News
Batal
KATEGORI
link has been copied
317
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603de92e3a47be54b27145eb/kasus-salah-transfer-bca-rp51-juta-jaksa-dihabiskan-terdakwa-2-hari
VIVA – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya I Gede Willy Pramana, proses perkara salah transfer dana Rp51 juta oleh BCA yang membelit terdakwa Ardi Pratama, sudah sesuai dengan Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). Jaksa juga meminta penasihat hukum terdakwa, R Hendrix Kurniawan, fokus pada materi pokok perkara dan sama-sama adu fakta di persidanga
Lapor Hansip
02-03-2021 14:28

Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari

Past Hot Thread
VIVA – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya I Gede Willy Pramana, proses perkara salah transfer dana Rp51 juta oleh BCA yang membelit terdakwa Ardi Pratama, sudah sesuai dengan Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).
Jaksa juga meminta penasihat hukum terdakwa, R Hendrix Kurniawan, fokus pada materi pokok perkara dan sama-sama adu fakta di persidangan.

Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
Willy mengatakan bahwa berkas perkara tersebut dinyatakan P21 alias lengkap oleh Kejaksaan pada 19 Januari 2021. Penyidik Kepolisian kemudian menyerahkan tersangka dan barang bukti (penyerahan tahap dua) keesokan harinya.
Baca juga: Polisi Pastikan Wilayah Freeport Kondusif Usai Baku Tembak dengan KKB
Menurutnya, proses secepat itu tidak dipersoalkan di dalam KUHAP. “Kalau memang penyidik melimpahkan besoknya, itu enggak masalah,” katanya dihubungi VIVA pada Senin, 1 Maret 2021.
Kejaksaan kemudian melimpahkan perkara tersebut ke Pengadilan Negeri Surabaya lima hari kemudian, yakni pada 25 Januari 2021. Willy pun mengakui bahwa pihaknya mengubah pasal di dalam surat dakwaan.
Pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang semula diterapkan penyidik Polrestabes Surabaya diubah dengan Pasal 372 KUHPidana tentang Penggelapan. Dengan demikian, pasal yang didakwakan jaksa kepada terdakwa Ardi ialah Pasal 85 UU No.3 Tahun 2011 Tentang Transfer Dana dan Pasal 327 KUHP tentang Penggelapan.
Willy menegaskan, jaksa memiliki kewenangan untuk mengubah pasal dari yang semula diterapkan oleh penyidik. Artinya, pengubahan pasal tersebut sudah sesuai dengan KUHAP.
“Itu kan kewenangan jaksa, karena jaksa tidak terikat. Kita ini kan pengendali perkara dan penerapan pasal jaksa yang berwenang. Yang mempertanggungjawabkan hasil penyidikan (di persidangan) kan jaksa, bukan polisi,” ungkap Kasubsi Prapenuntutan Kejari Perak itu.
Willy lantas menguraikan alasan menghapus pasal TPPU dan menggantinya dengan Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan di surat dakwaan Ardi.
“Ketika kita bicara TPPU, kita bicara hasil dari tindak pidana, berarti kita berbicara barang yang diperoleh yang berupa bentuk, kemudian harus jelas juga penguasaan barang, dan bertujuan harus jelas. Nah, ini belum ditemukan (di perkara Ardi),” ucapnya.
Adapun terkait kesalahan pihak BCA yang melakukan kesalahan transfer dana, kata Willy jaksa tidak berwenang mengurusi itu. Sebab, itu urusan internal pihak bank.
“Jadi, sebelum menggunakan uang yang masuk ke rekening, seharusnya Ardi dengan itikad baik melakukan pengecekan terhadap yang melakukan transfer, bukan malah langsung dipergunakan untuk kepentingan pribadinya. Perlu diketahui, uang Rp51 juta tersebut habis hanya dalam waktu dua hari sejak Ardi Pratama menerima dana tersebut,” tambahnya.
Keterangan Willy itu sekaligus sebagai bantahan atas tudingan penasihat hukum terdakwa, R Hendrix Kurniawan, yang menilai ada kejanggalan dalam proses hukum terhadap Ardi. Terkait cepatnya proses hukum Ardi di tingkat Kepolisian dan Kejaksaan.
“P21 tanggal 19 Januari, ketetapan jadwal sidang di pengadilan tanggal 23,” ujar Hendrik melalui sambungan telepon genggam kepada VIVA.
Hendrix menduga, proses hukum terhadap kliennya dibuat cepat untuk mengadang upayanya dalam mengajukan permohonan praperadilan atas penetapan tersangka dan penahanan Ardi. Sebab, dalam waktu bersamaan, pihak Ardi mengajukan praperadilan di Pengadilan Negeri Surabaya.
“Tujuannya agar praperadilan klien kami gugur,” ungkapnya.

Sumur



Mau dong dapet salah transfer gini....

klo ane sih abis dalam 2 jam aja. g perlu 2 hari.....

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Diubah oleh antonisalim007
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 28 lainnya memberi reputasi
27
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 8
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 08:10
duit segitu buat beli kendaraan juga gausah 2 hari,, 2 jam jg abis,,, emoticon-Bingung
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 08:16
Kayaknya kasusnya gak sederhana kayak yang diberitakan. Biasanya kalo udah itikad baik, akan ada pertimbangan. Apalagi katanya udah terkumpul 51 juta. Berarti siap melunasi. Itu selesai biasanya. Ini kok malah terus dipenjara. Paati ada sesuatu lagi yang menyebabkan si nasabah dipenjara.
Diubah oleh greengeckoijo1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antonisalim007 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 08:19
Beli apa aja ya dia bisa cepet bgt abisnya
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 08:28
Pihak bank selaku lalai dalam salah transfer apakah mrk menyadari dg cepat adanya kesalahan transfer tsb? Jika mrk sadar dgn cepat sih harusnya segera blokir rek tujuan salah tsb. Shg iti menjadi urusan internal bank nya dgn si nasabah pemilik rek salah transfer

Nah klo lalainya dr pihak bank, dan mrk gak menyadari jg atau lambat menyadari, itu lah disebut kelalaian. Terjadi fraud. Si pemilik rek salah transfer jg hrsnya ya punya itikad baik, hub lihak bank, drmn uang ga jelas tsb berasal.

Dikira hal begini bakalan lewat gitu aja? Beda cerita klo mmg disengaja si pengirim utk pencucian uang.
Diubah oleh terjengkang
profile-picture
profile-picture
antonisalim007 dan ATR42 memberi reputasi
2 0
2
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 08:29
Kalau ane sich jgn diapa-apain uangnya. Tunggu sampai 10 tahun kalau ga ada yg klaim baru dipake hahhahha.
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 08:32
Menurut saya, si penerima "rejeki nomplok" itu uda keterlaluan, harusnya dia mengonfirmasi ke pemilik mobil apakah uang komisinya uda ditransfer atau belum utk mengetahui apakah uang yg masuk hak dia atau bukan.
profile-picture
profile-picture
antonisalim007 dan ATR42 memberi reputasi
2 0
2
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 08:32
Ane juga pernah gini orng salah kirim ke rek ane cuman orangnya lgsng nelpon terus lgsng ane balikin
profile-picture
profile-picture
antonisalim007 dan ambarawan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 08:34
ya gimana ya bingung gua haha
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 08:37
ane dulu sempet iseng cek buku tabungan ada dana masuk lumayan gede dah puluhan juta juga eh habis itu saldo nornal lagi, kagak tahu kenapa sih, tapi dari sini ane sadar mending di tanyakan dulu ya agar tak muncul masalah dikemudian hari 😬
profile-picture
profile-picture
antonisalim007 dan ATR42 memberi reputasi
2 0
2
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 08:39
Di depositoin lah.. bunga nya kita ambil
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 08:40
Kalo ane si ane kuras sampe abis.. simpen aja, jangan di apa2in. Kalo kira2 diperkarain baru balikin.
Kalo nggak yaudah pake buat beli emassssh..emoticon-Big Grin
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 08:40
Kmrn juga ada citibank salah transfer tapi pengadilan tidak mengabulkan permintaan suruh balikin duit nya lagi. Beda mungkin pengadilan disana sama disini. Tapi kalo misalnya ane salah kirim ke org lain, minta balikin duid nya, dia nya gk mau apa ane bisa bawa ini ke pengadllan? Ternyata Memang menguasai yang bukan miliknya melanggar hukum, tapi ini kan ada di rekening dia, yang secara perjanjian pun sah milik dia.

Ini adalah murni kesalahan bank tapi malah bikin susah orang lain.
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 08:41
Hukum yang aneh, disini kelihatan pemerintah takut sama pengusahaan. Bca yang salah transfer. Ibarat kata orang udah salah barang ya udah. Eh malah dituntun.
0 0
0
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 08:41
paling ga suka kalau ada berita yg ditulis...tulang punggung keluarga.msh ada anak balita..itu mah urusan pribadi ga ada hubungannya sm hukum...dasar ini org ga jujur...kl kerja jg mental koruptor.diproses lah dgn selayaknya...sekedar cerita thn 2000an gw pernah nemu atm... msh ada didalam mesin nya...jaman itu kalau mau transaksi lg ga perlu ketik pin lagi....tp gw cabut...gw patahin itu atm krn ga ada org sama sekali disekitar situ....entah gw bego atau terlalu polos..tp gw bbrapa kali gw nemu kyk gitu
Diubah oleh luluvi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 08:44
Jadi NK-nya ke mana? Kok pelapornya ilang kasusnya jalan terus.
Lagian apa urusannya karyawan bca ngelaporin penggelapan atas nama pribadi dalam kapasitas apa? Bukan legal perusahaan yang ngelaporin ? Aneh polisinya bisa proses laporan begini.
Diubah oleh vangoz
profile-picture
ATR42 memberi reputasi
1 0
1
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 08:53
berarti kalo kita beli sesuatu bayarnya transfer, kita tinggal bilang itu salah transfer dan uang itu bakal balik ke kita atau pembelinya bisa kita penjarain klo ga mau balikin.
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 09:03
Ini berita arahnya kesana kemari, yg saya pernah baca beritanya dia pakai habis duit itu buat bayar hutang dan buat kebutuhan.

Netizen mulai deh ya, ahlinya berspekulasi emoticon-Big Grin
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 09:06
Quote:
Rupanya, berdasarkan keterangan tertulis dari pihak BCA, dana sebesar Rp51 juta itu sudah dikembalikan oleh NK yang melakukan kesalahan transfer. Pihak BCA menegaskan bahwa laporan atas Ardi ke polisi pun dilakukan oleh NK, bukan oleh pihak BCA selaku badan hukum.

"Pelaporan dilakukan oleh karyawan BCA yang pada saat melaporkan kasus ini yang bersangkutan sudah purna bakti dan dengan kesadarannya sendiri dan itikad baiknya sudah mengganti dana salah transfer tersebut," kata Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F Haryn.


Jadi bingung ex karayawan nuntut ke si Ardi?
profile-picture
profile-picture
antonisalim007 dan ATR42 memberi reputasi
2 0
2
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 09:11
kurang bro mau sewa angel aja lom dapet itu
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 09:21
dapat duit nyasar...kenapa ga dipakai buat bayar uang masuk sekolah anaknya ? setidaknya itu lebih bermanfaat untuk si anak.
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 4 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia