Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
129
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603ed76351dc51018234b0bc/mengenal-baron-caterpillar-ulat-yang-jago-menyamar-dan-cara-mengobati-gigitannya
Kala curah hujan sudah tak lagi tinggi, maka itu tanda bahwa sudah waktunya musim ulat tiba. Musim yang selalu buat aku pribadi merinding, pasalnya selain membuat gatal tubuh saat terkena bulunya, entah kenapa jika melihat ulat, bulu kudukku selalu langsung berdiri.
Lapor Hansip
03-03-2021 07:25

Mengenal 'Baron Caterpillar', Ulat Yang Jago Menyamar Dan Cara Mengobati Gigitannya!

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Mengenal 'Baron Caterpillar', Ulat Yang Jago Menyamar Dan Cara Mengobati Gigitannya!
sumber gambar: ulat Baron

Kala curah hujan sudah tak lagi tinggi, maka itu tanda bahwa sudah waktunya musim ulat tiba. Musim yang selalu buat aku pribadi merinding, pasalnya selain membuat gatal tubuh saat terkena bulunya, entah kenapa jika melihat ulat, bulu kudukku selalu langsung berdiri.

Dulu, Mbakku yang nomor dua adalah orang yang suka mengoleksi ulat pada saat musim ulat tiba, padahal saat ditanya jenis atau namanya dia tidak tahu. Dia hanya suka dengan warna-warna ulat tersebut yang katanya lucu.

Jadi, kalau sudah musim ulat, dia itu berburu ulat di kebun, pepohonan atau tempat-tempat yang rimbun. Berbagai jenis ulat dengan beraneka ragam warna serta bentuk dia koleksi dan dia simpan dalam toples kaca yang sebelumnya sudah dia berikan lumut dan dedaunan. Entah apa yang menarik dari ulat-ulat itu, sampai setelah dia menikah dan pindah ke kota baru dia berhenti mengoleksinya.

Dari berbagai koleksi ulat yang pernah dia simpan itu, ada satu ulat yang menurutku aneh, tapi juga menarik. Ulat itu berwarna hijau dengan banyak kaki, tapi kakinya itu beda dari kaki ulat pada umumnya. Kaki-kakinya itu berbulu banyak dan sangat menempel di daun yang menjadi rumahnya. Kalau tidak dilihat dengan teliti maka ulat itu tidak akan terlihat atau samar dengan daun yang ditempelinya.


Entah kapan tepatnya, tapi mungkin para kaskuser di sini pernah membaca atau menemukan kabar yang disebar di sosial media tentang ulat ini. Kabar itu mengatakan bahwa ulat ini adalah ulat yang langka dan gigitannya (bulunya) dapat mematikan korban dalam waktu 4 jam. Dan ternyata kabar itu hoax belaka.

Setelah kabar itu tersebar barulah aku tahu bahwa nama ulat itu adalah ulat Baron atau Baron Caterpillar dalam bahasa Inggrisnya.

Katanya ulat ini adalah spesies dari kupu-kupu Euthalia aconthea yang berasal dari famili Nymphalidae dan banyak ditemukan di India dan Asia Tenggara.

Namanya berbeda jauh dengan orang-orang desaku yang menyebutnya 'Olak Manggul' (Olak =ulat).

Menurut artikel yang aku baca, ulat ini sering ditemukan di daun mangga atau mete.

Berbeda dengan pengalamanku, ulat Baron ini sering aku temukan di sela-sela daun nyiur/kelapa, kadang sendiri, tapi kadang juga berkelompok (kalau yang kecil-kecil) dan hanya beberapa kali aku temukan di daun mangga.

Saat kecil dulu, aku paling suka membuat sapu lidi dari daun pohon nyiur, jadi tanpa sengaja sering menemukan ulat Baron ini. Apalagi ulat Baron ini termasuk ulat yang paling pintar berkamuflase, paling pintar menyamarkan diri dengan warna daun yang ditempati.

Nenekku bilang saat terkena bulu dari ulat tersebut, bukan hanya gatal saja yang akan dirasakan, tapi juga rasa panas dan pedih.

Aku sering terkena bulu ulat Baron ini dan benar saat kulit terkena bulu dari ulat Baron ini bukan gatal yang mendominasi, tapi rasa panas dan perih yang lebih mendominasi.

Bagaimana cara mengobati gigitannya?

Menurut yang aku baca di alodokter cara mengobati dan menghilangkan rasa yang diciptakan oleh bulu ulat Baron ini adalah cukup dengan mencuci bagian yang terkena bulu dengan air mengalir, kemudian mengompresnya dengan air dingin. Setelahnya, baru periksa ke dokter umum untuk mendapatkan obat atau salep anti radang.

Akan tetapi dari pengalamanku yang beberapa kali terkena bulu ulat Baron ini, cara mengobatinya cukup mudah.

Jadi, saat sudah terkena bulu ulat Baron ini, jangan panik tapi cepatlah mengolesi bagian yang terkena bulu tersebut dengan minyak goreng. Maka rasa gatal, panas dan pedihnya akan segera hilang.

Mengenal 'Baron Caterpillar', Ulat Yang Jago Menyamar Dan Cara Mengobati Gigitannya!
sumber gambar: ulat Baron

Jika saat menjadi larva (ulat) dan kepompong, hewan ini berwarna hijau cantik, maka berbeda saat setelah menjadi kupu-kupu.

Mengenal 'Baron Caterpillar', Ulat Yang Jago Menyamar Dan Cara Mengobati Gigitannya!
sumber gambar: kupu-kupu Baron

Saat sudah menjadi kupu-kupu, warnanya berubah menjadi cokelat tua dengan beberapa corak sayap berwarna hitam melintang dan titik-titik hitam yang membentuk garis. Tapi saat terkena matahari warna sayapnya berubah keunguan.

Awalnya, aku pikir akan menjadi kupu-kupu yang berwarna hijau juga, tapi siapa yang menyangka kalau warnanya berubah jauh.

Agan dan sista ada yang pernah punya pengalaman sepertiku? Atau ada yang punya cerita berbeda tentang ulat Baron ini, yuk! kita saling sharing di kolom komentar. emoticon-Malu

Oke, kiranya cukup sampai di sini dulu pembahasan tentang ulat yang katanya unik ini. Semoga bermanfaat, selamat pagi dan semangat untuk hidup yang lebih baik.

emoticon-terimakasih


@istijabah
Referensi: di sini, di sini dan pengalaman pribadi.


Diubah oleh istijabah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 39 lainnya memberi reputasi
40
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 5
Mengenal 'Baron Caterpillar', Ulat Yang Jago Menyamar Dan Cara Mengobati Gigitannya!
03-03-2021 12:31
Klw dit4ku namanya: uler srengenge
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
Mengenal 'Baron Caterpillar', Ulat Yang Jago Menyamar Dan Cara Mengobati Gigitannya!
03-03-2021 12:56
Quote:Original Posted By dnaltalf
kalo pake plester komedo bisa gak? sapa tau bulunya kecabut


Belum pernah nyoba, gan. Tapi mending buat nyabut komedo aja, deh 😁

Quote:Original Posted By evywahyuni
Ulat bulu yang bulunya bisa bikin orang gatal-gatal, pakai minyak gorengnya itu minyak goreng kelapa asli atau yang model kemasan, Mbak Is? emoticon-Smilie


Minyak kemasan itu, Mbak. Atau jalantahnya itu juga bisa.

Quote:Original Posted By LovangVantat
Di taroh di kontil enak banget kek nya
emoticon-Traveller


Kontil iku opo?
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1 0
1
Mengenal 'Baron Caterpillar', Ulat Yang Jago Menyamar Dan Cara Mengobati Gigitannya!
03-03-2021 12:59
Quote:Original Posted By piscerian
merinding bulu jaketku kalo liat ulet


Jaketnya berbulu?

Quote:Original Posted By adfaisal
pokemon ulat


Siapa namanya? Apanya Pikachu? 😁

Quote:Original Posted By jlamp
Kalo kita punya tanaman.. apalagi kebun buah pasti benci sama ulat.. kalau lihat kupu kupunya sih cantik tapi ulatnya sangat rakus.

Satu sisi, sudah jarang lihat kupu kupu indah apalagi yang sudah mulai punah.. tapi kalo lihat larvanya makan daun jadi sedih.


Hohohoho
Kemarin adikku emosi liat tanaman apel futsanya dimakan ulat.

Iya, gan aku pikir cuma aku yang jarang melihat kupu-kupu.
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Mengenal 'Baron Caterpillar', Ulat Yang Jago Menyamar Dan Cara Mengobati Gigitannya!
03-03-2021 13:03
Minyak goreng nya ada spesifikasi khusus nya kah? Merk tertentu, yg berapa kali penyaringan...trus minyak goreng nya yg baru, bekas pakai atau yg mendidih sekalian?
Diubah oleh andriyez
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
Mengenal 'Baron Caterpillar', Ulat Yang Jago Menyamar Dan Cara Mengobati Gigitannya!
03-03-2021 13:03
Quote:Original Posted By yeduoka
Wow..serem jg kalo hewan samar2 gitu gan emoticon-Wow ga keliatan kalo nemplok di daun dan ranting emoticon-Matabelo
Untungnya cuma hewan2 kecil yg bisa nyamar2 gitu, coba bayangin kalo harimau, singa, macan bisa gitu jg emoticon-Hammer2 emoticon-Takut


Bayangin aja dah takut

Quote:Original Posted By Ultramen.T
Ulet ini panasnya minta ampun, sudah gitu gatal lagi, warnanya sangat mirip dengan lingkungan sekitar gans, jadi sulit untu dibedakan. Kalau kena ini ya mau gak mau dibedakin, itu ane dulu


Bisa pakai bedak juga, ya, gan?

