ribkarewang
TS
ribkarewang 
Tidak Suka Ikan? Rugi!


Hai GanSis, apa kabar ... kali ane mau pamer masakan serba ikan. Sebagai Ibu rumah tangga yang baik dan suka menolong juga menabung, ane harus bisa masak. Apalagi kalau suami sama anak kurang suka jajan.



Kebetulan ane orang yang jauh dari pantai, tau makanan laut ya sesekali, paling mentok ya ikan tawar, daging ayam atau sapi. Tapii ... berhubung suami ane orang pantai yang kegemarannya makan lauk yang berasal dari laut, mau tidak mau ane harus menyukai semua menu berbau laut.



Dulu ane kalau bersihkan ikan takut-taku, bahkan sering luka, kalau sekarang lumayanlah bisa bersih. Menu ikan sendiri selain goreng menggoreng biasanya kami bikin kuah, ada kuah bening yang cukup pakai bawang merah dan putih, serei, jahe daun salam. Atau kuah kuning, tinggal tambah kunyit dan kemangi.



Sejak menikah pun ane mulai tahu macam-macam jenis ikan. Dari kakap merah atau putih, ekor kuning, cakalang, mubara, lema, bawal, samandar. Dan beberapa ikan yang kami tahu pakai bahasa Papua tanpa tahu Indonesianya.

Selain ikan tentu ada yang lain seperti cumi, udang bahkan gurita, sayang ane lupa simpan fotonya. Ada ikan pari, hiu kecil, bahkan kerang dengan segala macam model. Kami menyebutnya Bia, nanti lain waktu baru kita bahas macam-macam Bia ini.



Untuk jenis ikan di Papua harga tergantung cuaca, kalau sedang angin bisa jadi mahal, 1 ekor besar bisa mencapai 100 ribu. Tapi kalau cuaca normal 100rb bisa dapat 3 ekor. Kalau di Biak biasanya beli per ember. Apalagi beli dari nelayan yang baru sandar biasanya lebih murah lagi.



Di Papua sini ada ikan yang biasa dijadikan oleh-oleh, namanya ikan asar. Ikan cakalang atau ekor kuning yang sudah mengalapi proses pengasapan, kalau di Jawa biasa disebut mangut ya.
Bisa bertahan 2 hari di suhu ruang, 5 hari simpan lemari pendingin.



Cumi-cumi biasanya ada yang besar-besar seperti yang sering kita lihat di mukbang, tapi yang kecil pun banyak. Sama halnya karaka, udang, semua komplit. Kalau sedang kumpul keluarga paling enak bakar-bakar ikan, atau cumi dan udang. Kami kalau bakar ikan pun bumbunya simpel hanya siram jeruk dan garam karena ikan masih segar jadi manis.



Nah kalau sayuran pelengkapnya, kami biasa pakai tumis kangkung bunga pepaya. Itu sayuran paling legend untuk semua jenis lauk.

Oke deh GanSis sekian dulu cuap-cuap ane tentang ikan. Semoga bisa menginspirasi AganSista untuk memasak ikan atau lebih menyukai ikan.

Foto : Dokumen pribadi
Sumber : Opini pribadi
gembelngehetien212700betiatina
betiatina dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.3K
27
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread11.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.