News
Batal
KATEGORI
link has been copied
317
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603de92e3a47be54b27145eb/kasus-salah-transfer-bca-rp51-juta-jaksa-dihabiskan-terdakwa-2-hari
VIVA – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya I Gede Willy Pramana, proses perkara salah transfer dana Rp51 juta oleh BCA yang membelit terdakwa Ardi Pratama, sudah sesuai dengan Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). Jaksa juga meminta penasihat hukum terdakwa, R Hendrix Kurniawan, fokus pada materi pokok perkara dan sama-sama adu fakta di persidanga
Lapor Hansip
02-03-2021 14:28

Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari

Past Hot Thread
VIVA – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya I Gede Willy Pramana, proses perkara salah transfer dana Rp51 juta oleh BCA yang membelit terdakwa Ardi Pratama, sudah sesuai dengan Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).
Jaksa juga meminta penasihat hukum terdakwa, R Hendrix Kurniawan, fokus pada materi pokok perkara dan sama-sama adu fakta di persidangan.

Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
Willy mengatakan bahwa berkas perkara tersebut dinyatakan P21 alias lengkap oleh Kejaksaan pada 19 Januari 2021. Penyidik Kepolisian kemudian menyerahkan tersangka dan barang bukti (penyerahan tahap dua) keesokan harinya.
Baca juga: Polisi Pastikan Wilayah Freeport Kondusif Usai Baku Tembak dengan KKB
Menurutnya, proses secepat itu tidak dipersoalkan di dalam KUHAP. “Kalau memang penyidik melimpahkan besoknya, itu enggak masalah,” katanya dihubungi VIVA pada Senin, 1 Maret 2021.
Kejaksaan kemudian melimpahkan perkara tersebut ke Pengadilan Negeri Surabaya lima hari kemudian, yakni pada 25 Januari 2021. Willy pun mengakui bahwa pihaknya mengubah pasal di dalam surat dakwaan.
Pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang semula diterapkan penyidik Polrestabes Surabaya diubah dengan Pasal 372 KUHPidana tentang Penggelapan. Dengan demikian, pasal yang didakwakan jaksa kepada terdakwa Ardi ialah Pasal 85 UU No.3 Tahun 2011 Tentang Transfer Dana dan Pasal 327 KUHP tentang Penggelapan.
Willy menegaskan, jaksa memiliki kewenangan untuk mengubah pasal dari yang semula diterapkan oleh penyidik. Artinya, pengubahan pasal tersebut sudah sesuai dengan KUHAP.
“Itu kan kewenangan jaksa, karena jaksa tidak terikat. Kita ini kan pengendali perkara dan penerapan pasal jaksa yang berwenang. Yang mempertanggungjawabkan hasil penyidikan (di persidangan) kan jaksa, bukan polisi,” ungkap Kasubsi Prapenuntutan Kejari Perak itu.
Willy lantas menguraikan alasan menghapus pasal TPPU dan menggantinya dengan Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan di surat dakwaan Ardi.
“Ketika kita bicara TPPU, kita bicara hasil dari tindak pidana, berarti kita berbicara barang yang diperoleh yang berupa bentuk, kemudian harus jelas juga penguasaan barang, dan bertujuan harus jelas. Nah, ini belum ditemukan (di perkara Ardi),” ucapnya.
Adapun terkait kesalahan pihak BCA yang melakukan kesalahan transfer dana, kata Willy jaksa tidak berwenang mengurusi itu. Sebab, itu urusan internal pihak bank.
“Jadi, sebelum menggunakan uang yang masuk ke rekening, seharusnya Ardi dengan itikad baik melakukan pengecekan terhadap yang melakukan transfer, bukan malah langsung dipergunakan untuk kepentingan pribadinya. Perlu diketahui, uang Rp51 juta tersebut habis hanya dalam waktu dua hari sejak Ardi Pratama menerima dana tersebut,” tambahnya.
Keterangan Willy itu sekaligus sebagai bantahan atas tudingan penasihat hukum terdakwa, R Hendrix Kurniawan, yang menilai ada kejanggalan dalam proses hukum terhadap Ardi. Terkait cepatnya proses hukum Ardi di tingkat Kepolisian dan Kejaksaan.
“P21 tanggal 19 Januari, ketetapan jadwal sidang di pengadilan tanggal 23,” ujar Hendrik melalui sambungan telepon genggam kepada VIVA.
Hendrix menduga, proses hukum terhadap kliennya dibuat cepat untuk mengadang upayanya dalam mengajukan permohonan praperadilan atas penetapan tersangka dan penahanan Ardi. Sebab, dalam waktu bersamaan, pihak Ardi mengajukan praperadilan di Pengadilan Negeri Surabaya.
“Tujuannya agar praperadilan klien kami gugur,” ungkapnya.

Sumur



Mau dong dapet salah transfer gini....

klo ane sih abis dalam 2 jam aja. g perlu 2 hari.....

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Diubah oleh antonisalim007
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 28 lainnya memberi reputasi
27
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 8
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 06:48
Kacau juga neh org. Mana anak nya banyak juga lgi. Maen sikat aj duit. Emg klo ud nama nya duit, mayoritas org pasti gelap mata deh apalg klo ada utang banyak, tanggungan banyak. Tapi scr hukum tetap salah neh org. Doyan nganu doyan makan duit org jg. Padahal kan bisa cek mutasi di hp. Atau klo dia blg hasil komisi kan hrs nya dia tau hrsnya brp komisi nya. Ada catatan nya klo dia pinter mah. Bener kt suhu di atas. Playing victim ne mah. Pake bawa2 anak sgala. Paling benci ane klo org ud jahat trus bawa2 anak. Kayak maling mau di gebukin minta ampun blg ud ada istri anak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 06:52
ini pasti tipe org yg nemu dompte dijalan lgs diambil isinya dan bilang rejeki anak sholehemoticon-Ngakak

ini perkara antara nasabah vs karyawan bank...
banknya kan uda trima beres dr gaji pensiunnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 06:52
Makannya buat pelajaran aja ini ksus klo kita tiba2 dpt trasferan uang bgitu bnyak jgn asal di pke dlu lbh baik lpor ke bank dlu dri mana asal usul itu uang...
profile-picture
profile-picture
antonisalim007 dan ATR42 memberi reputasi
2 0
2
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 06:55
berarti ini masalah nya udah jadi pribadi ke pribadi kan ya, bukan terkait ke sebuah institusi kan ya emoticon-Thinking
profile-picture
profile-picture
antonisalim007 dan ATR42 memberi reputasi
2 0
2
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 06:56
ni salah satu cara jebak orang bs juga tu. pura pura salah transfer selang bbrp hari di laporkan ke polis
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 06:57
make duit orang emang enak, kyk fractional reserve system.
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan antonisalim007 memberi reputasi
2 0
2
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 07:05
udah baca juga sih beritanya,..
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 07:09
mau nanya nih..
klw nasabah salah transfer bisa melaporkan ke pihak berwajib g yah?
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 07:12
pantes aja buat bayar utang
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 07:14
Kalau urusan sama duit
Anggep aja 1 kaki kalian udah di dalem sel
Sisa kaki 1 lagi di pake melangkah

Make duit boleh kalau ketauan wajib ganti
Gamau ganti bui
profile-picture
profile-picture
antonisalim007 dan ATR42 memberi reputasi
2 0
2
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 07:15
Kalo ane yang dapet salah transferan, ane tarik tuh duit trus kabur dah ke luar pulau. 10 jt hidup santuy 3 bulan cukup, sisanya pake dah buat modal usaha. Potensi sukses lebih menanti ketimbang bingung. emoticon-Wow
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 07:21
ikut sedih nubi
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh KS06
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 07:39
Mungkin dia pikir rezeki nomplok 😁
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 07:40
kenapa kok ga lebih hati hati ya? dengan nominal sebesar itu pasti kan seharusnya bertanya tanya dulu, darimana dapet uangnya, ini uangnya aman apa enggak kalo dipake
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 07:42
Terus yg salah transfer di priksa jg ga ?
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 07:47
Eh buset dah pelakunya minta praperadilan. Merasa ga bersalah padahal ngabisin 51 juta yang bukan punya dia. Maling emang ga akan ngaku.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 07:49
51 juta gue abis dalam 5 menit karna gue bakalan transfer balik ke mall atau ruko yg mau gue dp emoticon-Ngakak
gue ga bisa salahin orang itu juga sih karna dia menganggap dapat rejeki nomplok ya dihabiskan yg bego tetap orang bcak lah bisa salah transfer makanya kalo transfer cek ricek ulang sampe 3 kali dan konsentransi kalo berurusan sama uang q
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 07:59
Iya butuh duit tp g gitu jg bambang....
Gw jg sering kok tetiba nominal saldo bertambah trus besok2 normal lg....
Saldo nyasar terbesar???
100jt....
Gw g mau pake kenapa? G sebanding resikonya....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antonisalim007 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
03-03-2021 08:02
andai saja di awal klarifikasi terlebih dahulu dengan pihak Bank mungkin masalah nya gak jadi serumit ini, hiks
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 3 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia