News
Batal
KATEGORI
link has been copied
50
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603f1eb03c6c451b14151d33/siswa-sma-dijerat-uu-ite-usai-bongkar-kasus-pungli-8-pengacara-tak-terima
Siswa SMA Dijerat UU ITE Usai Bongkar Kasus Pungli, 8 Pengacara Tak Terima Langsung Turun Tangan Terkini.id, Jakarta – Sungguh malang nasib Sebastianus Naitili, ia ditetapkan sebagai tersangka oleh Satreskrim Polres TTU setempat usai membongkar dugaan praktek pungli. Kasus ini menjadi sorotan publik usai diunggah oleh akun gosip @mak_lamis pada Sabtu 27 Februari 2021. Sebastianus Naitili adalah
Lapor Hansip
03-03-2021 12:29

Siswa SMA Dijerat UU ITE Usai Bongkar Kasus Pungli, 8 Pengacara Tak Terima...

Siswa SMA Dijerat UU ITE Usai Bongkar Kasus Pungli, 8 Pengacara Tak Terima Langsung Turun Tangan

 Siswa SMA Dijerat UU ITE Usai Bongkar Kasus Pungli, 8 Pengacara Tak Terima...

Terkini.id, Jakarta – Sungguh malang nasib Sebastianus Naitili, ia ditetapkan sebagai tersangka oleh Satreskrim Polres TTU setempat usai membongkar dugaan praktek pungli.

Kasus ini menjadi sorotan publik usai diunggah oleh akun gosip @mak_lamis pada Sabtu 27 Februari 2021.

Sebastianus Naitili adalah siswa XI SMA Neeri Maubesi, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Diketahui sebelumnya, Ia menduga adanya praktik pungli (pungutan liar) uang beasiswa PIP milik adiknya, Adelberta Naitili sebesar Rp25 ribu.

Pungli ini diduga dilakukan oleh oknum guru berinisial WUN di sekolah adiknya yakni, SD Negeri Bestobe.

Baca Juga: Curhat Soal UU ITE, Nikita Mirzani Mengaku Diperlakukan Tidak Adil

Sebastian membeberkan dugaan pungli ini ke sosial media dengan bertujuan untuk meminta pendapat dari netizen apakah hal tersebut dibenarkan di mata hukum atau tidak.

WUN selaku oknum yang terduga mendengar hal ini tidak terima akan dugaan yang ditunjukkan langsung ke dirinya.

Akhirnya ia melaporkan Sebastian ke polisi hingga berujung penetapan sebagai tersangka.

Sebastian ditetapkan sebagai tersangka dengan tuduhan pencemaran nama baik, sebagaimana diatur dalam UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Tak terima dengan keputusan itu, 8 pengacara turun langsung untuk membela Sebastian.

Kedelapan pengacara ini bermaksud untuk memberikan pendampingan secara hukum kepada Sebastian.

Mereka adalah Robertus Salu, Egiardus Bana, Paulo Chrisanto, Adrianus Magnus Kobesi, Dyonosisus Opat, Nikolaus Uskono, Benyamin Usfinit SH, dan Victor Manbait selaku Direktur

“Kami semua menyatakan siap membela Sebastianus Naitili tanpa dibayar,” kata Paulo Chrisanto SH, dikutip dari Suara.com, Rabu 24 Februari 2021.

Mendengar kasus ini, netizen pun memberikan pendapat melihat bagaimana mirisnya hukum di Indonesia.

Dalam kolom komentar unggahan @mak_lampis dipenuhi dengan komentar tak setuju.

Bahkan ada yang mengomentari untuk menghapus UU ITE seperti akun @muizun_abdillah.

“Hapus saja UU ITE, gak jelas banget hukum tersebut, gak tahu maksudnya apa dan mengarah kemana” tulis akun itu.


link

Sungguh malang nasib Sebastianus Naitili, ia ditetapkan sebagai tersangka oleh Satreskrim Polres TTU setempat usai membongkar dugaan praktek pungli.


Sebastian ditetapkan sebagai tersangka dengan tuduhan pencemaran nama baik, sebagaimana diatur dalam UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Siswa SMA Dijerat UU ITE Usai Bongkar Kasus Pungli, 8 Pengacara Tak Terima...
03-03-2021 12:31
Sebenarnya UU ITE (Indomie Telur Empal) itu gunanya buat apa sih? emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Siswa SMA Dijerat UU ITE Usai Bongkar Kasus Pungli, 8 Pengacara Tak Terima...
03-03-2021 12:32
Tgl kuat2an bukti.. emoticon-Big Grin

Cari saksi sebanyak2nya.. klo nda ya msk penjara ente emoticon-Leh Uga

Sang oknum dijamin sedang konsulidasi juga emoticon-Hammer2
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Siswa SMA Dijerat UU ITE Usai Bongkar Kasus Pungli, 8 Pengacara Tak Terima...
03-03-2021 12:33
UU ITEL cuman pasal kondom bocor..
Diubah oleh supardiasu
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Siswa SMA Dijerat UU ITE Usai Bongkar Kasus Pungli, 8 Pengacara Tak Terima...
03-03-2021 12:37
Di Indon mah.. Semuamya tinggal..

 Siswa SMA Dijerat UU ITE Usai Bongkar Kasus Pungli, 8 Pengacara Tak Terima...
profile-picture
profile-picture
slider88 dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Siswa SMA Dijerat UU ITE Usai Bongkar Kasus Pungli, 8 Pengacara Tak Terima...
03-03-2021 12:41
Kalo identits orang dipampang secara jelas y kena, kalo mau minta pendapat ya minimal pake inisial atau nama samaran kek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ironman.jarvis dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Siswa SMA Dijerat UU ITE Usai Bongkar Kasus Pungli, 8 Pengacara Tak Terima...
03-03-2021 12:41
hmmm...
selama belum terbukti dan hanya dugaan memang bisa kena tuduhan pencemaran nama baik
jika ingin meminta sarah/pendapat trus uplod dimedsos paling benar nama dan tempat pelaku disamarkan.
profile-picture
profile-picture
cocokmology dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Siswa SMA Dijerat UU ITE Usai Bongkar Kasus Pungli, 8 Pengacara Tak Terima...
03-03-2021 12:42
Sungguh malang nasib Sebastianus Naitili, ia ditetapkan sebagai tersangka oleh Satreskrim Polres TTU setempat usai membongkar dugaan praktek pungli.


Ya wajar kena ITE kalo baru dugaan terus main sebar di medsos emoticon-Smilie
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Siswa SMA Dijerat UU ITE Usai Bongkar Kasus Pungli, 8 Pengacara Tak Terima...
03-03-2021 12:46
Tuh orang nyebut nama? Kalau ia. Walau ga ada UU ITE,kena juga pasal 310 pencemaran nama baik.
Tinggal buktiin aja beneran pungli atau nggak.
profile-picture
profile-picture
Skyland999 dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Siswa SMA Dijerat UU ITE Usai Bongkar Kasus Pungli, 8 Pengacara Tak Terima...
03-03-2021 12:49
Harus di lihat postingan dia sih. Kalo di sebut nama langsung ya bisa masuk pencemaran nama baik. Masalahnya kan dugaan itu belum terbukti. Bisa aja salah

Tapi kalo ternyata dugaannya benar ya siap2 tuh oknum di selidiki kasusnya

profile-picture
profile-picture
.Orenji. dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Siswa SMA Dijerat UU ITE Usai Bongkar Kasus Pungli, 8 Pengacara Tak Terima...
03-03-2021 12:53
tinggal di buktikan saja di pengadilan ,
ane malah salut sama anak smu yang sudah berani ,

jarang jarang seperti ini ,
profile-picture
.Orenji. memberi reputasi
1 0
1
Siswa SMA Dijerat UU ITE Usai Bongkar Kasus Pungli, 8 Pengacara Tak Terima...
03-03-2021 12:56
Kalau masih dugaan trus uda di posting dan disebutkan nama tempat dan identitas lainnya dari YBS. Ya siap2 aja masuk tuh barang kalau gk bisa membuktikan.
0 0
0
Siswa SMA Dijerat UU ITE Usai Bongkar Kasus Pungli, 8 Pengacara Tak Terima...
03-03-2021 12:57
Berita ini disponsori oleh


Kedelapan pengacara ini bermaksud untuk memberikan pendampingan secara hukum kepada Sebastian.

Mereka adalah Robertus Salu, Egiardus Bana, Paulo Chrisanto, Adrianus Magnus Kobesi, Dyonosisus Opat, Nikolaus Uskono, Benyamin Usfinit SH, dan Victor Manbait selaku Direktur
0 0
0
Siswa SMA Dijerat UU ITE Usai Bongkar Kasus Pungli, 8 Pengacara Tak Terima...
03-03-2021 13:04
Susah jg sih... serba salah.

Ada korban yg dijerat UU ITE, ada jg korban yg memang korban (misalnya hoax, fitnah, jebakan)

Hukum itu buta. Yg melek yg laporinnya.

Cuma emang belakangan seperti dipakai sembarangan main lapor kiri lapor kanan. Tp kalau ga ada jg bahaya. Semua oknum bisa maen fitnah sembarangan
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Siswa SMA Dijerat UU ITE Usai Bongkar Kasus Pungli, 8 Pengacara Tak Terima...
03-03-2021 13:09
kalo masi dugaan dan ga punya bukti trus nuduh sampe nyebut nama dll di umum... ya termasuk pencemaran nama baik. belum tentu itu guru korupsi... UU ITE masi perlu kalo ga nanti semua ga etika masen asal tuduh aja... sekolah kalo perlu bikin mata pelajaran bagaimana memakai media sosial yg baik.
0 0
0
Siswa SMA Dijerat UU ITE Usai Bongkar Kasus Pungli, 8 Pengacara Tak Terima...
03-03-2021 13:15
bisa boomerang gini yak

padahal tuh uu iteI buat nangkapin kadrun emoticon-Bingung
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Siswa SMA Dijerat UU ITE Usai Bongkar Kasus Pungli, 8 Pengacara Tak Terima...
03-03-2021 13:18
ini media massanya tolol
tersangka dibawah umur di sebut nama lengkap
pelapor malah inisial doang
profile-picture
susutehmanis memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Siswa SMA Dijerat UU ITE Usai Bongkar Kasus Pungli, 8 Pengacara Tak Terima...
03-03-2021 13:21
Kalau ada dugaan pungli dan punya bukti, harusnya laporkan ke satgas pungli atau diadukan ke lembaga di atas yg menaungi.
Kalau lo curhat dimedsos, publish nama orang tanpa bukti kuat, ya tetap kena lah.

Skrg ya tinggal adu kuat bukti dan saksi2 pas persidangan nanti.
0 0
0
Siswa SMA Dijerat UU ITE Usai Bongkar Kasus Pungli, 8 Pengacara Tak Terima...
03-03-2021 13:24
Pelapor faktanya melakukan pungli apa gak? Itu yang terpenting.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Siswa SMA Dijerat UU ITE Usai Bongkar Kasus Pungli, 8 Pengacara Tak Terima...
03-03-2021 13:25
Police era joko emang sering ngawur emoticon-Ngamuk
0 0
0
Siswa SMA Dijerat UU ITE Usai Bongkar Kasus Pungli, 8 Pengacara Tak Terima...
03-03-2021 13:28
Nasib si anus emoticon-Hammer2
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia