News
Batal
KATEGORI
link has been copied
126
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603c1b5c73c97819fa6b8965/ulama-nu-minta-masyarakat-tak-ribut-perpres-miras-ada-penerimaan-negara
"Masyarakat tidak perlu menanggapi secara berlebihan tentang kebijakan ini, tinggal mengupayakan bagaimana dalam penerapannya kebijakan ini bisa berjalan tepat sasaran, terlebih hasil dari investasi ini menambah pemasukan bagi negara," jelas kiai lulusan Al Azhar Mesir yang akrab disapa Gus Ubaid ini, Minggu (28/2).
Lapor Hansip
01-03-2021 05:38

Ulama NU Minta Masyarakat Tak Ribut Perpres Miras: Ada Penerimaan Negara

Past Hot Thread
Quote:
Perpres soal perizinan investasi minuman keras alias Miras di 4 provinsi menuai pro kontra. Ada masyarakat yang menentang, ada juga sebagian yang mendukung.

Misalnya tokoh NU KH Cholil Nafis, pengasuh Ponpes Cendekia Amanah, dan juga pimpinan MUI. Cholil Nafis tegas menyebut haram.

Tapi ada juga salah satu suara yang memberi dukungan yakni Pengasuh Pondok Pesantren Kaliwining Jember yang juga Wakil Ketua PP LAZIS NU, Gus Ubaidillah Amin Moch.

"Masyarakat tidak perlu menanggapi secara berlebihan tentang kebijakan ini, tinggal mengupayakan bagaimana dalam penerapannya kebijakan ini bisa berjalan tepat sasaran, terlebih hasil dari investasi ini menambah pemasukan bagi negara," jelas kiai lulusan Al Azhar Mesir yang akrab disapa Gus Ubaid ini, Minggu (28/2).

Gus Ubaid memberi penjelasan, kata dia, kebijakan seperti ini jauh hari sudah pernah disuarakan oleh Mufti Mesir sekaligus Guru Besar Al-Azhar, Syekh Ali Jum’ah yang pernah memfatwakan bolehnya menjual miras bagi orang muslim di kawasan barat atau di negara-negara yang melegalkan miras, bahkan di restoran-restoran tertentu selama tidak menjualnya pada orang muslim.

Ulama NU Minta Masyarakat Tak Ribut Perpres Miras: Ada Penerimaan Negara

Gus Ubaid juga mengutip fatwa Syekh Ali, berikut kutipan fatwa tersebut:

Dr. Ali Jum’ah, mufti Negara mesir terdahulu pernah memfatwakan bahwa boleh bagi orang muslim untuk menjual dan memindah (ekspor-impor) khamar di negara barat dan negara yang memperbolehkan khamar. Dan boleh pula menawarkan khamar dan makanan minuman sejenisnya yang haram bagi orang muslim di restoran orang muslim tapi dengan syarat tidak menawarkan dan menjualnya pada orang muslim.

"Mufti Republik Mesir ini mengisyaratkan bahwa boleh bagi seorang muslim untuk menjual khamar pada non muslim dalam mazhabnya Imam Abu Hanifah pada kondisi-kondisi tertentu," terang dia.

Gus Ubaid juga menyampaikan, banyak masyarakat yang termakan berita ini tanpa memperhatikan secara utuh bahwa pembukaan izin usaha miras ini hanya berlaku di kawasan wisata yang mayoritas penduduknya berstatus non-muslim, yakni di provinsi Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara dan Papua.

"Sehingga peraturan ini tidak berlaku bagi kawasan provinsi lain yang mayoritas penduduknya menganut Agama Islam," tutur dia.

Gus Ubaid menjelaskan, dalam menyikapi persoalan ini ada dua poin yang mesti dilakukan oleh pemerintah. Pertama, Pemerintah harus menjelaskan secara gamblang kepada rakyat tentang detail perpres ini agar tidak menimbulkan kesalahpahaman masyarakat yang justru akan mengurangi nilai kepercayaan masyarakat pada pemerintah.

Kedua, dalam penerapan perpres ini, pemerintah harus melakukan pemantauan secara serius agar dalam pelaksanaannya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti produksi miras melebar ke wilayah selain empat provinsi di atas yang akan mengakibatkan rusaknya tatanan sosial serta kearifan lokal masyarakat setempat, terlebih pada kawasan yang terkenal religius.

"Dengan memperhatikan dan melaksanakan secara serius kedua poin di atas maka akan tercipta komunikasi yang baik antara pemerintah dan rakyat," tutur dia.


INDONESIA DARURAT MEMBACA,APALAGI DARI GOLONGAN KADRUN.


emoticon-Sorry

Sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
13
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Ulama NU Minta Masyarakat Tak Ribut Perpres Miras: Ada Penerimaan Negara
01-03-2021 05:43
Lah ente pada ribut miras miras...

Noh ada yg punya saham miras ente pada pura pura ga lihat...

Aman damai sentosa...

emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Ulama NU Minta Masyarakat Tak Ribut Perpres Miras: Ada Penerimaan Negara
01-03-2021 05:50
Sebenarnya ada peraturan kayak gini bisa mengatur peredaran barang miras yang notabene kebanyakan ilegal jadinya biar pemerintah bisa mantau barang tersebut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ulama NU Minta Masyarakat Tak Ribut Perpres Miras: Ada Penerimaan Negara
01-03-2021 05:53
Nunggu wapres tercintah kita memberikan statement saja.
profile-picture
ikkeh2kimochi memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Ulama NU Minta Masyarakat Tak Ribut Perpres Miras: Ada Penerimaan Negara
01-03-2021 06:29
Yakin pada gak baca pasalnya
profile-picture
profile-picture
secer dan ikkeh2kimochi memberi reputasi
1 1
0
Ulama NU Minta Masyarakat Tak Ribut Perpres Miras: Ada Penerimaan Negara
01-03-2021 06:51
Sebelum ada Perpres juga sudah banyak yang jual miras, kenapa baru ribut sekarang?
Lagipula lebih bagus kalau sekarang sudah ada regulasinya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ulama NU Minta Masyarakat Tak Ribut Perpres Miras: Ada Penerimaan Negara
01-03-2021 06:51
Yg ribut biasanya cuma baca judulnya aja
profile-picture
ikkeh2kimochi memberi reputasi
1 0
1
Ulama NU Minta Masyarakat Tak Ribut Perpres Miras: Ada Penerimaan Negara
01-03-2021 07:02
UAE aja ada pabrik bir & wiski emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Ulama NU Minta Masyarakat Tak Ribut Perpres Miras: Ada Penerimaan Negara
01-03-2021 07:04
Dulu pas jaman nya bang ali sadikin jakarta jg katanya malah bebas jualan miras
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ulama NU Minta Masyarakat Tak Ribut Perpres Miras: Ada Penerimaan Negara
01-03-2021 07:09
Tuh 4 provinsi yg dikasih ijin kayanya terkenal miras tradisionalnya emoticon-Traveller

Atau krn disana mayoritas non muslim?
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan ikkeh2kimochi memberi reputasi
2 0
2
Ulama NU Minta Masyarakat Tak Ribut Perpres Miras: Ada Penerimaan Negara
01-03-2021 07:17
Sekalian dah, tempat judi, biar ada penyaluran.
profile-picture
ikkeh2kimochi memberi reputasi
1 0
1
Ulama NU Minta Masyarakat Tak Ribut Perpres Miras: Ada Penerimaan Negara
01-03-2021 07:21
Yang enak itu jual oplosan, miras palsu non cukai....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ulama NU Minta Masyarakat Tak Ribut Perpres Miras: Ada Penerimaan Negara
01-03-2021 07:37
Selain melegalkan miras, yang tentunya dengan berbagai aturan, biar ada pengendalian, tentunya akan memberikan manfaat ekonomi yang cukup bagus.

Ke depannya, pemerintah juga perlu memikirkan hal serupa untuk narkoba, melegalkan narkoba, tentu jauh akan memberikan keuntungan ekonomi yang lebih bagus lagi, tentunya dengan berbagai aturan untuk pengendalian yang dapat diandalkan. Karena sekarang pun peredaran narkoba, biar sudah ditngani polisi, tetep menjadi tak terkendali, tak jarang ada isu, pengendalian peredaran narkoba dari balik jeruji.

Artinya, pelarangan narkoba ini, tidak efektif sama sekali.

Perlu dipikirkan kedepannya, melegalkan narkoba, agar ada pengendalian, dan pemerintah bisa dapat pemasukan dari narkoba, sama dengan pemerintah dapat pemasukan dari miras.

Sudah ada beberapa negara yang melegalkan narkoba, seperti Mexico, bahkan pemerintahnya ikut bisnis narkoba.