Quote:Original Posted By apidazenko
Di tempat ane namanya hileud besrat, bulunya itu bikin kulit panas emoticon-Takut


Nsh, iya gan
profile-picture
apidazenko memberi reputasi
1 0
1
Mengenal 'Baron Caterpillar', Ulat Yang Jago Menyamar Dan Cara Mengobati Gigitannya!
03-03-2021 13:05
Quote:Original Posted By a2team
Kapan hari tanaman2 di depan rumah kena ulet bulu ijo ini.
Hiii,,, langsung obat nyamuk semprot beraksi.
Gw paling trauma dg ulet2 beginian.
emoticon-Takut


Gak mati kan tanaman nya, gan?

Quote:Original Posted By calmlet2mg
ulet kegatelan emoticon-Angkat Beer


Ulet kehijauan 😁

Quote:Original Posted By 64m64n9s
sering nemu kayak begitu. kalau gak jeli bisa kena.

emoticon-2 Jempol emoticon-Toast


Betul, gan
0 0
0
Mengenal 'Baron Caterpillar', Ulat Yang Jago Menyamar Dan Cara Mengobati Gigitannya!
03-03-2021 13:06
Quote:Original Posted By istijabah
Belum pernah nyoba, gan. Tapi mending buat nyabut komedo aja, deh 😁

Minyak kemasan itu, Mbak. Atau jalantahnya itu juga bisa.

Kontil iku opo?

Terima kasih infonya, Mbak Iisemoticon-Smilie
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal 'Baron Caterpillar', Ulat Yang Jago Menyamar Dan Cara Mengobati Gigitannya!
03-03-2021 13:07
Quote:Original Posted By sart86
di daerah saya namanya 'uler / ulat senggenit' emoticon-Ngakak


Genit ya ulatnya 😁

Quote:Original Posted By indra.blora
Wogh jago yak


Saudaraan ama ayam jago kali, gan 😁

Quote:Original Posted By terpencil
hileud bajra...emang sih paling ampuh pake minyak jelantah, entah kenapa mungkin penetral racun nya...


Mungkin iya gan
0 0
0
Mengenal 'Baron Caterpillar', Ulat Yang Jago Menyamar Dan Cara Mengobati Gigitannya!
03-03-2021 13:19
uler srengenge
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
Mengenal 'Baron Caterpillar', Ulat Yang Jago Menyamar Dan Cara Mengobati Gigitannya!
03-03-2021 14:18
Bah, mau itu ulet seindah apa kek, ane tetep memilih untuk menjauh, atau terpaksa ''dieksekusi'' di tempat kalo udah merayap deket ane emoticon-Takut
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
Mengenal 'Baron Caterpillar', Ulat Yang Jago Menyamar Dan Cara Mengobati Gigitannya!
03-03-2021 14:24
Ular (bahasa jawa) sama dengan ulat, padahal menyebut ular saja secara umum orang akan merinding. Nah ulat umumnya para perempuan. Ga suka pada saat menjadi ulat namun disukai pada saat menjadi kupu2. Ulat ada manfaatnya sampai jadi kupu2. Kalau tersentuh, mosok salah ulat?

Keren threadnya, Gan.
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
Mengenal 'Baron Caterpillar', Ulat Yang Jago Menyamar Dan Cara Mengobati Gigitannya!
03-03-2021 14:44
Quote:Original Posted By wakgatul
di desaku namanya ulat srengenge ( matahari ), sering kena dulu, klo dicuci malah nyebar klo bulunya pas kena air nembel ditempat lain, caranya dulu cari bulunya yg nempel dulu, dicabut baru di bersihkan pakai air, trus di mut.
ada lagi jenis yang paling nyiksa, biasanya ditempat lembab, suka bersemayam di kulit telur si joni, namanya "tengu" gatelnya na'udubillah, ampun


Iya, ada yang bilang ulat matahari juga.

Nyabut bulunya iyu yang susah 😁

Quote:Original Posted By Harlequinz
wahhh keren ya camonya kualitas superemoticon-Matabelo


Kek apa aja, ada kualitas super nya 😁

Quote:Original Posted By Harlequinz
ane amanin skalian gembok pekwan dr tangan hodeemoticon-Ngakak

GIF



Simpan dah
0 0
0
Mengenal 'Baron Caterpillar', Ulat Yang Jago Menyamar Dan Cara Mengobati Gigitannya!
03-03-2021 14:50
keren ya si baron ini nyamarnya emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
kevinpo12 dan istijabah memberi reputasi
2 0
2
Mengenal 'Baron Caterpillar', Ulat Yang Jago Menyamar Dan Cara Mengobati Gigitannya!
03-03-2021 14:50
Quote:Original Posted By dalledalminto
Klw dit4ku namanya: uler srengenge


Ulat matahari ya, Om?

Quote:Original Posted By andriyez
Minyak goreng nya ada spesifikasi khusus nya kah? Merk tertentu, yg berapa kali penyaringan...trus minyak goreng nya yg baru, bekas pakai atau yg mendidih sekalian?


Merk apa gan
Yang baru bisa, pakai jelantah juga bisa.

Quote:Original Posted By PenguasaRomawi
uler srengenge


Ulat matahari 😁
Diubah oleh istijabah
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengenal 'Baron Caterpillar', Ulat Yang Jago Menyamar Dan Cara Mengobati Gigitannya!
03-03-2021 14:57
Quote:Original Posted By Rogue.EXE
Bah, mau itu ulet seindah apa kek, ane tetep memilih untuk menjauh, atau terpaksa 'dieksekusi' di tempat kalo udah merayap deket ane emoticon-Takut


Hahahaha iya sama, gan
Gatal atau gak tetap bikin merinding.

Quote:Original Posted By Swararuri
Ular (bahasa jawa) sama dengan ulat, padahal menyebut ular saja secara umum orang akan merinding. Nah ulat umumnya para perempuan. Ga suka pada saat menjadi ulat namun disukai pada saat menjadi kupu2. Ulat ada manfaatnya sampai jadi kupu2. Kalau tersentuh, mosok salah ulat?


Keren threadnya, Gan.


Ulo= ular (jawa)
Ulet= ulat (jawa)

Kek gitu yang aku tahu, gan emoticon-Bingung



Quote:Original Posted By deluxe1
keren ya si baron ini nyamarnya emoticon-Jempol


Hahahaha namanya oke, ya
profile-picture
Rogue.EXE memberi reputasi
1 0
1
Mengenal 'Baron Caterpillar', Ulat Yang Jago Menyamar Dan Cara Mengobati Gigitannya!
03-03-2021 15:02
kalo tempat ane namanya ulet sretep... dan ulat kayak gini gak akan bikin gatel kalo kita pegang secara sengaja...

entah sugesti atau apa, itu yang ane alamin heuheu..

jaman ane kecil seneng banget ngusilin kakak kakak ane, pake ulat ini ane bikin kumis di mulut ane hahahaha...
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
Mengenal 'Baron Caterpillar', Ulat Yang Jago Menyamar Dan Cara Mengobati Gigitannya!
03-03-2021 15:11
Hileud Bajra
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
Mengenal 'Baron Caterpillar', Ulat Yang Jago Menyamar Dan Cara Mengobati Gigitannya!
03-03-2021 15:12
Aing pernah kena sengatan duri ulat gak tau jenisnya apa tapi bukan ulat berbulu, pas mau manjat pohon jambu air

Baru juga mau manjat gak sengaja kepegang tuh ulat warnanya sama kayak kulit pohon, lgsg berasa perih banget nyut2an dari tangan sampe ketek berasa kesetrum... emoticon-Ngakak
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
Mengenal 'Baron Caterpillar', Ulat Yang Jago Menyamar Dan Cara Mengobati Gigitannya!
03-03-2021 16:36
Aku takut ulat🙈
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
Mengenal 'Baron Caterpillar', Ulat Yang Jago Menyamar Dan Cara Mengobati Gigitannya!
03-03-2021 19:48
Quote:Original Posted By DarkAstrajingga
kalo tempat ane namanya ulet sretep... dan ulat kayak gini gak akan bikin gatel kalo kita pegang secara sengaja...

entah sugesti atau apa, itu yang ane alamin heuheu..

jaman ane kecil seneng banget ngusilin kakak kakak ane, pake ulat ini ane bikin kumis di mulut ane hahahaha...


Oalah, iya ta ...
Baru tahu aku, gan, tapi tetap takut aku megangnya 😭

Quote:Original Posted By koeyawae
Hileud Bajra


Opo iku? emoticon-Bingung
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia