• Beranda
  • ...
  • Beauty
  • Percaya Tidak Kalau Perawatan Kulit Di Rumah Bisa Bikin Glowing?

LaditachudaAvatar border
TS
Laditachuda
Percaya Tidak Kalau Perawatan Kulit Di Rumah Bisa Bikin Glowing?
Tips Merawat Kulit Wajah




Quote:


Agan setuju tidak kalau saya katakan masalah kecantikan itu universal? Tentu saja, karena cantik itu hak semua gender dan juga usia. Mulai dari wanita, pria, baik tua maupun muda.

Bahkan anak-anak zaman sekarang ini mulai sensitif masalah kulit wajah dari usia sangat muda. Agan pasti pernah melihat saudara atau adik yang tiba-tiba cemberut ketika dikomentari masalah jerawat di wajahnya.

Hal ini terjadi karena apa? Karena masalah kecantikan memang sensitif bagi semua kalangan usia. Seperti pada diri saya sendiri contohnya. Sewaktu usia puber dan masih duduk di bangku SMP, saya ada masalah dengan jerawat.

Jujur waktu itu masalah percaya diri langsung turun drastis. Soalnya wajah jadi terlihat kusam dan jelek. Padahal jerawatnya juga bukan jerawat yang besar-besar dan merah. Tapi cuma jerawat batu yang tumbuh subur di jidat.

Menyebalkannya, obat jerawat yang dipakai waktu itu tidak ada pengaruhnya. Jerawatnya tetap ada, dan makin membuat kulit kusam. Sampai akhirnya saya kebetulan membaca artikel beautydi sebuah tabloid wanita.

Air Beras

Dalam artikel itu disebutkan tips-tips menghilangkan jerawat secara alami. Sebuah kebetulan yang menyenangkan buat saya. Apalagi bahan alaminya tidak sulit didapatkan. Cukup hanya membasuh wajah dengan air beras.

Tips yang saya dapatkan waktu itu adalah menyaring air hasil cucian atau rendaman beras pada wajah. Karena saya masih kecil dan tidak mau ribet, akhirnya mengambil jalan paling gampang saja.

Setiap mau masak nasi saya mencuci beras beberapa kali. Air cucian beras pertama saya buang, air beras kedua saya tampung dan dimasukkan ke wadah. Kemudian air beras tersebut difermentasi semalaman dalam wadah tertutup.

Keesokan harinya saya pakai air tersebut membasuh wajah. Cara ini ternyata berhasil, jerawat-jerawat di wajah mengering dan hilang. Karena cara ini ampuh, saya akhirnya jadi setiap hari menggunakan air beras yang bersih untuk membasuh wajah.

Berawal dari pengalaman tersebut, saya jadi terbiasa menggunakan air beras untuk merawat kulit wajah sampai sekarang.


sumber dokpri


Tentu saja, cara perawatan ini tergantung dari cocok atau tidaknya kulit wajah Agan. Selain itu, air beras yang digunakan juga harus dipastikan bersih. Berasnya juga harus dipastikan tidak mengandung zat pemutih, dan zat lain yang berbahaya.

Berdasar penelitian, air beras memang banyak mengandung gamma-oryzanol. Zat ini ternyata mampu melindungi kulit wajah dari kerusakan akibat paparan sinar ultra violet.

Cara memperoleh air beras:

Agan bisa melakukan tiga hal berikut ini untuk mendapatkan air beras.

1. Merendam beras. Cuci beras hingga bersih. Rendam 1/2 cangkir beras dalam air selama 30 menit. Air beras tersebut bisa dibasuhkan ke wajah setelah setengah jam direndam.

2. Memasak beras. Masak 1/2 gelas beras yang telah dicuci dengan air 2 kali lipat lebih banyak. Air beras bisa diambil setelah air mendidih dan mulai berwarna putih.

3. Fermentasi beras. Cuci 1/2 gelas beras hingga bersih, kemudian rendam selama 30 menit. Setelah itu masukkan air rendaman dalam wadah tertutup, biarkan semalaman. Saring dahulu air beras fermentasi sebelum dibasuhkan pada wajah.

Manfaat air beras juga sangat banyak untuk kulit wajah, di antaranya adalah :

1. Menghilangkan flek atau noda hitam pada kulit wajah.
2. Mencerahkan dan memutihkan wajah.
3. Mencegah penuaan dini.
4. Menghilangkan jerawat.

Banyak sekali bukan manfaat air beras? Kebetulan cara alami ini sangat cocok untuk saya. Merawat kecantikan wajah ternyata bisa kita lakukan di rumah dengan bahan-bahan yang murah dan mudah didapat.

Jeruk Nipis


sumber dokpri


Cara saya yang lain dalam merawat wajah adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis sangat berguna untuk mencegah penuaan dini dan menyegarkan kulit. Selain itu, salah satu kegunaan jeruk nipis adalah untuk meringkas pori-pori. Hal ini bisa menghindarkan Agan dari jerawat nakal yang akan tumbuh di wajah.

Jeruk nipis mengandung asam sitrat dan dapat mengangkat sel kulit mati. Zat ini berarti membantu juga mencegah kulit menua, mencerahkan kulit, menyegarkan kulit, dan juga mencegah jerawat.

Berikut ini adalah cara yang biasa saya lakukan dengan jeruk nipis untuk perawatan wajah :

1. Pilih jeruk nipis yang masih segar, cuci bersih, lalu potong jadi dua bagian.
2. Bersihkan kulit wajah.
3. Gosokkan bagian dalam jeruk yang berair pada wajah dengan lembut.
4. Biarkan sekitar 15 menit.
5. Basuh wajah menggunakan air hangat hingga bersih.

Agan bisa melakukan cara di atas 1-2 kali dalam seminggu. Karena pemakaian yang berlebihan juga bisa membuat kulit jadi kering.

Air Putih


sumber dokpri


Tahukah Agan kalau air putih bisa membuat kulit wajah kita jadi terlihat cantik? Salah satu kebiasaan saya dari kecil adalah banyak minum air putih. Setiap baru bangun tidur saya pasti minum segelas air putih untuk mengganti cairan yang hilang dari tubuh.

Agan pasti tahu kalau 60 persen tubuh kita terdiri dari air. Apabila kita kekurangan air tubuh bisa dehidrasi. Tubuh yang kekurangan air berdampak pada kulit jadi terlihat kusam dan kuyu. Hal ini terjadi karena sel-sel kulit jadi terganggu fungsi fisiologisnya akibat kekurangan asupan air.

Karena itu, minum 8-12 gelas air dalam sehari harus mulai dibiasakan dari sejak dini. Air memang sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan fungsi-fungsi tubuh kita.

Nah, Agan, satu cara lagi yang biasa saya lakukan untuk merawat kecantikan kulit wajah adalah dengan berolahraga. Olahraga yang dilakukan juga cukup jalan kaki saja. Jalan kaki minimal 20 menit sehari bisa menyegarkan otak dan tubuh kita.

Olahraga yang rutin dilakukan bisa membuat kadar hormon stres pada tubuh kita turun. Stres yang terkontrol ternyata dapat mencegah kulit terlihat kusam. Manajemen stres juga menghindarkan kulit kita dari stres, dan bisa mencegah penuaan dini.

Dengan kata lain, saya mencoba membuat hati dan pikiran tetap bahagia dengan berolahraga. Hati bahagia dan tubuh yang sehat bisa membuat aura kita cerah, dan sekaligus kulit juga jadi cerah.

Cukup mudah bukan cara saya merawat kulit wajah? Merawat kecantikan itu tidak selalu memerlukan treatmentyang mahal. Dari rumah juga Agan bisa melakukan perawatan kulit. Apalagi bahan-bahan yang digunakan juga mudah didapat dan biasanya ada di sekitar kita.




Sumber : here
here
here
enyahernawati
tien212700
betiatina
betiatina dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.1K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beauty
BeautyKASKUS Official
5.3KThread7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.