News
Batal
KATEGORI
link has been copied
12
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60407bda9b2b8f4911324515/satu-tahun-covid-19-di-indonesia-seremoni-jamu-jamuan-terawan-diungkit
Satu Tahun Covid-19 di Indonesia, Seremoni Jamu-jamuan Terawan Diungkit Reza Gunadha | Hernawan Selasa, 02 Maret 2021 | 12:37 WIB Satu tahun corona di Indonesia, momen jamu-jamuan Terawan diungkit (Twitter). Suara.com - Satu tahun Covid-19 di Indonesia, publik mengungkit eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang dulu pernah menggelar seremoni guna merayakan kesembuhan tiga pasien pertama po
Lapor Hansip
04-03-2021 13:19

Satu Tahun Covid-19 di Indonesia, Seremoni Jamu-jamuan Terawan Diungkit

Satu Tahun Covid-19 di Indonesia, Seremoni Jamu-jamuan Terawan Diungkit
Reza Gunadha | Hernawan
Selasa, 02 Maret 2021 | 12:37 WIB

Satu Tahun Covid-19 di Indonesia, Seremoni Jamu-jamuan Terawan DiungkitSatu tahun corona di Indonesia, momen jamu-jamuan Terawan diungkit (Twitter).

Suara.com - Satu tahun Covid-19 di Indonesia, publik mengungkit eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang dulu pernah menggelar seremoni guna merayakan kesembuhan tiga pasien pertama positif Covid-19.
Momen Terawan bagi-bagi hadiah jamu satu tahun lalu itu bergulir kembali dan mewarnai linimasa media sosial pada Selasa (2/3/2021). Acara seremonial itu pun ramai dicap aneh.
Pemilik akun Twitter @jt*****x misalnya, dia turut membagikan kilas balik momen Terawan yang jabatannya sebagai Menteri Kesehatan kini digantikan oleh Budi Gunadi Sadikin.
Dengan menyematkan foto Terawan bersama tiga penyintas Covid-19 pertama Indonesia, dia menulis narasi berbunyi "memiliki satu tahun terselenggaranya acara aneh ini".
Baca Juga: Mesin Pendingin Rusak, 1.000 Dosis Vaksin Covid-19 di Jepang Terbuang
Kicauan itu disambut kehebohan publik. Hingga artikel ini ditulis, momen lama Terawan tersebut telah menembus 1.700 retweets dan disukai hampir 2.500 orang.
Satu Tahun Covid-19 di Indonesia, Seremoni Jamu-jamuan Terawan DiungkitSatu tahun corona di Indonesia, momen jamu-jamuan Terawan diungkit (Twitter).
Tidak hanya itu, potret Terawan saat acara seremoni tersebut juga tampak dibanjiri berbagai macam komentar.
"Sampai sekarang gak habis pikir sama ini," ujar @ss*******aa.
"Pakai jamu. Ya Allah, betapa absurd-nya," balas @an***na.
"Negara hobi apresiasi," timpal balas @ra********gg.

Baca Juga: Ratusan Personel TNI-Polri di NTB Dilatih Jadi Petugas Vaksinasi
Bagaimana jalannya seremoni yang terjadi pada bulan Maret tahun 2020 itu?
Momen Seremoni
Terawan yang kala itu menjabat sebagai Menteri Kesehatan mengaku bersyukur atas kesembuhan tiga pasien pertama positif Covid-19.
Rasa syukur yang dituangkan dalam seremoni pemberian oleh-oleh berupa jamu tersebut dilakukan pada Senin (16/3/2021) di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara.
"Ucapkan syukur kami panjatkan dengan sehatnya kembali saudara-saudara kita pasien nomor 01, 02, dan 03," ujar Terawan.
Ketiga pasien yang sudah sembuh tersebut adalah Nurshita, Maria, dan Ratri. Sebagai bentuk rasa syukur itulah Terawan memberikan buah tangan minuman sehat berupa jamu, dari Presiden Joko Widodo.
"Saya di sini sekalian bawakan oleh-oleh, buah tangan dari Bapak Presiden untuk bekal buat pasien 01, 02, 03 yang sudah sehat, fisik maupun laboratorium. Semua sehat, berupa jamu. Jadi akan diberikan jamu dari Bapak Presiden supaya bisa daya tahan tubuh dan imunitasnya tetap sehat terus," ungkap Terawan.
Dengan minuman itu, Terawan berharap ketiga pasien sembuh ini mampu menjaga dan menerapkan pola hidup sehat, sehingga jadi contoh di masyarakat.
Sebagaimana juga kata Terawan, itu adalah pesan yang diberikan Presiden Jokowi untuk ketiga pasien tersebut.
"Pesan Bapak Presiden, mohon apa yang disiapkAn bisa diminum dan dinikmati tambah kesehatannya," katanya.
Jamu sebanyak 2 botol diberikan Terawan kepada para pejuang Covid-19 yang berhasil sembuh ini. Satu botol untuk Shita dan ibunya Maria, dan 1 botol lagi diberikan pada Ratri.
"Ini tambahan penyakit ini tidak pelru ditakuti, (karena) bisa sembuh dengan baik, hanya butuh proses supaya bisa jadi sembuh," tutupnya.
Kontroversi
Seremonial ala Terawan itu menuai komentar menohok dari berbagai kalangan. Diantaranya Bos Lembaga Survei Charta Politika Yunarto Wijaya dan Eks Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu.
Menurut Yunarto, seremoni pemberikan ramuan yang diyakini bekhasiat untuk kesehatan tubuh itu menyebalkan. Meski begitu, ia merasa bersyukur tiga telah dinyatakan sembuh dari virus mematikan.
"Kami bersyukur karena pasien sembuh. Tapi maaf Pak, seremoni jamu-jamuan itu terasa nyebelin...Paling gak menurut saya," tulis Yunarto seperti dikutip Suara.com, Selasa (17/3/2020).
Pernyataan Yunarto tersebut mendapat sambutan dari Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Muhammad Said Didu yang mengaku sependapat.
Bahkan Said Didu turut memberikan sindiran kepada Terawan. Ia meminta Terawan untuk berhenti bercanda, sebab kekinian Indonesia menjadi sorotan dunia terkait penanganan corona.
"Setuju. Menkes harus sadar bahwa Indonesia jadi sorotan dunia tentang penanganan corona. Berhentilah bercanda dlm hadapi persoalan serius bangsa," balas Said Didu.

https://www.suara.com/news/2021/03/0...ngkit?page=all


"nyambut" koped kok pake jamu, apa2an tuh emoticon-DP
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Satu Tahun Covid-19 di Indonesia, Seremoni Jamu-jamuan Terawan Diungkit
04-03-2021 13:22
belum memperingati meme mug motif jadul isi minuman jahe?emoticon-Ngakak
0 0
0
Satu Tahun Covid-19 di Indonesia, Seremoni Jamu-jamuan Terawan Diungkit
04-03-2021 13:36
Untungnya sdh DIPECAT emoticon-Wakaka
0 0
0
Satu Tahun Covid-19 di Indonesia, Seremoni Jamu-jamuan Terawan Diungkit
04-03-2021 13:39
udah gue bacotin dulu terlalu awal bikin acara ceremonial macam gini, malah gue dihujat sama cebong laknat dan terawanismeemoticon-Nohope


emoticon-Ngacir
Diubah oleh galbadia
0 0
0
Satu Tahun Covid-19 di Indonesia, Seremoni Jamu-jamuan Terawan Diungkit
04-03-2021 13:43
salah satu budaya goblok di birokrasi
semua harus ada ceremony
0 0
0
Satu Tahun Covid-19 di Indonesia, Seremoni Jamu-jamuan Terawan Diungkit
04-03-2021 14:04
bangslak lah waktu viral jamu itu gegara ikut ngehujat terawan di tuduh kadrun emoticon-Najis
profile-picture
galbadia memberi reputasi
1 0
1
Satu Tahun Covid-19 di Indonesia, Seremoni Jamu-jamuan Terawan Diungkit
04-03-2021 14:10
Pd hal terawan cuma menyampaikan hadiah dari pak presiden, tapi justru terawannya yg dibully.

Diikutin maunya aja dipecat, apalagi ga diikutin.











emoticon-Cool
0 0
0
Satu Tahun Covid-19 di Indonesia, Seremoni Jamu-jamuan Terawan Diungkit
04-03-2021 14:20
ane mau jamu kuat aja dehemoticon-Leh Uga
0 0
0
Satu Tahun Covid-19 di Indonesia, Seremoni Jamu-jamuan Terawan Diungkit
04-03-2021 14:50
Ini bencana..bukan malah hiburan, kok pakai seremoni 1 tahunan segala...klo misal seremoni 1 tahun bebas pandemi okelah, dihitung dari pemerintah menyatakan resmi Indonesia bebas covid
0 0
0
Satu Tahun Covid-19 di Indonesia, Seremoni Jamu-jamuan Terawan Diungkit
04-03-2021 15:31
masih banyak negara lain yang ga sebagus +62
0 0
0
Satu Tahun Covid-19 di Indonesia, Seremoni Jamu-jamuan Terawan Diungkit
04-03-2021 16:39
mencapai 2 juta kasus adalah frestasi
0 0
0
Satu Tahun Covid-19 di Indonesia, Seremoni Jamu-jamuan Terawan Diungkit
04-03-2021 16:45
Setidaknya masih ada ikhtiar.Mau pake jamu,mau pake minyak kayu putih atau cuma wudhu dan berdoa.Semua itu sangat jauh lebih berguna daripada diam menunggu nasib dan membully orang.Klo boleh jujur,ente pada yg pernah kena,pasti juga bingung dan mencoba segala cara untuk berusaha sembuh.Minum jamu,kayu putih,bawang merah,dll.😂
0 0
0
Satu Tahun Covid-19 di Indonesia, Seremoni Jamu-jamuan Terawan Diungkit
04-03-2021 21:27
kalo lihat seremoni ini dan perkembangan Covid-19 di Indonesia plus dunia.. ini acara absurd abis sih emoticon-Sorry

gak pake masker, berkerumun, dikasih jamu, bikin spanduk.. seolah berharap covid-19 selesai sebentar lagi nyatanya masih ada sampai selarang emoticon-Sorry
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia