Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
234
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603e714ea32f4700116aa66d/orang-lain-dibaik-baikin-saudara-sendiri-dimusuhin-apa-penyebabnya
Konflik dalam sebuah keluarga bukan hal yang aneh lagi. Entah itu di dalam keluarga kecil ataupun keluarga besar. Konflik seringkali berkepanjangan sehingga jadi perang dingin, bahkan berubah menjadi kasus kriminalitas.
Lapor Hansip
03-03-2021 00:09

Orang Lain Dibaik-baikin, Saudara Sendiri Dimusuhin. Apa Penyebabnya?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Orang Lain Dibaik-baikin, Saudara Sendiri Dimusuhin. Apa Penyebabnya?

Konflik dalam sebuah keluarga bukan hal yang aneh lagi. Entah itu di dalam keluarga kecil ataupun keluarga besar. Konflik seringkali berkepanjangan sehingga jadi perang dingin, bahkan berubah menjadi kasus kriminalitas.

Jika Gansis sering lihat berita-berita kriminal di media, pasti ada saja kasus seperti di atas. Entah itu karena warisan, perselingkuhan, atau masalah persaingan bisnis antar saudara.

Hubungan keluarga harusnya harmonis. Mengingat masa kecil tumbuh bersama, bermain bersama, dibesarkan bersama. Namun, kenapa jika terjadi konflik tali persaudaraan terputus dan malah menjadi musuh bebuyutan.

Ane sendiri sering menyaksikan tetangga bermusuhan dengan saudaranya sendiri. Padahal mereka saudara kandung, sedarah. Rumahnya pun rata-rata berdekatan jaraknya, bahkan berdempetan. 

Orang Lain Dibaik-baikin, Saudara Sendiri Dimusuhin. Apa Penyebabnya?

Mereka bersaing, menjelekkan satu sama lain, berusaha menunjukkan bahwa dirinyalah yang baik, sedangkan saudara mereka yang terburuk dan jahat. Repotnya lagi jika kebencian tersebut diturunkan kepada anak cucunya.

Kadang untuk mencari muka, semua tetangga/teman dibaik-baikin, sedangkan saudaranya tadi disindir, dihina, bahkan menutup mata terhadap kesusahan saudaranya.

Quote:Sebenarnya apa sih yang menyebabkan keretakan hubungan persaudaraan ini? Lelah sekali jika menjadikan saudara musuh bebuyutan. Menurut pengamatan ane, ada beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut:

1. Salah asuhan

Anak itu cerminan orangtuanya. Karena ia belajar pertama kali dari orangtuanya. Ayah-Ibu bertanggung jawab dua puluh empat jam terhadap anaknya hingga dewasa. Yang membentuk karakter, tumbuh kembangnya, mengawasi kesehatan mental dan fisik adalah orangtua.

Ketika ada hal-hal buruk pada anaknya, orangtua hendaknya memperbaiki semaksimal mungkin. Misalnya anak temperamen, bagaimana orangtua mengajari cara mengendalikan sikap tersebut.

2. Iri dengki

Orangtua harus sangat hati-hati dan peka dalam membagi perhatian dan kasih sayang pada orangtuanya. Jangan sampai anak merasa disepelekan, terhina, terluka gara-gara dibanding-bandingkan dengan saudaranya.

Anggapan bahwa anak diperlakukan tidak adil, akan terekam dalam memori hingga ia dewasa, menjadi bibit iri dengki. Lebih ngeri lagi jika menjadi dendam. Sehingga kelak saat ia merasa sudah tak sanggup memendamnya, maka akan timbul keinginan untuk membalas pada saudaranya.

3. Keserakahan

Sejak kecil, anak harus diajari menghargai hak saudaranya. Menanamkan bahwa mengambil hak saudaranya adalah perilaku yang sangat buruk.

Menanamkan sejak dini pemahaman tersebut sangat penting. Sehingga karakter dan kepribadian yang kuat akan terbentuk, tidak mudah dipengaruhi agar melakukan hal buruk oleh orang terdekatnya kelak.

Jika Gansis amati, timbulnya keserakahan tak jarang datang dari pasangan hidup anak. Sifat lemah menjadikan tidak tegas, mudah dipengaruhi agar mengambil hak saudaranya.

4. Tidak diajarkan untuk saling memaafkan

Gansis setuju, nggak, kalau seseorang semakin tua, keegoisannya semakin tinggi. Apalagi jika sifat aslinya memang egois. Ia tak akan mampu mengakui kesalahan, apalagi meminta maaf dengan tulus.

Demikian juga untuk memberikan maaf, yang ada ia akan terus mengingat kesalahan tersebut hingga akhir hayat. Bahkan mewariskan rasa sakit hatinya kepada keturunannya.


Orang Lain Dibaik-baikin, Saudara Sendiri Dimusuhin. Apa Penyebabnya?

Ane pernah membaca di salah satu artikel psikologi, bahwa membentuk kepribadian anak batas waktunya sampai ia berumur empat belas sampai lima belas tahunan. Dalam tahap ini, ia mulai memiliki sudut pandang sendiri. Dasar pembentukan karakter yang kuat sejak dini, mulai terlihat dalam tahap ini. Setelah usia tersebut, seorang anak mulai membuat keputusannya sendiri.

Beberapa hal tadi sangat wajib diperhatikan oleh orangtua. Bibit-bibit rasa sakit hati, ketidakadilan yang dirasakan salah satu anak terhadap saudaranya, kelak menjadi pemicu konflik antar saudara. Ujung-ujungnya orangtua juga yang merasakan kesusahan.

Ini hanya pendapat ane berdasarkan apa yang ane lihat, rasakan, juga dari beberapa artikel yang pernah ane baca. Silakan bagi Gansis yang ingin menambahkan dan berbagi pengetahuan dan pengalaman, komen di kolom komentar. Kita diskusi santuy sambil nyeruput kopi.

Malang, 3 Maret 2021

Opini @InaSendry
Referensi bacaan 1 2 3 4

Orang Lain Dibaik-baikin, Saudara Sendiri Dimusuhin. Apa Penyebabnya?
Diubah oleh InaSendry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ElviHusna dan 54 lainnya memberi reputasi
51
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 6
Orang Lain Dibaik-baikin, Saudara Sendiri Dimusuhin. Apa Penyebabnya?
03-03-2021 08:50
kita gak bisa milih punya hubungan darah dengan siapa, tapi kita bisa milih punya hubungan baik dengan siapa.
profile-picture
profile-picture
omgemesh dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Orang Lain Dibaik-baikin, Saudara Sendiri Dimusuhin. Apa Penyebabnya?
03-03-2021 09:28
Kalau sudah pernah dekat dan disakiti biasanya seperti itu gans, saudara sendir tentu sangat dekat dan mungkin sering tidak sesuai dan pernah terjadi pertentangan jadinya dendamnya lebih besar
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Orang Lain Dibaik-baikin, Saudara Sendiri Dimusuhin. Apa Penyebabnya?
03-03-2021 09:34
wah kejadian di keluarga ane juga tuh
tepatnya ipar ane
dia benci sama adik beradik nya sendiri
malah lebih bagus2in sahabatnya sendiri
ipar ane menyalahkan adik beradik nya atas nasib hidupnya yg gak pernah berhasil seumur hidup nya
dia sendiri gak prnah introspeksi diri
karena adik beradiknya udah pada berumah tangga, otomatis gak bisa terus menerus nolong ipar ane itu
dari situ dia merasa terpinggirkan, merasa dijauhi
pdhal masalah nya kebanyakan bikinan dia sendiri
udah tau hidup pas pasan, masih nekad ka win lagi, bikin anak baru lagi, tambah berat beban nya, apalagi dia pengganguran, gak pnya skill, gak prnah cocok kerja sama siapapun, giliran wiraswasta gagal melulu, dan gak pernah kepikiran utk upgrade kualitas dirinya sendiri agar rejeki nya di permudah
gimana org mau pake jasa dia kalo skill nya tidak meyakinkan?
adik beradiknya juga lama lama ngeri dan menjauh biar gak kecipratan masalah nya dia
apalagi musim covid gini, serba ngepas income masing2, boro2 nolongin dia

satu lagi kejadian di kamar rumah sakit tempat ibu ane di opname
bed sebelah isinya nenek tua, punya anak 8, perempuan nya cuma anak nomor 1 dan 8 aja, sisanya cowo semua, gak ada yg mau ngurus tuh nenek kecuali anak no.8 aja (bungsu)
alasannya lagi musim covid
tapi alasan sebenarnya you know lah, repot ngurus lansia itu, harus 24 jam disamping nya, walau bergantian sekalipun, tetap aja gak ngenakin, si penunggu otomatis gak bisa kerja lagi, makanya pada ogah2an
dari situ hubungan si nenek dgn ketujuh anaknya ikutan memburuk, sampai keluar sumpah serapah gitu, untung gak dikutuk jadi batu kek malin kundang aja, karena cuma si bungsu aja yg mau 24 jam di samping tuh nenek
eehhh kemarin di kasi obat penenang, rada mendingah deh tuh nenek, gak berisik lagi kayak kemarin2 emoticon-Wakaka
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Orang Lain Dibaik-baikin, Saudara Sendiri Dimusuhin. Apa Penyebabnya?
03-03-2021 09:50
keluarga macem2....dan fakta kalau keluarga lebih kejam dari orang luar itu benar adanya, contoh paling nyata sih yang kecatet sejarah itu keluarga kerajaan, saling menjegal dan membunuh buat dapat tahta emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan caerbannogrbbt memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Orang Lain Dibaik-baikin, Saudara Sendiri Dimusuhin. Apa Penyebabnya?
03-03-2021 09:58
Serakah apalagi kalau masalah warisan emoticon-Leh Uga
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Orang Lain Dibaik-baikin, Saudara Sendiri Dimusuhin. Apa Penyebabnya?
03-03-2021 10:15
5. mencari simpati dari orang

emoticon-Thinking
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Orang Lain Dibaik-baikin, Saudara Sendiri Dimusuhin. Apa Penyebabnya?
03-03-2021 10:17
Kalo ane sih sebenernya beefing sama sodara gak sedarah. Mereka itu sombong dan angkuh luar biasa sama harta kekayaan mereka, ane sama keluarga inti udh sepakat utk ngejauhin, bukan membenci ya.

Makanya dulu kalo lebaran, ane jujur paling males ngikut ortu utk silaturahmi ke sodara2. Ane malah ngabur ke warkop terdekat, kang kopi sama warga disitu lebih friendly.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Orang Lain Dibaik-baikin, Saudara Sendiri Dimusuhin. Apa Penyebabnya?
03-03-2021 10:27
Kebetulan gw juga pelaku beginian.
Penyebab nya adalah kelakuan sodara gw yg telah berbuat tidak hormat serta mencemarkan nama baik keluarga.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan caerbannogrbbt memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Orang Lain Dibaik-baikin, Saudara Sendiri Dimusuhin. Apa Penyebabnya?
03-03-2021 10:27
biasanya karena nganan Gan,
kalau gak hutang
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Orang Lain Dibaik-baikin, Saudara Sendiri Dimusuhin. Apa Penyebabnya?
03-03-2021 16:39
Nah, aku sering diperlakukan gini. Mai kubales tapi masih asik rebahan akunya.🤣
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan InaSendry memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Orang Lain Dibaik-baikin, Saudara Sendiri Dimusuhin. Apa Penyebabnya?
03-03-2021 17:26
Udh biasa gan...utamanya memang krn ujung2nya masalah uang/harta/jabatan/status sosial,ane sendiri pun ngalamin hal spt itu (ane gk pernah minta ke saudara sepeserpun semenjak lahir tp ttp aja ada yg menjelekkan ane emoticon-Smilie)

Intinya :
dulur jadi batur (saudara jd orang lain)
batur jadi dulur (orang lain jd saudara)

emoticon-Blue Guy Smile (S)emoticon-Blue Guy Smile (S)
Diubah oleh kaskusid2013
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan caerbannogrbbt memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Orang Lain Dibaik-baikin, Saudara Sendiri Dimusuhin. Apa Penyebabnya?
03-03-2021 17:31
Egonya tinggi ...
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Orang Lain Dibaik-baikin, Saudara Sendiri Dimusuhin. Apa Penyebabnya?
04-03-2021 00:21
ini mah sinopsis FTV suara hati istri di indosiar yak
emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan caerbannogrbbt memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Orang Lain Dibaik-baikin, Saudara Sendiri Dimusuhin. Apa Penyebabnya?
04-03-2021 00:34
Sodara dibaikin suka gatau diri. Orang lain dibaikin masih ada timbal balik, mungkin segan kali ya bukan siapa siapa tapi dibaikin makanya ada rasa bales budi.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Orang Lain Dibaik-baikin, Saudara Sendiri Dimusuhin. Apa Penyebabnya?
04-03-2021 00:39
Kalau kata orang jawa sih "saudara itu kalau dekat mambu batang(bau bangkai), kalau jauh mambu kembang(bau bunga)
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Orang Lain Dibaik-baikin, Saudara Sendiri Dimusuhin. Apa Penyebabnya?
04-03-2021 00:45
Iya juga ya. emoticon-Malu
Kalau kasus ane, dari kecil emang nda serumah sama sodara ane. Jadi udah dewasanya kek sendiri2 gitu.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Orang Lain Dibaik-baikin, Saudara Sendiri Dimusuhin. Apa Penyebabnya?
04-03-2021 00:59
Not me

0 0
0
Orang Lain Dibaik-baikin, Saudara Sendiri Dimusuhin. Apa Penyebabnya?
04-03-2021 01:07
Menurut saya salah satunya ya.. Ego gan..terperangkap pengaruh istri/suami...tidak bisa melihat jernih permasalahan..
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Orang Lain Dibaik-baikin, Saudara Sendiri Dimusuhin. Apa Penyebabnya?
04-03-2021 01:23
Sampai detik ini saya ingat pola ajaran ortu saya, baik itu bokap nyokap atau kakek nenek, yakni selalu mengalah kepada adik, karena saya lebih tua sehingga saya lebih lama hidup sedangkan adik saya baru hidup.

Dan itu beneran jadi mindset mereka, jadi mereka pun selalu mengalah dengan anak atau cucu mereka.

Hasilnya, bisa ditebak lah, adik jadi arogan, pelit, egois, dsb, berani dengan yg lebih tua.

Setelah saya dewasa saya baru paham kalau dalam agama saya (islam) itu mengajarkan justru sebaliknya, kita harus selalu mengalah kepada yg lebih tua dari kita, itu bentuk penghormatan, bukankah lansia selalu jadi prioritas utama di fasilitas umum ?, nah itu contohnya, artinya kita lebih menghormati dan menghargai yg lebih tua.

Jangan-jangan orang di luar sana yg egois gk mau mengalah kepada lansia di fasilitas umum adalah para adik-adik yg dari kecil orang tuanya selalu mengalah kepadanya.

Untunglah adik-adik saya sekarang sudah bisa didakwahi dan sudah sadar, cuman sampai sekarang saya masih menyayangkan pola didik yg keliru macam itu.

profile-picture
profile-picture
sadewa3082 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia