• Beranda
  • ...
  • Sports
  • Rogerio Mucke Ceni, Kiper Topskorer Sepanjang Masa dari Sao Paulo, Mesin Gol Nih!

makariosamuelAvatar border
TS
makariosamuel
Rogerio Mucke Ceni, Kiper Topskorer Sepanjang Masa dari Sao Paulo, Mesin Gol Nih!
Kalau membahas tentang mesin pencetak gol, pasti duo mega bintang dunia seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sudah GanSis tau dong? Ronaldo tepat pada lima Februari kemarin, doi bertambah usia nih gan yang ke-36. Tapi kalian tahu gak sih kalau di usia segitu Ronaldo masih menjadi pencetak gol terbanyak sementara di Serie A lho GanSis. Ia sudah mencetak 20 gol bersama Juventus di musim ini. Disusul Romelu Lukaku yang selisih dua gol atas Ronaldo dengan mengemas 18 gol nih.


(Selebrasi Ceni dan Rekannya, Usai Dirinya Sukses Cetak Gol, Foto: SPFC)

Ya kalau pemain yang berperan di lini depan okelah ya bisa cetak gol, tapi kalian tau gak nih kalau ada kiper pencetak gol terbanyak dalam satu musim untuk klubnya? Penasaran dong siapa sih kiper tersebut? Yuk lets go..

Pada tahun 1973 ada salah satu kiper yang lahir di Pato Branco, salah satu kota di Brasil yang bernama Rogerio Mucke Ceni. Di awal kariernya, dia sempat bermain satu musim bersama Sinop salah satu tim yang berbasis di Brasil musim 1990-91. Kemudian musim 1993, ia memperkuat Sao Paulo hingga 2015 setelah menyatakan dirinya gantung sepatu. Ceni juga turut andil dalam membela timnas Brasil dengan mengoleksi 16 caps. Nah selama berkarier sebagai kiper, doi udah bikin 129 gol dari 1217 laga resmi gan. Dengan torehannya itu, dia mendapat predikat sebagai kiper dengan gol terbanyak sepanjang sejarah.

Ceni juga dikenal lihai dalam mengeksekusi bola mati. Dari 129 gol yang doi cetak, 59 diantaranya berasal dari tendangan bebas. Kok bisa sih sejago itu buat seorang kiper? Pasalnya, dari kecil Ceni sebenarnya punya akurasi yang ciamboy GanSis. Dibawah kepelatihan Muricy Ramalho, Ceni latihan cukup intens. Akhirnya tahun 1997 setelah enam bulan latihan dengan 15 ribu tendangan, Ceni dipercaya untuk menjadi eksekutor bola mati.

Terus kalau eksekusi bola mati, gawangnya siapa yang jaga? Nah, Ceni sudah pintar mengatur waktu buat balik ke gawangnya dengan cepat biar gak kebobolan. Soalnya, laga melawan Fluminese tahun 2002 silam, doi kecolongan dan kebobolan setelah sebelumnya Ceni cetak gol dari tendangan bebas untuk Sao Paulo. Berarti kalau gitu dia selebrasinya waktu balik ke gawang aja ya GanSis? hahaha..

Tepat di musim 2005 merupakan musim keemasan untuk Ceni. Doi sukses mencetak 21 gol dari 75 penampilan. Gokilnya lagi, dia menjadi pencetak gol terbanyak untuk Sao Paulo saat itu, ngalahin penyerang kayak Marcio Amoroso (16 gol), Diego Tardelli (16 gol), Grafite (13 gol), dan Luizao (11 gol). Gak hanya jadi topskorer, Ceni juga mengantarkan Sao Paulo juara di tiga kompetisi, Copa Libertadores, Campeonato Paulista, dan FIFA Club World Cup yang ngalahin Liverpool waktu di final dengan skor tipis 1-0. Kasian bango jadi korban..

Dengan pencapaian doi kayanya bakal sulit banget buat dipecahin sama kiper-kiper zaman sekarang. Ya paling ngga ngasih asistlah kaya kiper City tuh si Ederson waktu kiper bango si Allison blunder, eh jadi kebobolan deh wkwkwk..
Menurut GanSis bakal ada yang bisa mecahin rekor Ceni gak nih? Tulis di kolom komentar kuy!



Sumber
0
719
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
Sports
icon
22.9KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.