News
Batal
KATEGORI
link has been copied
317
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603de92e3a47be54b27145eb/kasus-salah-transfer-bca-rp51-juta-jaksa-dihabiskan-terdakwa-2-hari
VIVA – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya I Gede Willy Pramana, proses perkara salah transfer dana Rp51 juta oleh BCA yang membelit terdakwa Ardi Pratama, sudah sesuai dengan Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). Jaksa juga meminta penasihat hukum terdakwa, R Hendrix Kurniawan, fokus pada materi pokok perkara dan sama-sama adu fakta di persidanga
Lapor Hansip
02-03-2021 14:28

Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari

Past Hot Thread
VIVA – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya I Gede Willy Pramana, proses perkara salah transfer dana Rp51 juta oleh BCA yang membelit terdakwa Ardi Pratama, sudah sesuai dengan Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).
Jaksa juga meminta penasihat hukum terdakwa, R Hendrix Kurniawan, fokus pada materi pokok perkara dan sama-sama adu fakta di persidangan.

Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
Willy mengatakan bahwa berkas perkara tersebut dinyatakan P21 alias lengkap oleh Kejaksaan pada 19 Januari 2021. Penyidik Kepolisian kemudian menyerahkan tersangka dan barang bukti (penyerahan tahap dua) keesokan harinya.
Baca juga: Polisi Pastikan Wilayah Freeport Kondusif Usai Baku Tembak dengan KKB
Menurutnya, proses secepat itu tidak dipersoalkan di dalam KUHAP. “Kalau memang penyidik melimpahkan besoknya, itu enggak masalah,” katanya dihubungi VIVA pada Senin, 1 Maret 2021.
Kejaksaan kemudian melimpahkan perkara tersebut ke Pengadilan Negeri Surabaya lima hari kemudian, yakni pada 25 Januari 2021. Willy pun mengakui bahwa pihaknya mengubah pasal di dalam surat dakwaan.
Pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang semula diterapkan penyidik Polrestabes Surabaya diubah dengan Pasal 372 KUHPidana tentang Penggelapan. Dengan demikian, pasal yang didakwakan jaksa kepada terdakwa Ardi ialah Pasal 85 UU No.3 Tahun 2011 Tentang Transfer Dana dan Pasal 327 KUHP tentang Penggelapan.
Willy menegaskan, jaksa memiliki kewenangan untuk mengubah pasal dari yang semula diterapkan oleh penyidik. Artinya, pengubahan pasal tersebut sudah sesuai dengan KUHAP.
“Itu kan kewenangan jaksa, karena jaksa tidak terikat. Kita ini kan pengendali perkara dan penerapan pasal jaksa yang berwenang. Yang mempertanggungjawabkan hasil penyidikan (di persidangan) kan jaksa, bukan polisi,” ungkap Kasubsi Prapenuntutan Kejari Perak itu.
Willy lantas menguraikan alasan menghapus pasal TPPU dan menggantinya dengan Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan di surat dakwaan Ardi.
“Ketika kita bicara TPPU, kita bicara hasil dari tindak pidana, berarti kita berbicara barang yang diperoleh yang berupa bentuk, kemudian harus jelas juga penguasaan barang, dan bertujuan harus jelas. Nah, ini belum ditemukan (di perkara Ardi),” ucapnya.
Adapun terkait kesalahan pihak BCA yang melakukan kesalahan transfer dana, kata Willy jaksa tidak berwenang mengurusi itu. Sebab, itu urusan internal pihak bank.
“Jadi, sebelum menggunakan uang yang masuk ke rekening, seharusnya Ardi dengan itikad baik melakukan pengecekan terhadap yang melakukan transfer, bukan malah langsung dipergunakan untuk kepentingan pribadinya. Perlu diketahui, uang Rp51 juta tersebut habis hanya dalam waktu dua hari sejak Ardi Pratama menerima dana tersebut,” tambahnya.
Keterangan Willy itu sekaligus sebagai bantahan atas tudingan penasihat hukum terdakwa, R Hendrix Kurniawan, yang menilai ada kejanggalan dalam proses hukum terhadap Ardi. Terkait cepatnya proses hukum Ardi di tingkat Kepolisian dan Kejaksaan.
“P21 tanggal 19 Januari, ketetapan jadwal sidang di pengadilan tanggal 23,” ujar Hendrik melalui sambungan telepon genggam kepada VIVA.
Hendrix menduga, proses hukum terhadap kliennya dibuat cepat untuk mengadang upayanya dalam mengajukan permohonan praperadilan atas penetapan tersangka dan penahanan Ardi. Sebab, dalam waktu bersamaan, pihak Ardi mengajukan praperadilan di Pengadilan Negeri Surabaya.
“Tujuannya agar praperadilan klien kami gugur,” ungkapnya.

Sumur



Mau dong dapet salah transfer gini....

klo ane sih abis dalam 2 jam aja. g perlu 2 hari.....

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Diubah oleh antonisalim007
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 28 lainnya memberi reputasi
27
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 8
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 12:04
Gak ngerti kenapa malah di penjara ya kan dia nerima uang salah transferan
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 14:40
uda niat maling mah ini ,, emoticon-Leh Uga
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 15:07
temen gue sekitar tahun 2013 pernah dapet transferan nyasar 11 juta. gak pake lama... kurang dr seminggu habis. kampretnya dia baru bilang setelah duitnya habis ke gue, dikira gue minta komisi kali ye hehe. anehnya, entah temen gue yg mujur dia gak pernah ada laporan apapun dr pihak bank... wkwkwk
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 15:24
Para komen di kaskus bagus2 semua... Karna di youtube pada nyalahin karyawan banknya.. intinya, jgn pakai uang slaah transfer, dlm 2 hari bs hbais? Pastinya dia tu emg sengaja g mau balikkan.. mw nyicil pula, apa g kasihan ama karyawan itu yg jarus nombok 51jt??
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 17:26
Iya ih... mau jg dpt transferan dong hehe
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 18:13
2 hari mah kelamaan...
sini..sini ...Ane pasti lebih cepett emoticon-Metal
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 18:34
Baru liat berita td..ini udah 1 tahun dia ga pernah nyicil..
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 22:46
Waduh lumayan juga 50jt ,klo misal yg ngegugat menang uang nya gimana tuh ?
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
04-03-2021 07:18
Belum cukup buat beli apem.
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
04-03-2021 07:40
makannya perbankan harus dihapuskan

ganti dengan BTC

tidak bisa diulang2
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
04-03-2021 07:48
Klo ada yg ngambil duit lewat atm, dibilang transaksi sah, mskpn ga jelas siapa yg ambil, klo transfer salah kok dikejar bgt, klo salah ya resiko pegawainya
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
04-03-2021 08:34
51 juta 2 hari?
kalo gue sih sejam
wishlist di toped gue bayarin semua tuh emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
04-03-2021 09:08
Mungkin yg jadi pertimbangan hakim adlh fakta tsk ngabisin duit brati ad niat
0 0
0
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
04-03-2021 10:06
Sebenarnya bagaimana juga ini adalah kesalahan Bank

Biarpun pegawainya sudah balikin uang nya ke bca

Tetap tanggung jawab perbankaan tersebut

* Salah Transfer adalah salah satu resiko perbankaan!

Mau Uang nya di habiskan dalam waktu 2 detik atau 2 menit juga penerima nya tidak bersalah!
Diubah oleh daimond25
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
04-03-2021 10:13
dua hari diabisin

niat maling ini mah emoticon-Leh Uga
0 0
0
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
04-03-2021 10:16
Ternyata perkara pidana ya gan, ane kira perdata
0 0
0
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
04-03-2021 17:18
51 juta mah sehari juga bisa ane habisin hahaha
0 0
0
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
05-03-2021 09:22
https://id.berita.yahoo.com/eks-kary...133802250.html lanjutan ceritanya buat netijing yang menyalahkan salah satu pihak.

DAPET TRANSFERAN BANYAK HARUSNYA KROSCEK, KALO EMANG MENTAL NYA MALING YA PASTI AJI MUMPUNG. MERASA TIDAK SALAH JADI BERHAK BUAT MAKE UANGNYA... KONT0L MEMANG emoticon-Lempar Bata
0 0
0
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
05-03-2021 13:38
Buset masih ada aja orang belain yang make barang bukan hak nya. Iya gw tau itu bank salah. Tapi lu make duitnya dan balikinnya lama juga salah. Lebih salah lagi malahan.

Coba aja lu salah masukin nomor rekening. Pas transfer duit 50ht baru nyadar lu salah. Buru buru ke bank buat lapor. Sama orangnya gak ada angin gak ada ujan anggap itu rejeki. Dipake semua duitnya. Masih rela gak tuh?

Atau lu tuan takur yang anggap duit 50jt recehan dan relakan dipake orang yang padahal mestinya dibalikin kalo orangnya bener.


emoticon-Ngakak
profile-picture
maverick1371 memberi reputasi
1 0
1
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
05-03-2021 17:32
ada asasnya gw lupa namanya, asas nemo apa gitu.

asalnya tuh dari agraria gabisa makai tanah yang jadi kelebihan dari hak nya.

intinya gabisa makai barang yang bukan hak nya, masuknya tak halal (scr uu).

jatuhnya pidana sama perdata, apalagi gada itikad baik, mau nyicil kok setelah jadi tersangka.
0 0
0
Halaman 7 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia