hugomaran
TS
hugomaran
3 Prinsip Kebaikan yang Tidak Boleh Kita Lupa Selama Hidup
Prinsip Kebaikan


Kebaikan merupakan sumber ajaran yang diperoleh oleh manusia dari manusia lain yang menjadi sebuah dasar dalam hidup. Agar dapat memahami makna dalam hidup bersama dengan satu manusia bersama manusia lain. Memaknai ajaran untuk; mengasihi dan menghormati.

Siapa diantara kita yang tidak ingin melakukan hal baik dalam hidupnya? Tentu saja, semua orang menginginkan hal itu harus dia lakukan. Mengapa demikian orang harus melakukan hal itu? Pertanyaan yang sampai pada hari ini tentu kita masih mendengarkannya.

Salah satu contoh; seseorang sedang berjalan di tengah kota yang ramai, kemudian kebetulan saja dia berpapasan dengan seorang dengan kondisi fisik yang terbilang cukup memprihatinkan, matanya kehilangan pengelihatan secara normal, lantas demikian orang tersebut langsung menolongnya untuk melewati keramaiaan itu. Menjadi pertanyaan, apakah perilaku itu berdasarkan pemaksaan atau permintaan dari orang yang kehilangan pengelihatan tersebut? Tentu tidak. Maka, inilah kemudian disebut sebagai kebaikan yang dilakukan terhadap sesama manusia, tanpa memandang siapa dia bagi diri kita. Dan masih banyak contoh yang lainnya dalam hidup ini.

Sentral kehidupan manusia pada umumnya, hanyalah bagaimana dia dapat melakukan hal baik dalam dirinya dan terhadap orang lain, sebab, kebaikan merupakan harapan paling universal dalam diri setiap orang. Jika ingin menjadi orang yang dikenal akan kebaikan, maka, lakukan hal yang mencerminkan nilai-nilai kebaikan. Tanpa membutuhkan pengakuan oleh orang lain terhadap diri kita.

Dengan Demikian, Simaklah Prinsip Kebaikan Dalam Diri Manusia yang Merupakan Dorongan Dari Dalam Dirinya berikut ini:

1. Kebaikan yang merupakan tradisi


Pilihan untuk menjadi baik atau sebaliknya, merupakan rahasia hidup masing-masing orang. Namun, pada dasarnya kebaikan itu sudah murni dibentuk sejak lahir oleh keluarga, maka, kapan dan di mana pun tempatnya orang itu akan terus berlaku baik kepada semua orang. Dia tidak akan mebutuhkan sebuah hormat dari orang lain untuk dirinya, sebab yang dia lakukan merupakan cerminan dari tradisi keluarganya sendiri.

2. Kebaikan memberikan kita tujuan hidup


Sadar atau pun tidak, ketika kebaikan selalu kita perbuat demi orang lain dengan ketulusan hati, lambat laun rezeki pun selalu mampir dalam hidup kita, dengan ceritanya yang berbeda-beda. Orang baik tentu hidupnya selalu dilimpahkan rezeki, sebab dari tangannya dia selalu membantu orang lain. Itulah iman sesungguhnya dalam diri kita sebagai manusia.

Kebaikan yang kita perbuat, mampu menghantarkan kita pada beberapa aspek hidup yang jelas, misalnya profesi kita sebagai petugas medis, dan kita mampu melayani setiap orang demi kesembuhan mereka dengan penuh cinta, maka itu sudah mencerminkan bahwa kebaikan kita sudah menghantarkan kita pada kejelasan hidup. Karena orang mengingat ketulusan pelayanan kita. Dan masih banyak lagi kebaikan-kebaikan yang tidak dapat kita sampaikan secara terperinci.


3. Kebaikan itu dapat membantu orang lain


Bukan lagi hal baru bagi kebaikan, jika bukan tujuan kita berbuat baik hanyalah kepada kita sesama manusia. Menolong orang, memberi dan menerima merupakan satu kesatuan yang melekat dalam sifat kebaikan.

Kebaikan mampu meberikan kita rasa syukur dalam hati yang paling mendasar, meningkatkan rasa kepeduliaan kita kepada orang lain. Yang kebetulan saja berada dalam masa kekurangan.

Kebaikan itu modal paling sederhana untuk kita dikenal dan dihargai, bukan karena kita menginginkan hal itu, tetapi itulah balasan atas kebaikan diri kita pada orang lain. Tidak harus memberi banyak kepada orang lain, baru kita merasa bahwa kita sudah melakukan kebaikan, tetapi sekecil apapun kita sudah memberi dari kepunyaan kita, maka kebaikan sesungguhnya adalah: DEMIKIAN.


Sumber Gambar : unsplash.com
UPG/ 31’1020
Ditulis oleh: @hugomaran
Diubah oleh hugomaran 03-03-2021 15:34
felia1710mountainflatormarr
ormarr dan 11 lainnya memberi reputasi
12
5K
47
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
Inspirasi
icon
10.5KThread6.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.