Jangan seperti AS, negara goblok, ke narkoba aja takut, kalah dari Mexiko.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 3 lainnya memberi reputasi
2 2
0
Lihat 32 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 32 balasan
Ulama NU Minta Masyarakat Tak Ribut Perpres Miras: Ada Penerimaan Negara
01-03-2021 07:38
Kontrol dan pengawasan ketat...
Yg ribut2..coba ajak diskusi, maklum mereka lapar....
Kembangin pariwisata supaya menarik wisman jd jelas targetnya...
Seharusnya sih gampang, karena ini daerah mayoritas Kristen...
Harusnya dibangun komunitas2..muda disana untuk membangun pariwisata supaya lebih menarik..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ulama NU Minta Masyarakat Tak Ribut Perpres Miras: Ada Penerimaan Negara
01-03-2021 07:43
Kenapa harus pake dalil, mazhab dan ayat untuk menyakinkan masyarakat ?

Lama lama agama cuma jadi stempel doang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Ulama NU Minta Masyarakat Tak Ribut Perpres Miras: Ada Penerimaan Negara
01-03-2021 08:05
Quote:Original Posted By prosbol

kondom juga dilarang dalam islam,
tapi negara ada pabrik kondom

Masa’ sih?, elu nggak lagi halu coli kan?

Quote:Original Posted By prosbol

apalagi riba yg dosanya seperti berzinah dgn ibu kandung sendiri,
umat islam jelas2 masih suka menikmati riba secara lahap emoticon-Big Grin

Nyimpen uang di bank, kok dianggap riba?

Elu mau, MUI keluarin fatwa, nyimpan uang di bank konvesional adalah riba?
Bisa dirush itu bank konvensional, bengek bengek elu ntar, kalo MUI keluarin fatwa begitu.

Quote:Original Posted By prosbol

tapi selalu sok suci bicara haramnya miras atau babi

Elu juga sok suci, ngelarang peredaran narkoba.

Quote:Original Posted By prosbol

kalau mau hidup perfeksionis seperti jaman nabi, satu2nya cara, ya mati doang emoticon-Ngakak
walaupun tiap hari bangga bicara surga dan berharap kiamat cepat datang emoticon-Ngakak (S)
tapi umat islam takut mati

Logika elu, kenapa jadi dongok buta tulul begitu.

Kalo elu anggap perfeksionisnya dengan cara mati, Islam itu nggak akan ada sampe sekarang. Tapi fakta sejarahnya, Islam berkembang dan meluas sampai berabad abad, bahkan memiliki masa golden age berabad abad.

Surga itu, imbalan, reward, bagi meeka yang berbuat kebaikan, bisa sebagai motivasi, agar manusia terdorong melakukan kebaikan.

Begitu pula dengan kiamat. Dan kiamat itu pasti akan terjadi, hanya orang tolol bin dungu yang tak percaya kiamat. Kiamat itu seperti mati, karena elu juga suatu saat akan mati.

Orang yang takut mati itu, adalah orang tolol, masih rendah pemahaman tentang hidup. Mati adalah sebuah keharusan alamiah. Tidak ada yang tidak mati. Tapi tidak berarti mencari mati.

Jadi harus elu bedain, antara takut mati, versus tidak mencari mati.

Quote:Original Posted By prosbol

apa yg umat islam katakan, harapkan dan lakukan, semuanya saling bertolak belakang,
memang agama munafik standard ganda emoticon-Betty (S)

Tolak belakang dari mananya?
Yang bertolak belakang itu, isi otak elu. Elu memahami islam itu secara strawman fallacy. Cacat logika, cacat nalar, cacat otak dan cacat jiwa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ikkeh2kimochi dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ulama NU Minta Masyarakat Tak Ribut Perpres Miras: Ada Penerimaan Negara
01-03-2021 08:06
Noh di cafe, bar atau kelab malam, ada sedia miras. Koq ga pada protes
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan ikkeh2kimochi memberi reputasi
2 0
2
Ulama NU Minta Masyarakat Tak Ribut Perpres Miras: Ada Penerimaan Negara
01-03-2021 08:11
profile-picture
ikkeh2kimochi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Ulama NU Minta Masyarakat Tak Ribut Perpres Miras: Ada Penerimaan Negara
01-03-2021 08:15
Yg kacau di indonesia yaitu regulasi, aturan hukum dan penegakannya
profile-picture
ikkeh2kimochi memberi reputasi
1 0
1
Ulama NU Minta Masyarakat Tak Ribut Perpres Miras: Ada Penerimaan Negara
01-03-2021 08:15
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Yang jelas dividen dari bir anker itu lumayan juga
jadi sebetulnya gak perlu ribut-ribut lah

siapa tau kita bisa membuat minuman yang terkenal cem bourbon
kalo bisa kan lumayan cuannya

emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh widya poetra
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Berita dan Politik
lia-eden-meninggal-dunia
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia