gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
Pemkab Sikka Tes Antigen 109 Warga di Kerumunan Jokowi, Semuanya Negatif
Jakarta - Satgas COVID-19 Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), telah melakukan swab test antigen terhadap kerumunan saat kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pekan kemarin. Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretaris Daerah Kabupaten Sikka, Edmon Bura, mengungkapkan semua hasil tes negatif swab antigen.
Edmon mengatakan tim tracing Satgas COVID-19 Kabupaten Sikka telah melakukan pemeriksaan rapid test antigen kepada 109 warga di lima titik kerumunan Jokowi akhir pekan lalu. Semua hasil tes menunjukkan negatif.

"Untuk hasilnya semua negatif, dan tadi pagi sesuai arahan Pak Bupati untuk lima hari berikut itu dilakukan lagi tesnya. Untuk orang yang sama atau orang yang berbeda itu nanti kami koordinasikan dulu dengan tim tracing," kata Edmon dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (2/3/2021).

Edmon mengatakan ada lima tim yang dikerahkan di titik terjadi kerumunan. Titik pertama dimulai dari depan gapura bandara sekitar Hotel Permata Sari sampai SPBU Waioti dengan 18 warga.

Titik kedua adalah dari SPBU Waioti sampai Terminal Lokaria sebanyak 24 warga. Ketiga, wilayah Terminal Lokaria sampai dengan Pasar Geliting sebanyak 22 warga.

Titik keempat adalah di Pasar Geliting hingga Waigete-Nangahale sebanyak 22 warga. Terakhir di pertigaan Nangahale hingga Bendungan Napun Gete sebanyak 23 warga.

Edmon mengatakan tim melakukan wawancara kepada warga. Kemudian warga bersedia untuk diambil sampel swab antigen.

"Kami interview warga yang di situ, dari spot yang ada, ada beberapa pertanyaan kalau detailnya Satgas ya yang tahu. Kemudian warga ditanya kesediaan diambil sampelnya," ujarnya.

Selain melakukan tracing, Edmon mengatakan Satgas COVID-19 juga mengimbau warga yang berada di kerumunan untuk mendatangi puskesmas terdekat. Satgas meminta warga melakukan rapid test antigen yang diberikan secara gratis.

"Tracing tetap dilakukan di puskesmas masing-masing. Nanti ada tambahan pertanyaan, apakah ikut berkerumun atau tidak saat kunjungan presiden," katanya.

Sebelumnya, dalam video yang beredar, sejumlah warga tampak berkerumun mendekat ke arah mobil Presiden Jokowi. Mereka tampak ingin mengabadikan kedatangan Jokowi di NTT. Dari atas mobil, Jokowi juga sempat menyapa warga dengan melambaikan tangan. Jokowi juga terlihat mengingatkan warga untuk menggunakan masker. Selain itu, Jokowi membagikan suvenir kepada warga yang berkerumun.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, membenarkan bahwa peristiwa itu terjadi di Maumere pada Selasa (23/2). Bey menjelaskan, masyarakat saat itu sudah menunggu rombongan Presiden Jokowi di pinggir jalan.

"Benar, itu video di Maumere. Setibanya di Maumere, Presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Bendungan Napun Gete. Saat dalam perjalanan, masyarakat sudah menunggu rangkaian di pinggir jalan, saat rangkaian melambat masyarakat maju ke tengah jalan sehingga membuat iring-iringan berhenti," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin kepada wartawan, Selasa (23/2).

https://news.detik.com/berita/d-5478...anya-negatif/2

Allhamdullilah...sehat selalu saudara2 sebangsa yg ada di sana.

Lain kali kalo pak JKW datang tetap patuhi protokol kesehatan koronak.

emoticon-Recommended Seller
37sanchi
muhamad.hanif.2
jokopengkor
jokopengkor dan 2 lainnya memberi reputasi
1
876
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.