• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Benarkah Kehadiran Dan Bunyi Tokek Berhubungan Dengan Mistis? Ini Faktanya!

istijabah
TS
istijabah
Benarkah Kehadiran Dan Bunyi Tokek Berhubungan Dengan Mistis? Ini Faktanya!



sumber gambar: tokek


Tokek merupakan binatang yang masih satu spesies dengan kadal dan juga masih berkerabat dekat dengan cicak, karena mereka sama-sama masih anggota family Gekkonidae.

Perbedaan antara tokek dan cicak hanya dari ukuran dan kulitnya saja, kedua binatang ini juga sama-sama bisa memutuskan ekornya saat merasa terancam.

Semenjak tersebar kabar tentang fantastisnya harga seekor tokek, orang-orang banyak memburu binatang melata ini. Kabarnya, manfaat dari bagian tertentu tokek yang dapat mengobati penyakit-penyakit akut itu yang menjadikan harga jual tokek meroket.

Namun, jauh sebelum kabar harga tokek yang fantastis itu, keberadaan tokek selalu dikait-kaitkan dengan mitos-mitos yang berhubungan dengan hal gaib dan mistis.

Salah satu mitos yang beredar adalah tentang hitungan jumlah bunyi tokek, antara ganjil atau genap mempunyai arti tersendiri yang berhubungan dengan kabar baik atau sebaliknya.


sumber gambar: tokek rumah

Selain itu, mitos lainnya adalah kala tokek berbunyi itu adalah tanda adanya makhluk tak kasat mata di sekitar tempat itu.

Apakah itu benar?

Faktanya kita semua hidup di dunia ini selalu berdampingan dengan mereka yang tak kasat mata. Jadi, tanpa adanya sinyal bunyi dari tokek pun mereka ada di dekat kita, itu menurut pendapatku.

Lalu, apa fakta sebenarnya saat tokek berbunyi itu?

Dari kecil aku sudah hidup di desa dan di sekitar rumahku itu banyak pepohonan, dari pohon mangga sampai pohon bambu dan pohon-pohon lainnya. Jadi, tidak heran jika saat malam hari banyak bunyi tokek yang saling bersahutan.

Malam hari merupakan waktu berburu untuk para tokek karena mata tokek lebih aktif dan jeli saat malam hari.

Bunyi itu tidak hanya dari luar saja (dari pepohonan itu), tapi juga dari dalam rumah tempat tinggalku.

Jadi, menurutku, tokek berbunyi itu adalah cara mereka berkomunikasi dan menunjukkan keberadaan atau wilayah mereka pada tokek-tokek yang lain, dan tidak ada hubungannya dengan hal-hal mistis.


tokek saat bertemu pasangan
sumber gambar: dok.pri


Selain karena itu, biasanya yang aku lihat itu (di dalam rumahku, ya) tokek akan berbunyi saat bertemu dengan tokek lainnya, pasangannya misalnya.

Sedangkan keberadaan tokek di dalam rumah itu karena tokek mencari tempat yang hangat dan aman untuk mereka tinggali. Makanya, mereka sering berada di celah-celah yang ada di rumah kita, seperti di belakang lemari.


Tokek bukanlah binatang yang berbahaya dan juga tidak beracun, tapi gigitan tokek sangat kuat dan menyakitkan.

Tokek memang aman dipelihara, tapi sebelum memelihara kita juga harus tahu bahwa air liur tokek itu mengandung bakteri Salmonella.

bakteri Salmonella adalah bakteri yang dapat mengganggu sistem pencernaan yang dapat menyebabkan diare, demam dan keracunan makanan.

Bakteri Salmonella yang ada pada tokek tersebut dapat menular pada manusia yang melakukan kontak langsung dengan air liur tokek saat tokek sakit atau terkena infeksi.

Untuk mencegahnya adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun sesaat setelah melakukan kontak dengan tokek.

Oke, sampai di sini thread tentang tokek ini, jika ada pengalaman lain tentang tokek dari para kaskuser di sini, monggo sharing di kolom komentar.

Terima kasih :terimakasih

@istijabah
Referensi: di sini, di sini dan pengalaman pribadi.




antibaper77dadi010196Cahayahalimah
Cahayahalimah dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.8K
32
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.