam bermain games kita akan menepis gangguan penglihatan tersebut.

4. Insomnia
Insomnia atau kurang tidur, juga menjadi salah satu dampak buruk dari bermain games tanpa henti GanSis.
Adrenalin pada diri seorang gamers akan semakin meningkat jika mereka tidak berhenti-berhenti dalam bermain, dan hal inilah yang mengakibatkan pemain susah untuk tidur, insomnia dan pusing.

5. Kematian
Beberapa kasus kematian tragis juga diberitakan di berita nasional dan Internasional bahwa bermain games secara berlebih-lebihan atau kecanduan juga dapat mengakibatkan kematian.
Menurut penjelasan dokter, kematian karena bermain games online ini adalah efek sinar radiasi yang membuat mereka mengalami gangguan saraf dan berdampak kematian!


Quote:


Nah, 5 point di atas adalah dampak buruk dari terlalu berlebih-lebihan dalam bermain games tanpa memperhatikan waktu aman dan normal bermain games GanSis.

Perlu diingat, setiap orang memiliki kekuatan fisik yang berbeda-beda, begitupun dengan kekuatan fisik kita saat bermain games.
Sehingga kita harus paham cara membagi waktu yang baik untuk bermain games dan melakukan aktifitas harian lainnya!

Para gamers profesional pun mereka juga memiliki cara mengatur waktu yang baik untuk bermain games loh GanSis, jadi mereka tetap produktif dan sehat.

Oke, itulah tadi thread yang membahas seputar bahaya kecanduan games online. Semoga bermanfaat!


Quote:


Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan dan Opini pribadi
Sumber gambar: Google pict

mbakendut
andrerain5
gustiarny
gustiarny dan 18 lainnya memberi reputasi
19
4.9K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.